Investasi Saham Syariah

Image
Irvan Bari
Lomba | Tuesday, 30 Nov 2021, 18:50 WIB

SAHAM

Adalah salah satu instrumen investasi yang sedang melejit popularitasnya. Kini siapa saja bisa bermain saham. Berinvestasi saham adalah cara efektif untuk investasi jangka panjang.

Menurut KBBI, saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagi dalam pemilikan dan pengawasan.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, saham adalah surat bukti kepemilikan atau bagian modal suatu perseroan terbatas yang dapat diperjualbelikan, baik di dalam maupun di luar pasar modal yang merupakan klaim atas penghasilan dan aktiva perusahaan; memberikan hak atas dividen sesuai dengan bagian modal disetor seperti yang ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan.

Menurut Bursa Efek Indonesia, saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Salah satu cara pemegang saham memperoleh laba atas investasi mereka adalah dengan menjual saham dengan harga yang lebih tinggi daripada harga yang mereka beli. Jika sebuah perusahaan tidak berkinerja baik, dan nilai sahamnya menurun, pemegang sahamnya dapat kehilangan sebagian atau bahkan seluruh investasinya ketika mereka menjualnya.

KEUNTUNGAN DAN RISIKO MEMILIKI SAHAM

Menurut Bursa Efek Indonesia, beikut merupakan keuntungan kita apabila memiliki saham :

1. Dividen

Merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan yang berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan.

2. Capital Gain

Merupakan selisih antara harga beli dan harga jual. Capital Gain tercipta atas aktivitas perdagangan saham di pasar Sekunder.

Dan, karena setiap instrumen investasi memiliki risiko, termasuk juga saham. Berikut risiko dari Investasi Saham :

1. Capital Loss

Capital Loss adalah kebalikan dari Capital Gain, ini merupakan kondisi dimana investor menjual saham lebih rendah dari harga beli yang mengakibatkan kerugian atas transaksi saham yang dilakukan.

2. Risiko Likuidasi

Perusahaan yang sahamnya dimiliki, dinyatakan bangkrut oleh Pengadilan, atau perusahaan tersebut dibubarkan. Dalam hal ini hak klaim dari pemegang saham mendapat prioritas terakhir setelah seluruh kewajiban perusahaan dapat dilunasi (dari hasil penjualan kekayaan perusahaan). Jika masih terdapat sisa dari hasil penjualan kekayaan perusahaan tersebut, maka sisa tersebut dibagi secara proporsional kepada seluruh pemegang saham.

Namun jika tidak terdapat sisa kekayaan perusahaan, maka pemegang saham tidak akan memperoleh hasil dari likuidasi tersebut. Kondisi ini merupakan risiko yang terberat dari pemegang saham. Untuk itu seorang pemegang saham dituntut untuk secara terus menerus mengikuti perkembangan perusahaan.

SAHAM SYARIAH

Pada dasarnya saham syariah sama saja dengan saham konvensional, namun perbedaanya adalah saham syariah mengharuskan perusahaan penerbit saham harus memiliki prinsip syariah dan kegiatan operasional yang tidak melanggar prinsip syariah.

Keuntungan dari investasi di saham syariah ini akan memberikan keuntungan yang halal, karena otomatis terhindar dari investasi yang dilarang. Adapun manfaat lain dari berinvestasi di saham syariah sebagai berikut :

1. Mengamalkan nilai yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Quran.

2. Menjauhkan diri dari investasi yang besentuhan langsung dengan Riba, Maysir dan Gharar.

3. Menambah jumlah investor syariah di pasar modal Indonesia.

4. Membantu perekonomian negara.

5. Membantu sesama melalui program zakat saham dan wakaf saham.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Investasi Saham Syariah

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Viral Video Kuburan Upin Ipin, Ini Klarifikasi Tim Produksi

Image

Pada Suatu Paragraf

Image

Sebagian Manusia adalah Cobaan Bagi Lainnya

Image

Prediksi Lineup Bhayangkara FC vs Persebaya Liga 1 18 Januari 2021

Image

Viral Video Gus Arya Tantang Allah di Mana? Netizen Geram

Image

Profil Haruna Soemitro : Anggota Exco PSSI yang Kontroversial

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image