Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rutan Banyumas

Peduli Kesehatan WBP, Rutan Banyumas Lakukan Sosialisasi HIV/AIDS dan Skrining IMS

Olahraga | Thursday, 22 Sep 2022, 08:03 WIB

Sebagai bentuk kepedulian dan penuhi hak kesehatan warga binaan, Rutan Banyumas bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Puskesmas Banyumas dan LSM Kalandara Purwokerto selenggarakan sosialisasi HIV/AIDS dan Skrining IMS. Rabu (21/09/2022).

Bertempat diaula pembinaan Rutan Banyumas, membuka acara Kasubsi Pelayanan Tahanan dalam sambutannya menyampaikan kepada warga binaan untuk tetap optimis dan semangat menjalani pembinaan. Kemudian dalam sambutannya tersebut menyampaikan tujuan dari kegiatan pemeriksaan untuk memastikan kesehatan WBP dan mencegah terjadinya penyebaran HIV/AIDS.

"Jangan takut, kita melakukan pemeriksaan tujuannya baik, untuk memastikan kesehatan kalian dan memberikan pemahaman mengenai HIV/AIDS" ungkap Kasubsi Pelayanan Tahanan, Cakra Citra Sari.

Sebelum melakukan pemeriksaan terhadap warga binaan, pihak Puskesmas memberikan penyuluhan terlebih dahulu mengenai informasi seputar HIV/AIDS serta pemahaman dalam pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagi penderita HIV/AIDS.

Setelah dilakukan penyuluhan dari Puskesmas, satu persatu warga binaan menjalani skrining dari dokter kemudian dilakukan pengambilan sampel darah oleh petugas Puskesmas Banyumas.

Disela kegiatan pemeriksaan juga diisi materi oleh bapak Daniel dari LSM Kalandara. beliau menyampaikan terkait faktor seseorang beresiko terkena HIV/AIDS, upaya pencegahan dari hal tersebut, serta memberikan pesan untuk melakukan gaya hidup sehat.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini, para warga binaan selalu menggunakan gaya hidup yang sehat sehingga dapat terhindar dari bahaya HIV/AIDS,” pesannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image