Mas Andre H: Antara Memilih Tulang Punggung Keluarga, Pendidikan dan Jodoh

Image
Mas Andre Hariyanto
Curhat | Wednesday, 28 Sep 2022, 16:16 WIB
Foto: Dokumen Pribadi Mas Andre Hariyanto. Peran Anak Muda dan Tulang Punggung Keluarga Antara Memilih Keluarga dan Pasangan Hidup Jodoh. AR Learning Center/Suara Utama/YPPN/Taklim Jurnalistik/AR CoGan.

Mas Andre: Peran Anak Pertama dan Tulang Punggung Keluarga, Antara Memilih Ibu dan Pasangan


MENJADI anak pertama tentu menjadi hal yang sangat harus dipertimbangkan jika kita melangkah atau memilih. Sebab, anak pertama harus mempertanggungjawabkan apa yang telah dipilih dan diinginkan.

Foto: Dokumen Pribadi Mas Andre Hariyanto. Peran Anak Muda dan Tulang Punggung Keluarga Antara Memilih Keluarga dan Pasangan Hidup Jodoh. AR Learning Center/Suara Utama/YPPN/Taklim Jurnalistik/AR CoGan.


Anak pertama pasti memiliki beban moral tinggi, kenapa begitu? Karena anak pertama identik tidak bisa meninggalkan apa yang telah menjadi sebuah tanggungjawab dan jalan hidupnya.


Antara Keluarga dan Pasangan


Anak muda jika ingin meninggalkan keluarganya tentu atas dasar yang bisa dipertimbangkan, melalui curhatan penulis ini, berikut cerita sekilas tentang saya ya.


Mas Andre Hariyanto adalah seorang anak muda dan anak pertama dari keluarga besar Erni Santoso dan Almarhum Toni. Mas Andre demikian ia akrab dipanggil juga tulang punggung keluarga, sebab ia harus bekerja karena untuk menghidupi keluarganya baik ibunya dan adek - adeknya. Baik itu, masalah sandang dan pangan serta kebutuhan lainnya. Ia juga memiliki tim atau staf sekitar 20 - 15 orang untuk harus difikirkan dari segi pengabdianya, sebut saja misal dalam bentuk bulanan atau uang jajan yang ala kadarnya ya bukan UMR loh. Mereka semua tim tergabung di Lembaga AR Learning Center dan perkumpulan penulis di Suara Utama.


Mas Andre Hariyanto juga tentu ingin melanjutkan kehidupannya, sebut saja misal ingin mencari pasangan atau jodoh. Mas Andre Hariyanto lahir di Kota Mojokerto pada 24 Mei 1993, kini usia ia menginjak 29 tahun pada tahun 2022.


"Emang berat menjadi anak pertama dan juga tulang punggung keluarga di usia muda, namun apa boleh buat ini akan menjadi proses dalam kedewasan serta membersamai sang ibu dan adek sekaligus nenek yang kini bersama saya adalah anugerah luar biasa, kembali berkumpul, walaupun masalah jodoh terakhir adalah keinginan saya agar beban dan perjalanan ini menemani saya dalam memperjuangan, galau dan baper wajar sih," ucap Mas Andre Hariyanto yang kini keseharian bersama keluarga berjualan di Angkringan Si Ndut Prambanan Kabupaten Sleman, Prov. Daerah Istimewa Yogyakarta.


Sementara itu, dikatakan Mas Andre Hariyanto menjalani kehidupan tentu pasti banyak cobaan dan rintangan. Apalagi bila ada orang yang tidak suka. Misalnya, saat kita diatas pasti banyak orang mendekat, terlebih ada orang yang iri dan tidak suka akhirnya mencari cari agar tidak baik. Selain itu, disaat kita jatuh atau dibawah, banyak orang yang dianggap menjadi sahabat atau teman tiba - tiba menghilang dengan alasan tidak mau repot dan hidup susah.


"Itulah kehidupan, saat senang banyak orang mendekat, saat susah banyak yang mengaku teman tiba - tiba hilang tanla kabar. Itulah ironisnya kehidupan," terang Mas Andre Hariyanto yang kini telah mendirikan sebuah Yayasan ummat dan pendidikan yaitu Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara (YPPN).


"Dengan adanya masalah dalam hidup, jika kita bisa melewati, itu menguatkan kita lebih dari sebelumnya," terangnya sebagaimana mengutip pesan dari gurunya yakni Dedik Sugianto seorang Asesor LSP Pers Indonesia BNSP sekaligus Ketua Umum Sindikat Wartawan Indonesia (SWI).


Penulis juga memiliki banyak masalah, tapi penulis berusaha menjalani walaupun berat tapi tetap yakin akan ada pertolongan dari Allah SWT. Penulis juga berkali - kali dihantam sebuah permasalahan dan dari hal tersebut, Mas Andre Hariyanto mengartikan bahwa hidup itu hanya sementara dan kehidupan adalah sebuah permainan dan fatamorgana.
"Bismillah, perjalanan hidup ini harus sabar dan terus berubah, jika kita diam kita akan seperti ini terus namun jika kita bergerak, Insya Allah ada perubahan lebih baik. Dan terakhir, saya juga harus meninggalkan perkuliahan saya atau tidak melanjutkan di Balikpapan Kalimantan Timur dikarenakan ibu saya kala itu sedang sakit dan saya harus pulang ke Jawa yakni Surabaya." tutup Mas Andre Hariyanto yang pernah mengemban amanah sebagai Hubungan Masyarakat (Humas) Pondok Pesantren dan Yayasan Tahfidzul Qur'an.

 

Foto: Dokumen Pribadi Mas Andre Hariyanto. Peran Anak Muda dan Tulang Punggung Keluarga Antara Memilih Keluarga dan Pasangan Hidup Jodoh. AR Learning Center/Suara Utama/YPPN/Taklim Jurnalistik/AR CoGan.

 

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bismillahirrahmanirrahim..Haloo Sobat Literasi,Perkenalkan saya Mas Andre Hariyanto atau akrab disapa di sosial media @arcogan.Seorang Penulis Pemuda

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

APBN 2022 Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Image

OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI PEMBENTUKAN KADER SMART CEGAH STUNTING DI DESA MANGGIHAN

Image

SMPN 1 Padalarang Salurkan Tanda Kasih Kepada Korban Gempa Cianjur

Image

Sejarah Penamaan Pada Hari Jumat dan Anjuran Salat Wajib bagi Laki-laki Muslim

Image

ANGGARAN PENDIDIKAN DI INDONESIA YANG BELUM BISA DI KATAKAN TEPAT SASARAN

Image

Manfaat Memasak Bersama Anak

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image