Telkom dan LPH Hidayatullah Bersepakat Uji Coba Penerapan Blockchain Sertifikasi Industri Halal

News  
Penandatanganan kesepakatan uji coba penerapan blockchain sertifikasi industri halal antara Telkom dan LPH Hidayatullah.

JAKARTA --- PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) dan Lembaga Pemeriksa Halal Hidayatullah (LPH Hidayatullah) resmi menjalin kerjasama dalam upaya pemanfaatan teknologi digital secara lebih maksimal. Hal ini dimulai dengan pemanfaatan Teknologi Blockchain yang diinisiasi oleh PT. Telkom Indonesia, tbk. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan di The Telkom Hub Jl. Gatot Subroto No. 52 Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (12/09).

Terjalinnya kerjasama ini bertujuan eksplorasi dan proof of concept teknologi blockchain pada proses sertifikasi industri halal untuk profesi pelaksana sertifikasi, produk, dan entitas usaha. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ery Punta Hendraswara sebagai Deputy EVP Digital Tech & Platform - Divisi Digital Business & Technology PT. Telkom Indonesia, dan Muhammad Faisal sebagai Ketua Lembaga Pemeriksa Halal Hidayatullah (LPH Hidayatullah).

Acara ini juga dihadiri dan disaksikan oleh Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Organisasi DPP Hidayatullah sekaligus pembina LPH Hidayatullah, Asih Subagyo, dan Direktur Hidayatullah Institute, Muzakkir.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebagai perusahaan berplat merah yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi dan informasi (TIK), Telkom tentu tidak mau tertinggal dalam pengembangan teknologi blockchain. Melalui divisi Digital Business and Technology dengan payung Leap-Telkom Digital, Telkom tengah mengembangkan teknologi blockchain yang bisa dijadikan sarana untuk penyimpanan data yang lebih tersusun dan tercipta keabsahan sertifikat untuk produk sertifikasi profesi, penelitian, industri halal, dan tata kelola lembaga yang dikelola oleh Lembaga Pemeriksa Halal Hidayatullah (LPH Hidayatullah).

Hingga saat ini, tidak sedikit perusahaan-perusahaan di Indonesia dan negara-negara di dunia yang terus mengembangkan teknologi blockchain sebagai garda terdepan untuk mengelola data. Seiring perjalanannya di era digital, teknologi blockchain digadang sebagai teknologi yang memiliki karakteristik transparan dan desentralisasi dari setiap pencatatan transaksi data. Sehingga setiap data yang ada di blockchain terdestribusikan ke semua orang di jaringan dan informasi yang disimpan dalam blockchain, tidak bisa diubah dan dihapus.

Agar masyarakat di tanah air bisa menikmati pengalaman pemanfaatan teknologi blockchain, Telkom turut membangun dan membantu masyarakat untuk bisa memiliki data yang aman serta transparan, seiring dengan perkembangan industri digital di Indonesia yang tumbuh sangat cepat. Kehadiran teknologi blokchain yang dikembangkan oleh Telkom diharapkan dapat berkontribusi untuk memastikan nilai-nilai dari teknologi digital, sehingga bisa memberikan manfaat ke banyak pihak terutama mereka yang bergerak di perusahaan dan lain sebagainya.

Lembaga Pemeriksa Halal Hidayatullah (LPH Hidayatullah) merupakan perkumpulan yang memiliki lembaga pemeriksa halal yang pada tujuan pembentukannya adalah menjadi pelopor halal food dengan cara mengedukasi masyarakat lebih memperhatikan soal kehalalan makanan yang dikonsumsi setiap hari serta membantu Pemerintah untuk memberikan perlindungan dan jaminan tentang kehalalan produk yang dikonsumsi dan digunakan masyarakat.

Nantinya, berkat penggunaan teknologi blockchain yang disediakan oleh Telkom, LPH Hidayatullah bisa semakin mengeksplorasi dan memaksimalkan potensi dalam memudahkan pelaku usaha mengurus proses sertifikasi halal dan mengecek keabsahan sertifikasi tersebut.

Kerja sama antara Telkom dan LPH Hidayatullah di antaranya meliputi Costumer Experience Exploration berupa sertifikasi profesi, penelitian, industri halal, dan tata kelola lembaga. Kedua melakukan eksplorasi kerja sama dalam pengembangan literasi dan menjadikan harta benda wakaf lebih produktif.

Ketiga melakukan Proof of Concept pada pengembangan penggunaan teknologi blockchain yang diterapkan pada sertifikasi profesi, industri halal, tata kelola lembaga. Serta dapat memudahkan seluruh konsumen untuk mengetahui rekam jejak sertifikat halal suatu produk/jasa dan memudahkan LPH Hidayatullah dalam memonitor kinerja dan rekam jejak para pendamping proses produk halal dan auditor halal.

Leap-Telkom Digital merupakan umbrella brand produk dan layanan digital Telkom termasuk teknologi blockchain, untuk mendongkrak kemapanan digitalisasi data pada masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di tanah air demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. ***

Penulis: Ibnu M Hawab

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jaga Iman dengan Berbagi Renungan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image