Hadapi Indonesia Emas 2045, Begini Pesan Menko PMK Kepada Mahasiswa Baru UM Bandung

Image
Universitas Muhammadiyah Bandung
Edukasi | Saturday, 24 Sep 2022, 17:28 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (di atas mimbar) saat memberikan motivasi kepada ribuan mahasiswa UM Bandung pada Rabu 21 September 2022 (Dok Promosi & PMB UM Bandung)

BANDUNG -- Tahun 2045 menjadi tahun emas bagi Indonesia dalam memunculkan orang-orang yang produktif. Hal tersebut juga berlaku bagi mahasiswa baru UM Bandung dengan syarat harus pintar mempersiapkan diri.

Begitu kata-kata motivasi yang disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di hadapan ribuah mahasiswa baru peserta pekan sosialisasi dan orientasi mahasiswa baru (PESONAMU) 2022, Rabu 22 September 2022.

Muhadjir mengatakan, pada tahun itu Indonesia akan sangat bergantung pada bagaimana mahasiswa menyiapkan diri sebaik mungkin.

”Kalau kalian bisa menyiapkan diri sebaik-baiknya, pada 2045 nanti akan sukses meraih tahun emas tersebut,” ucap Muhadjir Effendy.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menjelaskan bahwa ukuran keberhasilan akan muncul ketika mahasiswa betul-betul produktif pada usianya.

”Ketika kalian melatih diri di UM Bandung ini dan menata karier, maka tahun 2045 menjadi puncak bagi kalian semua,” tuturnya.

Ketika menjadi manusia produktif, menurut Muhadjir Effendy, para mahasiswa akan menjadi penentu dalam masa depan Indonesia berikutnya.

”Kita hanya mengantar saja, memberikan fasilitas yang lengkap dan gedung (UM Bandung) yang menurut saya cukup megah,” kata Muhadjir Effendy.

Self planing

Tidak hanya mempersiapkan diri dengan baik, tak kalah penting, kata Muhadjir Effendy, yakni mahasiswa harus mempunyai perencanaan diri atau self planing.

”Targertkan dalam 4 tahun ini selesai kuliahnya, jangan sampai kelewat, dan perencanaan ekseskusinya harus ketat juga,” terangnya.

Jika bisa melakukan itu, menurutnya, mahasiswa dapat terbiasa dalam melakukan self planing di masa depan nanti.

”Sehingga tahun 2045 ketika usianya 40-an itu betul-betul bisa mewarnai dan menentukan masa depan Indonesia ini,” tegas Muhadjir Effendy.

Berpikir kritis

Salah satu soft skill mahasiswa yang perlu dikuasai yakni mampu menganalisis dan berpikir kritis.

”Semua mahasiswa harus bermodal berpikir kritis karena di situlah kalian akan bisa mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal,” ungkapnya.

Fasilitas belajar pun harus memberikan ruang yang cukup luas kepada mahasiswa untuk berpikir kritis.

”Catat dan olah secara kritis pembelajaran dari dosen, bahkan kalau memang kira-kira tidak cocok, sampaikan ketidakcocokan itu,” tandasnya.***(FK)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Akun resmi milik Universitas Muhammadiyah Bandung

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mahasiswi Prodi Bidan Unisa Yogya Raih Juara 1 Puisi Tingkat Nasional

Image

Kesekian Kali

Image

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Image

Ruang Lingkup Morfologi

Image

Pengaruh k-pop terhadap remaja

Image

Prodi Hukum Bisinis Unismuh Makassar Siap Gelar Kuliah Perdana Awal Desember

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image