Budaya dan Peradaban Kita

Image
Moh Ali, S.M.
Eduaksi | Thursday, 22 Sep 2022, 13:06 WIB

Budaya merupakan salah satu harta yang dimiliki oleh bangsa kita, jika budaya itu berubah dan berkembang menjelma peradaban yang baru. Maka itu merupakan tugas kita untuk merawat dan melestarikan budaya asli leluhur kita. Karena, dalam perkembangan zaman modern seperti saat ini. Kita tidak mungkin terus-terusan berada dalam garis budaya secara fisik (bangunan, jalan) maupun non fisik (nilai-nilai, tatanan).

Ilustrasi by Pixabay

Seperti yang kita tahu, kita berada dalam gugusan pulau-pulau yang memiliki banyak adat dan budaya. Di mana, hal itu menjadikan Indonesia sebagai salah satu Negara terbesar di dunia ini. Mengacu pada data badan pusat statistik tahun 2010 Indonesia memiliki kurang lebih 1.340 suku. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas atau karakter sendiri dalam aspek sosial maupun budaya. Hal itu menjadikan daya tarik tersendiri bagi warga Negara lain untuk berkunjung ke Indonesia atau bahkan untuk fokus melakukan riset tentang budaya yang ada di Negara tercinta ini.

Bagi kita yang lahir di atas tahun 90 an mungkin masih sangat ingat betul bagaimana kondisi daerah kita masing-masing. Di mana, semua memiliki peran dan menikmati jaman itu. banyak permainan tradisional yang menyibukkan anak-anak bercengkerama satu sama lain. begitupun di kalangan orang dewasa dan orang tua, mereka nongkrong dan kumpul bersama dibilik-bilik gang jalan atau warung kopi. Namun, dibandingkan hari ini. semuanya sangat jauh berbeda, dan itu tidak lepas dari yang namanya perubahan budaya.

Jika menilik lagi betapa pentingnya suatu budaya dalam suatu Negara. Maka, itu merupakan kewajiban bagi setiap Negara untuk menjaganya khususnya bagi warga Negara tersebut. Makanya setiap kali adat dan budaya kita di klaim oleh Negara lain itu akan sangat merugikan Negara kita. Oleh karena itu akan sangat disayangkan jika bangsa dan Negara kita tidak bisa mempertahankan warisan nenek moyang yang telah merawat dan menjaga adat dan budaya yang dimiliki.

Hal yang mendasari keresahan kita hari ini bukan lagi hanya tentang klaim Negara lain akan budaya kita. Akan tetapi karena kurangnya kesadaran bangsa kita untuk mempelajari dan melestarikan budaya yang ada. Ditambah dengan menyebarnya virus budaya Negara luar baik yang berkaitan dengan norma dan etika atau bahkan cara berpakaian dan lain sebagainya. Mampukah generasi bangsa melestarikan budaya leluhur kita atau bahkan budaya itu hanya akan dijadikan cerita belaka untuk anak cucu kita?

Peradaban bangsa kita hari ini

Dikutip dari buku Pengantar Antropologi: Sebuah Ikhtisar Mengenal Antropologi oleh Gunsu Nurmansyah dkk (2012:100-101). Peradaban secara umum adalah bagian dari kebudayaan. Di mana dalam arti luasanya peradaban merupakan bagian-bagian yang halus dan indah seperti seni. Masyarakat yang telah maju dalam kebudayaan tertentu berarti memiliki peradaban yang tinggi. Istilah peradaban dipakai untuk menunjukkan pendapat dan penilaian terhadap perkembangan kebudayaan. Pada waktu kebudayaan mencapai puncak perkembangannya, unsur-unsur budaya bersifat halus, indah, tinggi, sopan, dan luhur. Sehingga masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan memiliki peradaban tinggi.

Akan tetapi jika dikorelasikan dengan kondisi bangsa kita hari ini. Masih banyak yang perlu kita benahi. Lebih-lebih dalam hal kebudayaan, karena terciptanya suatu peradaban yang tinggi itu tidak lepas dari yang namanya moral, norma, etika dan estetika yang baik. Ditambah dengan gempuran arus teknologi hari ini, aktivitas yang biasa kita lakukan sehari-hari kini berubah ke dalam dunia digital (Media Social). Generasi bangsa yang seharusnya lebih menjunjung tinggi moral dan etika dalam bersosial kini malah berubah secara drastis, baik dalam hal perilaku dan lain sebagainya.

Sejatinya moralitas tersebut tidak sepenuhnya hilang manakala generasi muda dapat menyaring informasi yang mereka konsumsi melalui internet. Dibutuhkan kebijaksanaan untuk menyerap unsur-unsur positif dan membuang segala unsur negatifnya. Generasi muda harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab penuh untuk menjaga nilai-nilai luhur budaya bangsa dengan menjunjung tinggi adab, etika, dan moralitas.

Oleh karena itu, peradaban yang seharusnya melahirkan tatanan yang lebih baik mulai dari pembangunan kota baru dengan tata ruang yang baik dan indah. Sistem pemerintahan yang tertib dan aman (adanya hukum dan peraturan). Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Strata Sosial yang kompleks dan bermacamnya perkerjaan (keahlian) masyarakat. Sehingga tercipta yang namanya Negara maju dan berkeadaban.

Timbulnya kesadaran generasi bangsa kita sepenuhnya didukung dengan nilai-nilai sejarah peradaban bangsa ini. Maka dari itu sudah seharusnya pemerintah mulai memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga budaya bangsa. Budaya bangsa kita hari ini tidak akan berubah selama generasi mudanya masih tetap menjunjung tinggi nilai-nilai yang selama ini dijaga oleh leluhur kita. Sementara peradaban yang dimiliki akan terus mengalami perubahan sesuai jamannya, karena setiap masyarakat memiliki peradabannya sendiri ditandai dengan kehidupan yang nyaman memiliki wujud moral, norma, etika, dan estetik yang baik.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Photografer, Aktivis dan Penulis

Menyebar Informasi atau Kampanye Pribadi

Budaya dan Peradaban Kita

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ucapan Selamat Hari Kesaktian Pancasila dari Rupbasan Palembang

Image

Pendekatan Matematika dalam Mitigasi Bencana

Image

SOLUSI EKONOMI DAN KEUANGAN ISLAM SAAT SAAT PANDEMI COVID 19

Image

Dosen Pascasarjana Uhamka Berhasil Terpilih dalam Program DRIVEN 2022 BRIN dari 374 Proposal

Image

MASINDO Ajak Seluruh Stakeholder Gaungkan Budaya Sadar Risiko

Image

Pegawai Bapas Semarang Antusias Menjaga Kebersihan Kantor

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image