Sumarto, Peraih Anugerah Pendidikan Indonesia dari Bumi Handayani

Image
Ary Gunawan
Eduaksi | Thursday, 22 Sep 2022, 03:40 WIB
Sumarto, Menerima Anugerah Pendidikan Indonesia (API) 2022

Dalam gelaran Global Educational Supplies & Solutions (GESS) Asia yang diselenggarakan di Jakarta Convention Centre, 15 September 2022 yang lalu, Sumarto, S.Pd., M.M., Panewu Anom Kecamatan Ponjong, Gunungkidul, menjadi salah satu penerima Anugerah Pendidikan Indonesia (API) Tahun 2022 dari Ikatan Guru Indonesia (IGI). Sumarto merupakan salah satu tokoh pendidikan yang berdedikasi di Gunungkidul dan sangat familiar di kalangan pendidik maupun organisasi profesi.

Kiprah Sumarto dalam bidang pendidikan tidak diragukan lagi. Peraih 2 penghargaan Anugerah Ki Hajar ini, tidak lelah berkontribusi untuk kemajuan pendidikan. Berbagai aplikasi pendidikan sudah dikembangkan untuk akselerasi pendidikan di Gunungkidul. Salah satu yang tidak dapat dilupakan adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pertama sejak tahun 2018 serta kerjasama Google Apps for Education (GAfE) pertama di DIY yang dilaksanakan di Kabupaten Gunungkidul, jauh sebelum akselerasi pendidikan selama pandemi Covid-19.

Program Google Voice Recognition pendidikan jarak jauh yang turut dikembangkan Sumarto ternyata dipakai dan kemarin sebagai prototype nasional. "Sampai saat ini kami terus akan mengembangkan terkait dengan layanan pendidikan yang ada di Kabupaten kami sehingga layanan pendidikan ini dapat dinikmati masyarakat serta memberikan kemudahan dan juga berbiaya ringan." Demikian disampaikan Sumarto.

Meskipun saat ini Sumarto sudah tidak terjun langsung di bidang pendidikan secara birokratis, namun dalam kapasistasnya sebagai Panewu Anom Kecamatan Ponjong tetap berusaha ikut ambil bagian dalam peningkatan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan aktif berkontribusi dalam peningkatan kompetensi guru melalui berbagai kegiatan daring maupun luring yang dilakukan organisasi profesi, salah satunya Ikatan Guru Indonesia Wilayah DIY.

API 2022 ini diberikan kepada tokoh-tokoh yang dipandang memiliki dedikasi, kontribusi dan kepedulian terhadap pendidikan dan peningkatan kompetensi guru. Selain Sumarto, tokoh yang mendapatkan API 2022 adalah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan beberapa pimpinan daerah lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Guru IPA SMP Muhammadiyah 3 Depok

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Link Download GB WhatsApp Versi Terbaru September 2022 Termudah dan Tercepat!

Image

20 Nama FF Keren Tanpa Simbol, Buat Cowok dan Cewek Beserta Artinya Terbaru 2022

Image

6 Orang WBP Lapas Perempuan Palembang Kanwil Sumsel Terima Asimilasi Dirumah

Image

Lapas Brebes Ikuti Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2022

Image

Ucapan Selamat Hari Kesaktian Pancasila dari Rupbasan Palembang

Image

Pendekatan Matematika dalam Mitigasi Bencana

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image