Penuhi Persyaratan, 11 WBP Lapas Brebes Jalani Asimilasi Dan PB

Image
Humas LP Brebes
Info Terkini | Tuesday, 27 Sep 2022, 12:29 WIB
11 WBP Lapas Brebes Jalani Asimilasi Dan PB (Foto: Humas Lapas Brebes)

Penuhi Persyaratan, 11 WBP Lapas Brebes Jalani Asimilasi Dan PB

Brebes - Sebanyak 11 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Brebes Kemenkumham Jateng mendapatkan program Integrasi dan asimilasi di rumah karena telah memenuhi syarat administratif dan substantif, Selasa (27/09).

Kepala Lapas Brebes, Isnawan, mengatakan, 11 warga binaan yang mengikuti program integrasi dan asimilasi berkewajiban memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan. Jika terdapat pelanggaran maka pelaksanaan asimilasi di rumah dibatalkan.

“Yang dapat program integrasi ada 1 orang mendapatkan Pembebasan Bersyarat (PB) dan 10 orang mendapatkan program asimilasi rumah ini bukan berarti bebas murni tetapi masih wajib mengikuti ketentuan, kalau ada pelanggaran ketentuan terutama program asimilasi di rumah dalam pelaksanaan dapat dicabut asirumnya,” ucapnya.

Dia mengatakan, selama menjalani asimilasi di rumah warga binaan juga diwajibkan melakukan laporan secara rutin kepada Bapas terkait.

“Mereka juga wajib untuk lapor. Pelaksanaan serta pengawasannya adalah tanggung jawab Bapas,” terangnya.

Isnawan menyebutkan, program asimilasi di rumah dilakukan dengan berpedoman kepada Permenkumham Nomor 43 Tahun 2021 dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19.

Program asimilasi juga sebagai solusi mengurangi kelebihan daya tampung (over capacity) yang terjadi di Lapas/Rutan seluruh Indonesia.

“Hal ini salah satunya bertujuan untuk mengurangi ‘over-crowded’ yang terjadi di Lapas/Rutan seluruh Indonesia,” Jelas Isnawan.

AS yang pernah menjadi tahanan pendamping atau kerap disebut tamping ini berjanji kepada dirinya, tidak akan lagi berurusan dengan hukum. Masuk ke dalam Lapas menjadi pelajaran berharga bagi dirinya, karena harus berjauhan dengan keluarganya untuk waktu yang cukup lama.

"Semoga ke depan saya bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi. Terima kasih Lapas Brebes untuk semua pelajaran, pembinaan dan nasehatnya," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Binadik dan Giatja, Agung Priandogo menambahkan saat memberikan arahan kepada WBP dan Keluarga bahwa selain memenuhi syarat administratif dan substantif warga binaan yang mendapat asimilasi di rumah juga telah melalui sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) setelah diberlakukannya perpanjangan Permen 43 tahun 2021 yang telah dilaksanakan hari sebelumnya.

“Selama yang bersangkutan memenuhi persyaratan untuk diusulkan, kita akan tunaikan hak mereka dengan pelayanan yang cepat dan tepat serta pastinya gratis atau nol rupiah,” Tutup Agung.

*Humas Lapas Brebes*

_Ringan Mencerdaskan_

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Unit Pelaksana Teknis Dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Islamofobia dan Wanita-Wanita Muslim

Image

Lapas Narkotika Purwokerto Jalin Kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Purwokerto

Image

Trash-Talk dalam Dunia Game Online

Image

Kaum Feminisme dalam Cengkraman Patriarki

Image

MAdinah Iman Wisata Serahkan Donasi Bantu Korban Gempa Cianjur

Image

Menebak-nebak Rambut Putih Pak Jokowi, Menggiring atau Memancing?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image