INAIS Bogor Melakukan Pembaharuan Inovasi Pupuk PSB menjadi Pupuk MiTel di Desa Cibitung Wetan

Image
Abdul Khoiri
Eduaksi | Monday, 26 Sep 2022, 14:02 WIB
Kegiatan sosialisasi dan pembuatan pupuk PSB atau MiTel

Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Sahid (INAIS) Bogor melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cibitung Wetan pada 25 Juli hingga 31 Agustus 2022 dalam rangka melaksanakan salah satu tujuan dari tridharma perguruan tinggi yaitu mengabdikan diri untuk dan membantu masyarakat dalam setiap sektor.

Kegiatan diawali dengan pembukaan KKN INAIS dengan Pemerintah Desa Cibitung Wetan Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor yang dihadiri oleh Urip Iskandar, S.Kom. I, MM. selaku Kepala Desa, serta seluruh anggota pemerintah desa dan masyarakat yang ada di Desa Cibitung Wetan.

KKN INAIS program Duta Inovasi Desa 2022 melakukan pembaharuan inovasi pupuk organik cair photosyinthetic bacteria (PSB) atau bisa disebut pupuk MiTel. Dinamakan pupuk MiTel berawal dari komposisi yang digunakan dalam pembuatan pupuk ini yang hanya micin dan telur serta dicampur air, sehingga penamaan pupuk PSB di Desa Cibitung Wetan lebih dikenal dengan nama pupuk MiTel.

“Pupuk organik ini merupakan pupuk yang dibuat secara praktis dan efesien yaitu dari bahan air, micin dan telur,” kata Abdul Khoiri selaku Ketua KKN dalam kegiatan sosialisai inovasi desa. Rabu (10/8/2022).

Produk inovasi pupuk MiTel (PSB) Desa Cibitung Wetan

Adanya lahan ekosistem yang mendukung di Desa Cibitung Wetan dengan mayoritas masyarakat bekerja dibidang pertanian.

“Maka program inovasi yang dilakukan oleh KKN INAIS membuat pembaharuan terhadap pupuk organik yang dapat menggantikan pupuk dari bahan kimia,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat Cibitung Wetan mampu menjadi masyarakat yang produktif dan dapat meningkatkan potensi desa sehingga dinilai menjadi desa yang mandiri.

“Adanya pembaharuan pupuk organik atau pupuk MiTel ini juga dapat dijadikan salah satu usaha UMKM yang dapat dikembangkan oleh masyarakat setempat, BUMDES, Kampung Ramah Lingkungan (KRL), dll,” jelasnya.

Harapan kedepannya, Desa Cibitung Wetan menjadi desa penggerak dalam memanfaatkan sektor yang ada dan bersinergis dalam menciptakan kreativitas untuk memajukan desa tersebut.

“Terima Kasih banyak kepada Pemerintah Desa dan masyarakat Cibitung Wetan yang telah menerima kami dengan hangat. Untuk itu KKN INAIS Desa Cibitung Wetan Kecamatan Pamijahan siap untuk bersinergis dengan semua elemen anggota baik pemerintah desa ataupun masyarakat Cibitung Wetan,” tutup Abdul Khoiri.

Penutupan KKN INAIS Duta Inovasi Desa Cibitung Wetan Tahun 2022 sekaligus launching Inovasi pupuk MiTel Photosyinthetic Bacteria
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa INAIS

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pamerkan Produk Halal Indonesia Berpartisipasi Dalam OIC Halal Expo 2022 di Turki

Image

Memposisikan IMM : Menghidupkan Tradisi Intelektual Melalui Tradisi Membaca, Menulis dan Diskusi

Image

Tiga derajat agung yang bisa diraih manusia tatkala musibah menghampirinya

Image

Masjid Raya Al-Azhom, Sejarah dan Penyebaran Islam di Kota Tangerang

Image

Paradigma MBKM di Era Disrupsi

Image

Indahnya Kebersamaan, Warga Binaan Lapas Besi Sambut Perayaan Hari Raya Natal Tahun 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image