Memberdayakan Masyarakat Untuk Bisnis Berkelanjutan

Image
Yudha Hari Wardhana
Lomba | Thursday, 22 Sep 2022, 23:17 WIB

Hampir semua perusahaan besar mempublikasikan kinerja CSR (Corporate Social Responsibility) melalui website resmi mereka. Apa motifnya? Efek domino apa yang diharapkan dengan menyampaikan ke publik kinerja CSRnya?

Haniffa & Cooke (2005) serta Boesso & Kumar (2007) menyatakan pendapat senada. Menurut pandangan ilmiah mereka, adanya penghargaan merupakan salah satu motivasi perusahaan dalam mempublikasikan tanggung jawab sosialnya. Adapun efek jangka panjang yang diharapkan pemilik usaha dari adanya penghargaan atas pengungkapan informasi Corporate Social Responsibility adalah keberlanjutan bisnis (sustainable business).

Melalui tulisannya berjudul “Corporate Social Responsibility” yang dimuat di Buletin Ekonomi, Vol 11 No.2 bulan September 2007, Nenny Anggraini mengatakan bahwa sebuah perusahaan yang ingin berkelanjutan tidak hanya menjadikan profit sebagai orientasi tunggal melainkan harus memperhatikan dua aspek lainnya. Perusahaan harus memperhatikan kesejahteraan banyak orang, baik tenaga kerjanya maupun masyarakat sekitarnya (people) dan ikut serta dalam memelihara dan melestarikan lingkungan (planet). Ketiga aspek (profit, people dan planet) inilah yang dikenal sebagai Triple Bottom Line. Implementasi dari triple bottom line orientation oleh perusahaan adalah Corporate Social Responsibility.

Efek langsung yang bisa dirasakan perusahaan penerima penghargaan atas terlaksananya tanggung jawab sosial perusahaan adalah respon positif dari pasar. Penelitian Sulistyanto dan Prapti (2003), Suwarno (2005), Kartini dan Dion (2007) membuktikan bahwa pemberian Annual Report Award (ARA) akan direspon positif oleh pasar. Budiman dan Supatmi (2009) membuktikan bahwa pemberian Indonesian Sustainability Reporting Award (ISRA) direspon oleh pasar di seputar tanggal pengumuman pemberian penghargaan tersebut. Respon positif dari pasar tersebut sangat logis karena perusahaan yang meraih award akan mendapat public trust sebagai perusahaan yang tidak hanya profit oriented tetapi juga peduli akan keberdayaan masyarakat. Kepercayaan publik tersebut merupakan modal penting bagi setiap perusahaan untuk bisa menjaga keberlanjutan bisnisnya (sustainable business).

Kesadaran adanya korelasi antara Corporate Social Responsibility (CSR) dan sutainable business memicu banyak perusahaan untuk mengimplementasikan komitmennya terhadap pemberdayaan masyarakat. Salah satu perusahaan itu adalah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Sebagaimana diberitakan melalui republika.co.id, 30 Agustus 2022, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk meraih lima penghargaan Nusantara CSR Awards 2022. Salah satu dari lima kategori yang menerima awards adalah Pemberdayaan Penyandang Disabilitas. Terhadap kelompok masyarakat yang kadangkala terpinggirkan ini, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk itu menunjukkan kepeduliannya.

Seiring dengan berkembangnya pesatnya digitalisasi, penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama untuk mengembangkan potensinya untuk meningkatkan kualitas hidup, termasuk secara finansial. Kesadaran inilah yang mendorong perusahaan persemenan yang telah ada sejak 1957 itu untuk melakukan mentoring melalui pelatihan UMKM melalui media digital, pelatihan packaging dan juga pemasaran produk melalui media sosial. Bahkan penyandang disabilitas yang mengikuti workshop tersebut juga mendapat pendampingan untuk mengurus izin usaha.

Dengan pengimplementasian Corporate Social Responsibility yang berbuah award tersebut, PT Semen Indonesia bahwa masyarakat bukan sekadar sasaran penjualan produk bisnis. Kepedulian untuk memberdayakan masyarakat akan membuat, branding perusahaan semakin kuat, dan bisa membangun kehidupan berkelanjutan (sustainable). https://republika.co.id/berita/rhfgzy380/semen-indonesia-group-kantongi-lima-penghargaan-csr-2022

https://republika.co.id/berita/rhfgzy380/semen-indonesia-group-kantongi-lima-penghargaan-csr-2022
https://republika.co.id/berita/rhfgzy380/semen-indonesia-group-kantongi-lima-penghargaan-csr-2022

SURAT PERNYATAAN

KOMPETISI VIDEO KREATIF & MENULIS

HUT Republika.co.id Ke-27 Th

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap : Yudha Hari Wardhana

Alamat Lengkap : Rungkut Lor YKP RL 3A Nomor 4 Surabaya

No. Identitas : 3578031502820002

Nomor HP : 0856-4863-9214

Alamat Email : paksikencana82@gmail.com

Dengan ini menyatakan bahwa karya dengan judul :

Memberdayakan Masyarakat Untuk Bisnis Berkelanjutan

1. Merupakan karya orisinal saya sendiri dan tidak mengandung unsur plagiat di dalamnya serta belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis di tingkat Regional, Nasional atau Internasional.

2. Dengan sadar tanpa paksaan mendaftarkan karya tersebut untuk ikut serta dalam Kompetisi Video Kreatif & Menulis HUT Republika.co.id ke-27th dan mengikuti proses penilaian yang telah ditetapkan panitia.

Menjadi hak milik Republika.co.id dan memberikan izin publikasi kepada pihak Republika.co.id untuk kebutuhan Republika.co.id di kemudian hari.

Demikianlah pernyataan ini dibuat dalam keadaan sadar dan tanpa ada unsur paksaan dari siapapun, serta dapat dipertanggungjawabkan dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat saya,

Yudha Hari Wardhana

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Writerpreneur 5 buku karya tunggal, Co-Writer, Konsultan Penulisan, Ghost Writer

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kebijakan Keimigrasian Terbaru Bantu Industri Pariwisata dan Film Internasional

Image

Sosialisasi Peran Perangkat Daerah dalam Melakukan Pengawasan Orang Asing

Image

Percepatan Pemanfaatan Data Sistem Penanganan Perkara Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI)

Image

Meriah! Sebanyak 3.000 Peserta Akan Menghadiri Muktamar XIV Nasyiatul Aisyiyah

Image

Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham Jateng Paparkan Hasil Rapat Koordinasi

Image

Kepala Rutan Temanggung Ikuti arahan Menkumham lewat Kakanwil Kemenkumham Jateng

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image