10 Cara Bagaimana Mempertahankan Tubuh yang Sehat Agar tidak Mudah Menginfeksi Penyakit

Image
Rizal Satriawan
Gaya Hidup | Monday, 19 Sep 2022, 10:58 WIB

Meskipun banyak yang setuju bahwa kesehatan adalah hadiah yang paling berharga, pada kenyataannya, kita sering hanya menyadari jika dia sudah sakit. Bahkan, ada banyak cara untuk mempertahankan tubuh yang sehat yang dapat dilakukan untuk menghindari beberapa risiko penyakit.

Tetapi perlu diingat terlebih dahulu, mengeksekusi budaya hidup yang sehat tidak harus mahal dan tidak selalu sulit. Untuk memahami bagaimana menjaga kesehatan tubuh yang lebih besar, pertimbangkan diskusi secara langsung dalam artikel di bawah ini.

10 Cara untuk menjaga kesehatan tubuh

Bahkan, bagaimana mempertahankan tubuh yang sehat dapat dimulai dari hal -hal kecil yang terkait erat dengan aktivitas sehari -hari. Beberapa dari mereka adalah

1. Mimpi yang Cukup

Kegiatan sehari -hari yang padat sering membuat banyak orang merasa mereka harus tetap terjaga di malam hari. Ini tentu akan membuat durasi tidur berkurang. Bahkan, ada banyak efek untuk tetap terjaga dan konsekuensi negatif bagi kesehatan Anda.

Kurang tidur dapat mengganggu pola sirkadian untuk mengganggu konsentrasi dan produktivitas harian. Sementara dalam jangka panjang, kurang tidur dapat memicu risiko beberapa masalah kesehatan. Karena itu, segera perbaiki waktu tidur Anda dan cukup istirahat selama 7 hingga 9 jam per hari.

2. Tetap bersih

Memperhatikan kebersihan pribadi dan lingkungan sekitarnya seringkali merupakan cara untuk mempertahankan pembersihan tubuh yang dilewatkan. Mulailah dengan hal -hal kecil seperti mandi setiap hari dan tutup mulut dan hidung Anda dengan kain bersin. Mudah, kan?

3. Konsumsi sayuran dan buah -buahan

Sayuran dan buah -buahan adalah dua jenis makanan dengan serat prebiotik, mineral, vitamin dan beberapa antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi sayuran adalah risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Selain itu, para ahli juga menyarankan bahwa setengah dari kandungan hidangan mereka penuh dengan sayuran dan buah -buahan.

4. Pertahankan berat badan yang ideal

Memiliki kelebihan berat badan atau di bawah standar ideal dianggap seseorang untuk lebih rentan mengalami masalah kesehatan. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda ideal atau tidak, cobalah untuk memverifikasi BMI secara teratur.

Karena, seseorang dengan indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 30 berisiko mengalami beberapa gangguan sistemik.

5. Pergi untuk mencuci tangan

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan yang tidak kalah penting adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun bawah air. Kami tidak pernah tahu berapa banyak kuman objek yang kami sentuh dan kami memiliki potensi untuk memasuki tubuh.

Akibatnya, risiko penularan penyakit meningkat. Dia disarankan untuk mencuci tangannya sebelum makan, setelah bersin atau batuk, dan juga setelah menggunakan toilet. Cuci tangan Anda dengan baik selama sekitar 20 detik.

6. Hindari Junk Food

Kegembiraan junk food membuat banyak orang merasa tergoda untuk mengkonsumsinya secara berlebihan tanpa menyadarinya. Meskipun secara umum, junk food mengandung banyak lemak buruk dan tidak mengandung banyak serat dan protein. Jadi lebih baik, hanya konsumsi!

7. Latihan rutin

Mempertahankan tubuh yang aktif dengan olahraga teratur adalah cara untuk mempertahankan tubuh yang sehat yang tidak boleh hilang. Tubuh tidak hanya menyesuaikan, latihan fisik juga akan menghindari beberapa masalah kesehatan.

Hanya membutuhkan waktu minimal 15 menit sehari, Anda dapat mulai berolahraga secara teratur, bersepeda, berenang atau berlari di pagi hari.

8. Lindungi kulit dari sengatan sinar matahari

Indonesia merupakan negara dengan paparan matahari yang bersinar sepanjang tahun. Para ahli menyarankan Anda untuk menggunakan tabir surya guna melindungi kulit dengan lebih efektif. Kenakan juga pakaian berlengan panjang saat harus beraktivitas di luar ruangan.

Hal ini penting mengingat sinar matahari dapat meningkatkan risiko penuaan dini dan berbagai masalah kesehatan pada kulit.

9. Konsumsi multivitamin dan zat besi

Agar tetap fit dalam beraktivitas sehari-hari, Anda bisa mengkonsumsi multivitamin dan zat besi yang mampu menguatkan sistem daya tahan tubuh. Itu karena, zat besi berperan penting untuk meningkatkan kadar hemoglobin ke dalam sel, jaringan, dan organ yang efektif dalam membantu proses penyembuhan luka tubuh.

Perlu diketahui, hemoglobin adalah protein di dalam sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Suplai oksigen yang kuat akan mencegah degenerasi dan kerusakan sel akibat iskemia jaringan.

10. Hindari rokok dan alkohol

Bukan hanya sekedar merusak paru-paru, rokok juga memicu berbagai gangguan di organ tubuh lainnya. Sedangkan alkohol sendiri, bila dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan kemungkinan seseorang terserang infeksi bakteri dan virus.

Kunjungi juga : www.kampungdrakor.my.id

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

DOWNLOAD DRAMA KOREA, FILM DAN VARIETY SHOW SUBTITLE INDONESIA.https://www.kampungdrakor.my.id/

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Link Download GB WhatsApp Versi Terbaru September 2022 Termudah dan Tercepat!

Image

20 Nama FF Keren Tanpa Simbol, Buat Cowok dan Cewek Beserta Artinya Terbaru 2022

Image

6 Orang WBP Lapas Perempuan Palembang Kanwil Sumsel Terima Asimilasi Dirumah

Image

Lapas Brebes Ikuti Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2022

Image

Ucapan Selamat Hari Kesaktian Pancasila dari Rupbasan Palembang

Image

Pendekatan Matematika dalam Mitigasi Bencana

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image