8 Fakta Unik tentang Ratu Elizabeth II

Serba Serbi  

Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis, 8 September 2022 di Istana Balmoral, Skotlandia. Banyak orang yang tidak percaya atas kepergian Ratu Inggris yang telah berkuasa sejak tahun 1953 itu. Namun, berpulangnya Ratu Inggris tersebut meninggalkan sejumlah fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui. Berikut pembahasannya.

foto : dok. republika.co.id

1. Menjadi penguasa terlama

Ratu Elizabeth menjadi penguasa terlama kedua dalam urutan raja atau ratu yang paling lama memerintah di dunia. Di urutan pertama, dipegang oleh Raja Louis XIV dari Prancis. Raja Louis XIV memerintah selama 72 tahun. Sementara itu, di Inggris Ratu Elizabeth menjadi urutan pertama sebagai penguasa terlama. Ia berkuasa selama 70 tahun atau tujuh tahun lebih lama dari Ratu Victoria yang berkuasa selama 63 tahun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Suaminya merupakan bangsawan Yunani

Banyak yang menyangka bahwa suami Ratu Elizabeth merupakan orang Inggris. Tapi ternyata tidak. Suaminya lahir di Pulau Corfu, Yunani yang bernama Pangeran Philip dari Yunani dan Denmark. Akan tetapi, Pangeran Philip melepas gelar Kerajaan Yunani dan Denmark sebelum menikahi Ratu Elizabeth dan dinaturalisasi menjadi warganegara Inggris. Ia lantas menggunakan nama keluarga Mountbatten sehingga namanya menjadi Philip Mountbatten.

Sehari sebelum menikah, Philip mendapat gelar His Royal Highness dari calon mertua yaitu Raja George VI yang merupakan ayah dari Ratu Elizabeth. Di hari pernikahannya pada tahun 1947, Philip mendapat gelar Duke of Edinburgh, Earl of Merioneth, dan Baron Greenwich. Pada tahun 1957, Philip secara resmi mendapat gelar pangeran Kerajaan Inggris yang kita kenal sebagi Pangeran Philip.

3. Selalu menggunakan pakaian berwarna cerah

Entah disadari atau tidak, Ratu Elizabeth selalu mengenakan pakaian cerah. Ternyata, hal tersebut ia lakukan agar lebih mudah dikenali oleh masyarakat sekitar saat melakukan kunjungan.

4. Mempunyai nama panggilan Lilibet

Sang ratu yang bernama lahir Elizabeth Alexandra Mary ini, mempunyai nama panggilan yaitu Lilibeth. Saat ini nama Lilibet juga diberikan kepada anak kedua dari pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle yaitu Lilibet Diana Mountbatten-Windsor.

5. Mempunyai anjing kesayangan

Ratu Elizabeth juga merupakan seorang pencinta anjing. Ia memiliki anjing anjing yang selalu mengikutinya, jika tidak sedang bertugas. Anjing tersebut berjenis corgi, anjing mungil berkaki kecil berasal dari Pembrokeshire, Wales.

6. Menjadi ratu saat usia muda

Ratu Elizabeth menjadi ratu saat usia 25 tahun, menggantikan ayahnya Raja George VI yang meninggal pada tahun 1952. Akan tetapi, penobatan dilakukan pada tahun 1953 atau satu tahun lebih setelah ia menjadi ratu.

7. Ratu Elizabeth tidak memiliki SIM

Jika kita harus memiliki SIM untuk mengendarai sebuah kendaraan, hal itu tidak berlaku bagi Ratu Elizabeth. Pasalnya, Ratu Elizabeth tidak mempunyai SIM untuk mengendarai kendaraaannya.

8. Merupakan keturunan Ratu Victoria

Banyak yang tidak mengetahui, ia dan suaminya Pangerang Philip merupakan keturunan Ratu Victoria. Ratu Elizabeth memiliki keturunan dari jalur ayah, sedangkan Pangeran Philip dari jalur ibu. Tetapi, ibu dari Pangeran Philip ini yaitu Putri Alice dari Battenberg menikah dengan seorang bangsawan dari Yunani.

Itulah beberapa fakta singkat tentang Ratu Elizabeth II. Yang semoga bisa menambah wawasan kita. (Lutfie Fahrizal Rizky)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image