Cara Efektif Hilangkan Stress Dalam Hidup

Image
Maria Tanjung Sari
Curhat | Saturday, 24 Sep 2022, 12:20 WIB

Sumber Gambar: Pexels

Dalam hidup ini tentu saja kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah. Setiap orang pasti memiliki masalah mereka masing-masing. Misalnya saja masalah terkait keuangan, percintaan, keluarga dan berbagai masalah lainnya.

Ketika duduk di bangku SMA, memiliki guru Bahasa Inggris yang terkadang mempersulit siswa dengan memberi nilai sulit menjadi masalah bagi siswa SMA.

Namun ketika bekerja, tentu masalah yang dijumpai lain lagi. Masalah dengan rekan kerja, pimpinan dan beban kerja yang berat bisa jadi menimpa beberapa karyawan.

Tak kunjung mendapat jodoh bisa jadi adalah masalah bagi kalian yang belum menikah padahal usia sudah cukup dan pekerjaan bisa dibilang sudah mapan.

Tidak ada hidup yang sempurna. Bahkan di balik kesempurnaan itu ternyata memiliki masalah. Yang harus kita lakukan ketika mendapat masalah adalah menyikapi dengan bijak hal itu.

Tuhan tak akan memberi masalah tanpa memberi hikmah dari setiap masalah yang dialami oleh manusia. Justru dengan adanya masalah, manusia bisa menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Masalah yang tidak bisa ditangani oleh seorang individu akan menyebabkan stress dimana bisa membuat kesehatan mental seseorang terganggung.

Stress sendiri merupakan kondisi psikis maupun mental yang dialami oleh seseorang sebagai reaksi atas suatu peristiwa yang terjadi pada dirinya. Misalnya saja seseorang yang mengalami masalah rumah tangga dengan pasangan, baik itu istri atau suami. Jika masalah dengan pasangan dalam rumah tangga tidak bisa diatasi dengan baik, maka akan menimbulkan stress.

Banyak gejala yang dirasakan seseorang ketika mengalami stress antara lain sulit berkonsentrasi terhadap sesuatu hal seperti belajar dan bekerja, sulit tidur atau insomnia di malam hari. makan menjadi tidak berselera, merasa gelisah dan berbagai gejala lain yang tampak.

Tentu saja mengalami stress itu sangat tidak nyaman bagi seorang individu. Jika ibu rumah tangga mengalami stress, maka banyak pekerjaan di rumah yang terbengkalai, anak-anak menjadi tidak diurus dan pertengkaran dengan suami kerap terjadi.

Jika seseorang yang berstatus karyawan stress, maka sulit menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tidak menikmati hari-hari ketika masuk kerja. Akibatnya produktifitas menjadi menurun dan bisa jadi kerja jadi sering melakukan kesalahan.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan stress? Kalau saya punya cara tersendiri untuk menghilangkan stress yaitu

Lakukan relaksasi

Relaksasi bertujuan untuk menenangkan pikiran sejenak dari banyaknya aktivitas keseharian di luar sana. Kalian bisa mendengarkan musik atau tidur sejenak di kamar. Ada banyak aplikasi meditasi online yang bisa kalian unduh untuk mendengarkan musik relaksasi.

Berpikiran positif dan selalu bersyukur

Walaupun sedang mengalami masalah, tetap berpikiran positif dan bersyukur kepada Tuhan bahwa setiap masalah akan ada solusinya. Namun waktunya saja yang kita belum tahu kapan masalah akan berakhir dengan happy ending

Ambil cuti dan pergi ke luar kota

Jika Anda punya budget untuk pergi ke luar kota, maka pertimbangkan untuk ambil cuti sejenak dan berlibur menjauh sejenak dari kota domisili. Minimal ketika sampai ke rumah, pikiran menjadi lebih segar dan siap untuk menghadapi masalah yang mungkin masih belum selesai.

Semoga cara sederhana dari saya bermanfaat ya. Tetap semangat dalam menjalani hidup dan jangan pernah menyerah. Tentu saja cara efektif hilangkan stress ini juga pernah saya aplikasikan untuk diri sendiri.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya seorang blogger aktif yang memiliki beberapa blog diantaranya www.mariatanjung.com , www.keliling.my.id , www.curhatanku.com , www.mariatanjungme

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Mengenal Iman dalam Trilogi Ajaran Islam

Image

Pemuda Katolik Dorong Pemerintah Mahakam Ulu Lebih Peduli Terhadap Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

Image

Forum Pencak Silat Desa Sidoharjo Klaten, Bantu Korban Gempa Cianjur Gerobak Dorong

Image

Strategi Perbankan Syariah dalam Menghadapi Resesi 2023

Image

Prihatin Nasib Korban Gempa Cianjur, Mapala Kompas Pagar Alam Kirim Bantuan

Image

Aliansi Mahasiswa UMSB Kirim Bantuan ke Korban Gempa Cianjur

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image