Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Lapas Besi

Latih Kesiapsiagaan, Petugas Lapas Besi Rutin Ikuti Pelatihan Bela Diri Pencak Silat

Info Terkini | Tuesday, 27 Sep 2022, 08:32 WIB

Cilacap – Dalam rangka membangun kesiapsiagaan pegawai dalam hal pengamanan dan sebagai bentuk antisipasi dari gangguan kamtib serta meningkatkan profesionalisme. Petugas Lapas Besi rutin mengikuti pelatihan Bela Diri Pencak Silat Merpati Putih. Kegiatan yang dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu minggu di GOR Lapas Besi diikuti oleh 30 CPNS Lapas Besi.

Pencak Silat merupakan seni bela diri tradisional yang asli berasal dari Indonesia. Pencak silat berasal dari dua kata, yakni 'pencak' dan 'silat'. Pengertian pencak ialah gerak dasar bela diri dan terikat dengan peraturan. Sedangkan silat berarti gerak bela diri sempurna yang bersumber dari kerohanian.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pencak silat yaitu permainan (keahlian) dalam mempertahankan diri dengan keahlian menangkis, menyerang serta membela diri menggunakan atau tanpa senjata.

Kegiatan pelatihan bela diri merupakan bentuk peningkatan kemampuan fisik dan kepercayaan diri petugas dalam melaksanakan pekerjaan di Lapas. dan mengoptimalisasi tugas, serta kewenangan Petugas Pemasyarakatan dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

Kepala Lapas Besi, Sulardi menyampaikan “Melalui kegiatan ini diharapkan mampu mewujudkan fisik dan mental Pegawai Pemasyarakatan yang kuat, tangguh dan sigap dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Agar nantinya dapat menjaga keamanan dan ketertiban Lapas tetap dalam keadaan kondusif”, ujarnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image