Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Tips Merintis Usaha Donat ala Donat Bosque

UMKM | Saturday, 17 Sep 2022, 10:43 WIB
Oulet Donat Bosque Milik Muhammad Izar (Dokumentasi Pribadi)

Salah satu usaha bisnis di bidang kuliner yang sejak dahulu paling ngetrend adalah pembuatan donat. Produk ini dikenal sebagai cemilan lezat dan sering kali menggugah selera orang-orang sebagai pengganjal perut atau teman minum kopi.

Memulai bisnis donat diperlukan langkah-langkah sederhana agar cepat berkembang. Hal ini dikarenakan banyaknya persaingan bisnis di sektor ini. Tetapi jangan kuatir, dengan modal keuletan dan kreativitas, Anda pasti bisa memaksimalkan bisnis ini.

Menurut pemilik usaha donat yang diberi label Donat Bosque di Pidie Jaya, Muhammad Izar (23 Tahun), membangun sebuah usaha rumahan merupakan cita-cita yang ingin diwujudkan. Remaja lulusan SMAN 1 Meureudu itu pun mencoba menciptakan produk donat.

Izar bersama Ibunya kemudian memulai dari awal merintis usaha tersebut dengan pengetahuan yang sangat minim. Namun karena ada kemauan keras dan melihat peluang pasar yang cukup menjanjikan, akhirnya mereka belajar secara otodidak.

Melalui berbagai tutorial cara membuat donat yang enak dan lezat pun dibacanya. Bahkan tak jarang dengan menonton video-video di YouTube atau media sosial lainnya.

Berkat kesungguhan itulah, hari ini Izar telah mampu memproduksi ratusan donat setiap harinya dengan inovasi varian rasa dan aneka topping.

Izar juga mengatakan bila usaha donat miliknya saat ini sudah memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha), SPP PIRT, dan telah mengajukan Sertifikasi Halal ke BPJPH pada program SEHATI 22 skema Self Declare.

Dirinya pun sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu usahanya terutama Dinas Kesehatan (Dinkes) Pidie Jaya yang telah membimbing dan mendampingi dalam menciptakan produk pangan yang aman dan sehat dikonsumsi.

Dikutip dari detiknews berikut Tips menjalankan usaha Donat Rumahan. Menurut Izar ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis ini, di antaranya:

Temukan Resep Donat Buatan Sendiri yang Lezat

Saat menjelajahi internet, kamu akan mendapatkan berbagai macam resep donat lezat. Cari resep donat yang enak untuk dibuat. Hal ini akan sangat mempengaruhi rasa dari kue yang akan dijual. Cita rasa juga akan mempengaruhi usaha rumahan donat yang sedang dirintis.

Semakin enak rasanya, semakin banyak pelanggan yang didapat. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat donat dengan rasa yang enak dan berbeda dari yang lain. Jangan takut untuk berkreasi menciptakan donat yang lebih unik lagi.

Menyiapkan Modal untuk Alat dan Bahan

Cara memulai bisnis donat rumahan adalah dengan menyiapkan modal untuk membeli segala alat dan bahan yang diperlukan. Dalam memulai bisnis donat rumahan ini, pebisnis harus menyiapkan anggaran untuk membeli berbagai macam perlengkapan. Misalnya, mixer dan berbagai bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kue lezat ini.

Jika Anda tidak mampu membeli mixer, maka itu bukan masalah besar. Donat bisa dibuat dengan cara diuleni dengan tangan hingga benar-benar halus. Namun, adanya mixer tentu akan lebih membantu dan juga lebih efisien.

Membuat Aneka Topping Donat

Sebelum memulai bisnis donat, jangan lupa untuk menyediakan berbagai topping untuk penyajian kue. Ada banyak jenis topping yang bisa dipilih. Sebagai permulaan, bisa mencoba menggunakan topping coklat, keju, dan meses terlebih dahulu.

Setelah usaha berkembang, cobalah untuk menambahkan berbagai topping dan filling agar terlihat lebih menarik. Tujuannya untuk menarik lebih banyak konsumen membeli roti ini.

Beri Nama Produk

Nama produk yang lengkap dengan logo merupakan salah satu hal yang penting. Dengan menggunakan nama, bisnis akan lebih dikenal dan lebih bisa berkembang.

Setelah menemukan nama, buat logo untuk keperluan label atau branding. Label dapat ditempelkan pada setiap kemasan donat. Dengan begitu, masyarakat akan lebih mengenal dan mengingat produk tersebut.

Kamu juga dapat menambahkan nomor telepon ke label. Bagi yang ingin memesan dalam jumlah banyak bisa langsung menghubungi nomor telepon. Ini adalah strategi bisnis yang cukup efektif. Oh iya, jangan lupa berkreasi dengan kemasan donat yang menarik.

Maksimalkan dalam Promosi dan Penjualan

Cara membuka usaha donat rumahan untuk pemula adalah dengan memaksimalkan penjualan. Lakukan penjualan secara maksimal dengan memanfaatkan berbagai macam media sosial.

Kamu juga bisa memasarkan produk donat dari mulut ke mulut. Hal ini dapat dilakukan dengan meminta bantuan orang terdekat untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk bisnis donat yang sedang dijalankan. Jika rajin berpromosi, dijamin donat akan terkenal dan berusaha berkembang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image