Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Akun Youtube

Penjajagan bangsa eropa

Sejarah | Sunday, 18 Sep 2022, 13:09 WIB

Dampak penjajahan bagi masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan adalah didirikannya sekolah-sekolah.

Eropa pertama kalinya mendirikan sekolah untuk mengajarkan ajaran agama Katolik bagi para pribumi dari daerah Timur, seperti Maluku.

Kemudian setelah kebijakan Politik Etis diterapkan, pendidikan semakin dianggap penting karena berguna untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di sektor-sektor swasta dan pemerintahan.

Hal ini lantas juga memberikan dampak yang sangat baik bagi rakyat Indonesia. Mereka mulai mengenyam sistem pendidikan Barat, mendapat ilmu pengetahuan baru, mampu membaca, menulis, dan menghitung.

Beberapa sekolah yang didirikan, seperti STOVIA, THS, dan banyak lainnya.

Selain itu, dampak positif kolonialisme di bidang pendidikan adalah munculnya golongan elite cendikiawan di Indonesia.

Sosial

Dalam bidang sosial, dampak penjajahan bangsa Eropa adalah runtuhnya kekuasaan feodal di Nusantara.

Kedudukan para raja dan keluarga istana mengalami perubahan, di mana mereka harus berubah menjadi aparat atau pegawai yang bekerja untuk membantu pemerintah Belanda.

Turun kelasnya kedudukan para raja membuat kehidupan masyarakat Indonesia juga berubah.

Rakyat tidak lagi harus khawatir, cemas, tidak percaya diri, dan terbelakang, karena tidak mendapat pengakuan dan perlakukan baik yang disebabkan oleh adanya pembagian kelas.

Budaya

Dampak dalam bidang budaya dapat dilihat dari berubahnya cara pergaulan, gaya hidup, bahasa, dan cara berpakaian sebagian besar rakyat Indonesia.

Selain itu, dapat terlihat juga dari berkembangan ajaran Kristen di Indonesia. Rakyat pun mengetahui perkembangan kesenian yang ada di Eropa, seperti musik dan dansa.

Pengaruh budaya Eropa di Indonesia juga tercermin dalam banyaknya bangunan bergaya kolonial yang tersebar di Nusantara.

Munculnya kebudayaan Indische (Indis) juga merupakan hasil akulturasi budaya Indonesia dan Eropa

Selain dampak buruk, dampak positif yang dirasakan rakyat dalam bidang ekonomi akibat penjajahan kolonial adalah dikenalkannya mata uang oleh Raffles ketika menjalankan kebijakan Sewa Tanah.

Kemudian, rakyat Indonesia juga dikenalkan dengan uang kertas dan logam, yang kemudian mendorong munculnya bank modern di Hindia Belanda, seperti De Javasche Bank (DJB) yang berdiri di Batavia pada 1828.

Selain itu, dampak positif yang dirasakan rakyat dalam bidang ekonomi akibat penjajahan kolonial adalah dibangunnya Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image