Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arif Hidayat

3 Cara Lolos Psikotes Kerja yang Harus Diperhatikan

Info Terkini | Friday, 30 Sep 2022, 08:10 WIB

Hampir semua perusahaan yang membuka lowongan kerja, menyelenggarakan psikotes kerja kepada calon karyawannya. Psikotes kerja dilakukan oleh perusahaan perekrut untuk mengetahui kemampuan berpikir, karakter, dan kepribadian calon pelamar kerja. Psikotes biasanya merupakan tahap kedua setelah seleksi awal atau administrasi berkas pelamar.

Setelah dinyatakan lolos seleksi awal, pelamar akan menjalani psikotes kerja. Baru kemudian setelah dinyatakan lolos psikotes, pelamar akan melakukan interview yang terbagi menjadi dua yakni interview oleh HRD dan user atau divisi yang secara langsung berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar psikotes kita tidak gagal, karena dalam pengerjaan psikotes kerja banyak memerlukan penalaran logika dan kemampuan analisa. Selain itu, ketelitian dalam mengerjakan rangkaian soal juga jadi hal yang utama. Berikut tips – tips agar kita bisa lolos psikotes :

1. Pelajari Soal-soal Psikotes

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam persiapan menghadapi tes psikotes adalah banyak mempelajari soal-soal psikotes kerja. Secara umum, inti soal-soal psikotes kerja memiliki kesamaan sehingga apabila jenis dan karakter soal psikotesnya sudah Anda kuasai maka pada pengerjaannya akan lebih mudah.

2. Fokus dan Konsentrasi

Dalam menghadapi soal psikotes kerja adalah selalu fokuskan diri dan konsentrasi. Perhatikan betul saat narator menyampaikan instruksi termasuk juga baca dengan teliti instruksi atau perintah yang tertulis dalam soal.

3. Percaya Diri

Kepercayaan diri dan optimisme akan meningkatkan energi positif dalam diri. Setelah persiapan yang bersifat teknis dirasa sudah matang, rasa percaya diri dan optimisme tentunya akan membuat kemampuan berpikir menjadi lebih jernih.

Pada akhirnya, psikotes kerja dimaksudkan untuk mengukur kemampuan penyelesaian masalah yang dimiliki. Skill ini sangat penting untuk dunia kerja. Jika kita lolos tahapan psikotes kerja, maka siapkan mental untuk menjalani tahapan selanjutnya yakni wawancara atau interview hingga akhirnya bisa menjalani pekerjaan sesuai dengan yang kita inginkan. Tapi yang paling penting adalah kita harus tahu bagaimana cara melakukan wawancara yang baik dan benar supaya kita bisa diterima di pekerjaan yang kita inginkan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image