Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kompinesia

Cara Memperbaiki Software Laptop Dan HP yang Error

How To | 2022-09-10 13:51:50

Untuk mengetahui tata cara memperbaiki software yang rusak di perangkat digital seperti PC maupun laptop sangat dibutuhkan di era teknologi seperti saat ini akan sangat berguna Jika dikembangkan dan ditekuni secara lebih serius.

Kemampuan dalam cara memperbaiki software laptop tersebut bisa digunakan sebagai bekal untuk membuka jasa servis pribadi dirumah. Meski demikian, memperbaiki perangkat lunak memang tidak mudah dilakukan karena diharuskan memiliki pengetahuan mendalam soal komputer dan seluk beluknya.

Tips Cara Memperbaiki Software Laptop Dan HP yang Baik

Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah tips bagaimana caranya agar memiliki kemampuan dan pengetahuan tersebut secara teknis. Kemampuan teknis seperti melakukan perbaikan pada komponen software maupun hardware bisa diperoleh dengan berbagai cara.

Pengetahuan tersebut nantinya akan lebih bermanfaat jika diterapkan pada studi kasus yang nyata. Melalui berbagai cara seperti keterangan yang ada di bawah berikut ini.

1. Mencari tutorial di internet

Tutorial tentang bagaimana cara memperbaiki komputer yang bermasalah. Jadi bisa ditemukan dengan mudah di internet dalam berbagai bentuk.

Mulai artikel di situs web, hingga video praktik secara langsung lewat YouTube. Semua sumber tersebut bisa menjadi rujukan untuk meningkatkan skill.

2. Mengikuti kursus di lembaga-lembaga resmi

Jika pengetahuan secara teknis dirasa masih kurang, cara berikutnya adalah dengan mengikuti kursus perbaikan komputer mandiri. Biasanya akan diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu.

Artikel Rekomendasi Editor: Cara Menghapus File Lainnya Di HP Xiaomi

Pengetahuan dari tempat kursus bisa dikombinasikan dengan tutorial di internet. Bahkan, pengalaman pribadi secara langsung di lapangan.

3. Rajin meningkatkan kemampuan

Inilah salah satu aspek penting jika ingin meningkatkan skill untuk memperbaiki kerusakan pada komputer. Sikap rajin memperbaharui pengetahuan terhadap perkembangan teknologi terkini.

Suatu hari Anda akan memudahkan kita dalam memahami sekaligus menyelesaikan berbagai problem tersebut. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Menganalisa Penyebab Kerusakan Menggunakan Tools

Cara memperbaiki software pada tahap awal bisa dilakukan lewat analisa menggunakan alat khusus. Salah satu tools yang direkomendasikan adalah WhatIsHang.

Hal ini karena memiliki kemampuan seperti menampilkan data memory, register prosesor, analisa sistem, hingga daftar string dan file milik software. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis secara lebih mendalam hingga mengetahui akar dari penyebab rusaknya software pada komputer.

Setelah masalah berupa kerusakan ditemukan, baru menerapkan langkah-langkah perbaikan sesuai prosedur. Hal ini agar tidak membahayakan kinerja dari sistem operasi.

1. Rajin Melakukan Perawatan Terhadap Komputer

Cara memperbaiki software laptop lainnya adalah dengan cara melakukan pengecekan secara berkala terhadap keseluruhan sistem. Terutama software yang terpasang dan aktif berjalan di belakang layar maupun tidak.

Jika menemukan sebuah program dengan perilaku tidak wajar, segera analisa secara lebih mendalam. Namun ternyata disebabkan oleh software yang sering crash atau hang. Solusinya adalah dengan menggunakan alat khusus bernama AppCrashView. Hal ini bisa melakukan pemindaian secara otomatis. Alat tersebut nantinya akan menampilkan proses ‘crash’ apa saja yang terjadi di dalam komputer

2. Hapus Program-program yang Tidak Diperlukan

Cara memperbaiki software laptop juga bisa dengan cara menghapus software atau program yang ada di komputer. Langkah ini bisa dibilang merupakan solusi terakhir yang kami dapatkan dari kitahebat jika masalah kerusakan pada software tidak kunjung diselesaikan.

Agar berjalan efektif, proses ini bisa menggunakan tools Iobit Uninstaller. Proses penghapusan pada software ini diperlukan agar tidak berpengaruh pada sistem yang menjalankan sistem operasi dan program-program lainnya.

Oleh karena itu, penggunaan Iobit Uninstaller diperlukan. Hal ini karena mampu menghapus sebuah program secara tuntas mulai dari file utama hingga registry-nya.

3. Memiliki Pengetahuan Teknis

Memiliki pengetahuan teknis secara dasar untuk mengatasi masalah pada perangkat digital memang sangat diperlukan. Hal ini dilakukan agar tidak terlalu bergantung pada jasa service elektronik.

Seperti menguasai cara memperbaiki software laptop misalnya. Selain bisa ditangani secara langsung, juga lebih hemat dari segi biaya.

Itu saja beberapa informasi terkait cara memperbaiki software di atas. Semoga apa yang sudah dijelaskan bisa memberikan kemudahan dan menambah wawasan bagi Anda semuanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image