Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yunitha Eka Pratiwi

Pentingnya Investasi Asing Untuk Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Edukasi | Tuesday, 27 Sep 2022, 10:43 WIB

Penanaman modal adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh penanam modal dalam negeri maupun modal asing. Kegiatan ini biasa dilakukan diwilayah negara Republik Indonesia. Indonesia sebagai negara kepulauan dengan sumber daya alam yang melimpah dari pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, hingga pertambangan tidak hanya sumber daya alam saja yang melimpah tetapi sumber daya alam tersebut dapat diambil dan diolah dengan sendirinya. Namun, perlu dibangun infrastruktur sarana dan prasarana dalam mengolahnya oleh negara Indonesia melalui pemerintah.

Dalam hal ini, pentingnya investasi asing sangat akan menguntungkan bagi perputaran ekonomi dan mempercepat pembangunan. Adanya investasi asing ke Indonesia pemerintah sudah menyiapkan segala sektor untuk mempercepat pertumbuhan. Peraturan yang mengatur tentang investasi asing ini sudah diatur dalam Undang-Undang yang telah diperbarui yaitu UU No 25 Tahun 2007. Sangat penting sekali regulasi investasi asing ini dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Peran investasi asing ini memiliki kontribusi nyata bagi perekonomian, perkembangan teknologi, perbaikan infrastruktur, disamping itu juga dengan adanya investasi asing ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Pertumbuhan ekonomi ini adalah kondisi dimana perekonomian stabil dan memperlihatkkan keadaan yang lebih baik dalam kurun waktu yang telah ditetapkan. Pertumbuhan ekonomi terlihat dengan adanya suatu hasil yang nyata pada perubahan ekonomi dalam suatu daerah atau pusat yang terwujudnya keberhasilan pembangunan suatu negara. Untuk ini pertumbuhan daerah-daerah itu memerlukan penanaman modal. Jika tidak ada bantuan tidak akan tercapainya pembangunan suatu daerah karena perlu adanya dukungan yang tepat sasaran. Pengelolaan dana hendaknya lebih memprioritaskan pengeluaran yang diperlukan dalam pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi. Indonesia berkaca dari perkembangan zaman yang pertumbuhan ekonominya telah maju dan dukungan penanaman modal yang terarah dan memiliki dana yang besar untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, beberapa proyek insfastruktur mendapatkan dana, tidak hanya infrastruktur ekonomi saja namun terdapat juga infrastruktur bidang lainnya.

Realisasi investasi asing pada 2015-2019 mengalami kenaikan atau tumbuh sebesar 11,5 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Kenaikan realisasi PMA terjadi di sektor tersier dengan pertumbuhan sebesar 57,9 persen, sedangkan sektor primer dan sekunder mengalami penurunan dengan pertumbuhan negatif masing-masing sebesar 25,0 persen dan 4,5 persen. Untuk PMDN, kenaikan realisasi didorong oleh pertumbuhan positif yang terjadi di sektor primer dan tersier. Kenaikan tertinggi terjadi di sektor primer dengan pertumbuhan sebesar 35,3 persen, diikuti sektor sekunder yang mengalami pertumbuhan sebesar 31,0 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Berdasarkan sumbangannya, pada triwulan I tahun 2018, sektor tersier adalah pemberi sumbangan terbesar baik untuk PMA maupun PMDN yaitu masing-masing sebesar 46,8 persen dan 50,6 persen.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image