Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Garaside

Eling Lan Waspada Sebuah Filosofi Kebaikan

Gaya Hidup | Thursday, 02 Dec 2021, 14:09 WIB
ilustrasi - posbekasi,com

Saat ini rakyat Indonesia sedang gencar gencarnya disosialisasikan slogan Revolusi Mental yg di keluarkan resmi oleh pemerintahan yg sudah terpilih&sedang berlangsung.Saya sangat setuju dengan apa yg sebelumnya telah diutarakan oleh om Sting pada tulisannya.Terlepas dari apakah saya pendukung beliau atau bukan(panastak/panasbung atau panascing skalipun. tetapi saya setuju karena kita memang memerlukan suatu revolusi mental ke arah kehidupan yg lebih mulia.

Setidaknya dimulai dari diri sendiri.Karena setelah puluhan tahun merasakan hidup saya mulai memahami banyaknya pelanggaran norma-norma, konspirasi, permainan, kecurangan, ketidakadilan dalam berbagai hal/hukum baik di kehidupan bermasyarakat maupun birokrasi pemerintahan.

Suatu pelanggaran/kesalahan tapi jika dilakukan secara kolektif bisa menjadi benar. jadi seperti terbolak balik semua, yang seakan sudah biasa & lumrah.Walaupun salah,tapi seperti dianggap wajar kalau ada yg bilang. "Saiki jamane jaman edan..nek ora melu edan ora keduman" (sekarang zamannya zaman gila kalau ngga ikutan gila ngga kebagian) & saya langsung ingat dengan apa yg pernah dinasehatkan oleh mama saya (yang kebetulan orang jawa) dulu waktu saya masih sekolah. "Sa beja2ne wong edan isih beja wong sing eling lan waspada" (seuntung2nya orang gila msh lebih untung orang yg ingat/sadar dan waspada).

Sering kali dalam kehidupan idealisme tidak selalu sejalan dengan realita yg ada dan yg benar belum tentu jg bisa menang..disini saya mencoba memberikan sedikit penafsiran mengenai (mungkin saya sebut sebagai filosofi kebaikan)"Eling lan Waspada" yg jg menjadi wejangan para leluhur dari tanah jawa yg sebenarnya tersirat banyak makna. Mohon maaf jika ada yg tidak berkenan..

Eling (Ingat/Sadar)

Selalu ingat & menyadari dengan sepenuh hati bahwa kita semua adalah ciptaan Allah SWT yg senantiasa dimanapun & kapanpun kita selalu berada dalam pengawasanNya yg seadil-adilnya. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita harus selalu berserah diri & sadar bahwasanya manusia memiliki kewajiban ataupun perintah dariNya yg harus selalu dilaksanakan&menjauhi semua laranganNya yg tentunya dilandasi oleh suatu keikhlasan yg tulus&harus selalu bersyukur dengan apapun yg kita miliki.

Waspada

Selalu waspada akan segala ucapan yg diucapkan serta tingkah laku yg dilakukan baik hubungan antara manusia dengan Allah SWT ataupun antara manusia dengan manusia/mahluk hidup lainnya begitu juga dengan alam semesta. Selalu berfikir positif, saling menghargai, menghormati & menjaga keharmonisan sesama ciptaan Allah SWT (dengan tanpa berniat menyekutukanNya sedikitpun) merupakan kunci membina hubungan baik antar sesama,apalagi manusia sebagai mahluk sosial yg saling membutuhkan. Karena semua perbuatan baik maupun buruk yg telah diperbuat cepat atau lambat akan kembali lagi ke diri sendiri&akan diminta pertanggungjawabannya diakhirat nanti.

Kurang lebih itulah pandangan singkat saya mengenai filosofi kebaikan "Eling lan Waspada". Mudah bagi saya untuk sekedar mengucapkan&menuliskan tp sangat tidak mudah bagi saya untuk menjalankannya dengan sungguh-sungguh.

Semoga kita semua selalu diberikan ridho,kekuatan serta kemudahan&dilindungi dari segala marabahaya juga dari godaan syaitan yg terkutuk oleh Allah SWT dalam menjalani setiap langkah kehidupan dimana saja kita berada. Aamiin

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image