Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ary Gunawan

Sumarto, Peraih Anugerah Pendidikan Indonesia dari Bumi Handayani

Eduaksi | Thursday, 22 Sep 2022, 03:40 WIB
Sumarto, Menerima Anugerah Pendidikan Indonesia (API) 2022

Dalam gelaran Global Educational Supplies & Solutions (GESS) Asia yang diselenggarakan di Jakarta Convention Centre, 15 September 2022 yang lalu, Sumarto, S.Pd., M.M., Panewu Anom Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, menjadi salah satu penerima Anugerah Pendidikan Indonesia (API) Tahun 2022 dari Ikatan Guru Indonesia (IGI). Sumarto merupakan salah satu tokoh pendidikan yang berdedikasi di Gunungkidul dan sangat familiar di kalangan pendidik maupun organisasi profesi.

Kiprah Sumarto dalam bidang pendidikan tidak diragukan lagi. Peraih 2 penghargaan Anugerah Ki Hajar ini, tidak lelah berkontribusi untuk kemajuan pendidikan. Berbagai aplikasi pendidikan sudah dikembangkan untuk akselerasi pendidikan di Gunungkidul. Salah satu yang tidak dapat dilupakan adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pertama sejak tahun 2018 serta kerjasama Google Apps for Education (GAfE) pertama di DIY yang dilaksanakan di Kabupaten Gunungkidul, jauh sebelum akselerasi pendidikan selama pandemi Covid-19.

Program Google Voice Recognition pendidikan jarak jauh yang turut dikembangkan Sumarto ternyata dipakai dan kemarin sebagai prototype nasional. "Sampai saat ini kami terus akan mengembangkan terkait dengan layanan pendidikan yang ada di Kabupaten kami sehingga layanan pendidikan ini dapat dinikmati masyarakat serta memberikan kemudahan dan juga berbiaya ringan." Demikian disampaikan Sumarto.

Meskipun saat ini Sumarto sudah tidak terjun langsung di bidang pendidikan secara birokratis, namun dalam kapasistasnya sebagai Panewu Anom Kecamatan Ponjong tetap berusaha ikut ambil bagian dalam peningkatan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan aktif berkontribusi dalam peningkatan kompetensi guru melalui berbagai kegiatan daring maupun luring yang dilakukan organisasi profesi, salah satunya Ikatan Guru Indonesia Wilayah DIY.

API 2022 ini diberikan kepada tokoh-tokoh yang dipandang memiliki dedikasi, kontribusi dan kepedulian terhadap pendidikan dan peningkatan kompetensi guru. Selain Sumarto, tokoh yang mendapatkan API 2022 adalah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan beberapa pimpinan daerah lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image