Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Efektifkah Membuka Akses Pasar Produk dengan Strategi Expo?

Bisnis | Friday, 03 Dec 2021, 14:30 WIB
Entrepreneurs Product Exhibition di Malaysia Tahun 2019 (Dokpri)

Mengikuti expo bisnis maupun produk adalah salah satu keharusan bagi pelaku usaha untuk memperluas jangkauan pemasaran. Kegiatan ini bisa menjadi sarana promosi yang efektif untuk memperkenalkan produk baru di pasar.

Efektivitas hasil yang didapat selama pandemi expo bisa jadi lebih besar karena pangsa pasar yang ditarget sudah tersegmentasi.

Brand bisnis pun akan melambung dengan sering mengikuti expo. Tak heran bila setiap tahun banyak kegiatan expo digelar yang difasilitasi pemerintah dalam rangka penguatan jaringan pemasaran.

Jika Anda pelaku usaha, wajib mengetahui beberapa alasan berikut ini agar tiap expo yang digelar dipastikan ada produk Anda disana. Apa saja?

Bertemu pembeli potensial

Dengan mengikuti expo kita bisa mengenalkan produk kepada ribuan pengunjung expo. Meskipun hanya berlangsung beberapa hari, namun peluang melebarkan sayap bisnis melalui even ini terbuka lebar. Kemungkinan tindak lanjut seperti pertambahan jumlah pelanggan baru serta order yang otomatis bertambah sangat mungkin terjadi.

Meningkatkan omset penjualan

Kendatipun penjualan langsung bukan menjadi tujuan utama mengikuti expo. Anda tetap bisa mengoptimalkan jumlah transaksi penjualan selama expo dengan berbagai cara. Misalnya dengan memberikan diskon, door prize, kupon hadiah, hingga bonus menarik lainnya bagi yang melakukan pembelian selama expo.

Memperkuat brand awareness

Selain memperkuat brand pada produk yang ditawarkan, mengikuti expo juga sekaligus dapat memperkenalkan nama bisnis yang sedang Anda bangun. Bahkan jika banyak pencapaian prestasi yang telah didapatkan. Sebagai contoh berbagai penghargaan misalnya. Dapat juga dicantumkan pada media promosi. Hal ini dimaksudkan untuk mengangkat atau memperkuat citra bisnis Anda di mata para pengunjung expo.

Tes pasar bagi produk baru

Mengikuti expo bisa juga digunakan untuk memperkenalkan produk baru sekaligus menguji respon pasar atau tes water. Selain produk yang benar-benar baru, expo juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan produk lama yang diberikan inovasi baru (produk modifikasi). Anda dapat menyiapkan tester atau sampel produk untuk dibagikan kepada pengunjung dan meminta respon ataupun penilaian mereka atas produk tersebut secara langsung.

Mengenali kompetitor

Melalui expo kita dapat sekaligus mengenali pasar kompetitor yang barangkali juga mengikuti acara yang sama. Kita bisa mengumpulkan Informasi tentang kompetitor harga produk mereka, produk unggulannya, dan teknologi yang digunakan. Atau sekadar mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis mereka. Dan banyak lagi Informasi lain yang berharga untuk diketahui sebagai bekal pengembangan bisnis Anda selanjutnya.

Menambah networking atau jejaring bisnis

Pada umumnya pengunjung expo bukan hanya sekadar pengunjung biasa yang iseng datang hanya melihat-lihat pameran saja. Banyak juga diantara mereka yang sengaja datang ke expo untuk mencari mitra bisnis. Mereka bisa jadi adalah investor, pemilik/perwakilan dari bisnis lain yang terkait, supplier, distributor atau dari instansi pemerintahan.

Tidak tertutup kemungkinan di dalam expo juga akan terjadi kesepakatan bisnis tertentu bahkan transaksi di tempat dengan mereka. Jangan sia-siakan juga pengunjung jenis ini. Siapa tahu bisnis Anda akan berkembang setelah mengikuti expo.

Menggali inovasi baru

Melalui expo, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan banyak produk dengan beragam variasi bentuk dan kemasan yang bisa memunculkan ide inovasi untuk produk Anda seperti penerapan teknologi baru, model pemasaran baru di yang lebih responsif, atau masuk ke digitalisasi secara mudah, dan lain sebagainya.

Nah ternyata dengan mengikuti expo banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan. Pada bisnis yang sudah berjalan, dengan mengikuti expo akan banyak mendapatkan manfaat baik dari sisi market, networking, dan mengenali pasar dengan cepat.

Menyadari besarnya potensi yang bisa dikonversi menjadi penjualan produk, maka tidak ada salahnya jika ada mengoleksi jadwal expo di Indonesia bahkan dunia sesuai dengan dimana pasar yang dimasuki. Lalu persiapkan dengan baik dan ikuti expo yang diadakan. Semakin sering mengikuti expo semakin baik bagi market awareness, market networking, dan menjaring calon investor. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image