Maju Terus, Jadi Motto Utama MTQ Korpri Provinsi Banten Perkuat Syiar Islam

Image
Ina Febriany
Pendidikan dan Literasi | Thursday, 29 Sep 2022, 02:42 WIB

'Khayrukum man ta'allamal Qur'aana wa 'allamah--- sebaik-baik kalian ialah yang mempelajari al-Quran kemudian mengajarkannya, ' (Shahih Bukhari)

Pernahkah Anda mendengar petikan hadits di atas? Hadits yang sering didengungkan dalam majelis ilmu mengenai keutamaan mempelajari Alquran, mensyi'arkannya, hingga mengajarkannya. Hadits ini bisa kita telusuri dalam dua kitab hadits mu'tabar. Pertama, Shahih al-Bukhari, kitab fadhail Alqur'an, bab khairukum man ta’alam al-Qur'an, hadis No. 4639. Kedua, pada Sunan at-Turmuziy, kitab fadhail Alquran ‘an Rasulillah, bab ma ja’a fi ta’limil Alquran hadis No. 2832 dan 2833.

Mengingat betapa mulianya orang-orang yang terus mengkaji Alquran, mempelajari dan mengajarkannya, maka hal inilah yang menjadi bukti konkrit MTQ Korpri terus bisa terlaksana hingga tahun ke-VI ini. Sebelum ke tingkat Nasional, seperti tahun-tahun sebelumnya, utusan dari Kabupaten/ Kota maupun instansi pemerintah lainnya menyeleksi terlebih dulu para peserta di tingkat instansi masing-masing untuk kemudian bisa melanjutkan ke tingkat Provinsi. Di tingkat Provinsi pun demikian. Peserta akan mendapatkan pembinaan agar lebih bersiap untuk sampai pada tingkat Nasional. Tahun ini, Sumatera Barat terpilih menjadi destinasi utama dan tuan rumah dalam perhelatan akbar MTQ Korpri November mendatang.

Sebagai cara untuk terus membumikan syi'ar Islam, DP. Korpri Provinsi Banten pun terus berkomitmen menyeleksi peserta terbaik dan rutin melakukan pembinaan sebelum utusan dari kabupaten tersebut melaju ke tingkat nasional. Dengan mengusung tema 'Maju Terus Merajut Silaturrahmi dan Mengukir Prestasi Pada Ajang MTQ VI Korpri di Kota Padang, Sumatera Barat Tahun 2022' MTQ mampu menjadi ajang silaturrahim antar panitia, pembina juga peserta agar semakin mantap untuk bisa melaju dan mengukir prestasi berskala nasional.

Pembukaan MTQ Korpri VI Provinsi Banten (27/9)

Turut hadir dalam pembukaan MTQ Korpri VI Provinsi Banten (27/9), di antaranya PJ Gubernur Banten, Al Muktabar, Ketua Umum Korpri Provinsi Banten, Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M. Pd, Kepala Bidang Pembinaan Spiritual dan Mental, H. Bazari Syam dan Kepala Bidang Anggaran Prov Banten, Ibu Dina. Dalam sambutannya, Al Muktabar mengungkapkan besar harapannya perhelatan MTQ Korpri ini menjadi wasilah untuk memperkuat mental ASN dalam bidang keislaman. Baginya, syiar Islam perlu ditunjukkan dalam aksi-aksi nyata salah satunya dalam kontribusi positif yakni MTQ Korpri ini. Harapan senada juga diungkap oleh H. Deni Rusli, pengurus DP. Korpri Prov Banten, sangat optimis Provinsi Banten mampu kembali mencetak sejarah menjadi juara umum seperti MTQ Korpri tahun 2018 lalu.

Dalam pembinaan MTQ Prov Banten ke-VI ini ada 29 peserta tercatat dari sekitar 14 cabang yang akan dilombakan. Keempatbelas cabang tersebut di antaranya MTQ Cabang Tartil Putera maupun Puteri, Tilawah Putera maupun Puteri, Golongan 7 Surah Pilihan Putera dan Puteri, Golongan Surah al-Baqarah Putera maupun Puteri, Golongan Hafalan Surah ali Imran dan An-Nisa' Putera maupun Puteri, Golongan Hafalan Juz 30 Putera maupun Puteri, Cabang Adzan, Kaligrafi Dekorasi Putera maupun Puteri, Kaligrafi Konten Putera, Cabang Kaligrafi Digital Putera maupun Puteri, Cabang Penulisan Artikel Ilmiah Al-Quran Putera maupun Puteri, Cabang Do'a Putera- Puteri, Cabang Dakwah Putera- Puteri, dan terakhir Cabang Khutbah Jumat.

Ibu Hj. Yayat Suryati, Peserta Cabang Kaligrafi Kontemporer (Puteri)

Ada rasa haru dan bahagia tentunya ketika berhasil lolos menjadi peserta dari kabupaten/ kota masing-masing hingga sampai level provinsi dan nasional. Hal ini diakui oleh Ibu Hj. Yayat Suryati, DP. Korpri Kab. Lebak. Tahun 2021, Ibu Yayat menjuarai cabang kaligrafi digital. Pada tahun 2022 ini, Ibu Yayat kembali ikut serta di cabang yang berbeda yaitu Kaligrafi Kontemporer. Besar harapan Ibu Yayat, agar perhelatan akbar MTQ Korpri ini terus bisa terlaksana dan ada regenerasi. 'Sangat ingin adanya teman-teman PNS yang mau ikutan lomba MTQ utamanya di bidang kaligrafi ini. Karena masih sedikit sekali. Ada yang mahir, namun dia bukan ASN. Semoga nanti ada lagi penerusnya, ya,' ucap Ibu Yayat.

Besar harapan semoga ajang MTQ ini bukan hanya tentang menang dan kalah, namun peserta mampu memeroleh ilmu baru dari para pembina, memperluas silaturrahim dan tak kalah penting, semoga para utusan senantiasa diberikan kesehatan hingga mampu tampil prima di tingkat nasional serta kembali menjadi juara umum November di Kota Padang mendatang. Aamiin

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Khayrunnas Anfa'uhum Linnaas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mahasiswi Prodi Bidan Unisa Yogya Raih Juara 1 Puisi Tingkat Nasional

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image