Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image imam mahmud

4 Tips Mengingat Pelajaran Saat Ulangan yang Bisa Kalian Lakukan

Eduaksi | Friday, 09 Sep 2022, 13:29 WIB
Cara Menginat Pelajaran Saat Ulangan I Sumber: Pexels.com/Karolina Grabowska

Tak dapat untuk dipungkiri bahwa ketika menjelang ulangan ataupun ujian bagi kebanyakan siswa/i ataupun mahasiswa sekalipun berusaha untuk menghafal mata pelajaran. Baik untuk mata pelajaran dengan mempergunakan rumus penghitungan ataupun menghafal bagi materi pelajaran ilmu sosial.

Disisi lainnya, cara ini sendiri dilakukan sebagai gambaran atas penguasaan materi yang telah di dapatkan sehingga diharapkan nantinya bisa untuk memberikan nilai yang baik, yah syukur-syukur bisa mendapatkan yang terbaik di kelas.

Mengingat Pelajaran Saat Ulangan

Mengingat semua materi pelajaran saat ulangan dan ujian dapat membantu bagi kalian yang ingin memperoleh juara di kelas. Prihal ini dibutuhkan kemampuan dan kemauan yang keras agar nantinya semua yang di targetkan bisa terlaksana.

Cara Mengingat Pelajaran Saat Ulangan

Adapun tips untuk dapat mengingat mata pelajaran saat ulangan yang bisa dilakukan, antara lain;

1. Menghafal dengan Mempergunakan Wewangian

Mengingkat mata pelaran bisa dilakukan dengan menghafal dengan mempergunakan wewanginan, misalnya saja dengan mempergunakan parfum ataupun lainnya. Dalam langkah ini terkesan tidak biasa, meskipun demikian setidaknya ketika akan ujian kita dapat mengingat materinya karena wawangian yang dipergunakan tadi ya.

2. Mengingat dengan Mencatat

Langkah lainnya yang bisa dilakukan dalam menghafal dengan mencatat setidaknya menjadi klasik dan sudah banyak diketahui olah semua siswa. Namun dengan mencatat bagian penting kemudian kita letakan pada tempat-tempat tertentu menjadi cara yang tidak biasa.

Contohnya saja mencatatkan rumus dalam kertas yang ditulis menggunakan spidol berwarna, setelah kita catat itulah setidaknya kita letakan dalam ruangan yang kemungkinan besar bisa kita ingat.

Prihal ini misalnya saja mencatat rumus matematika, fisika, kimia, dan lainnya yang ditelatkan depan pintu, artinya ketika akan masuk kamar dan keluar kamar kamar kita bisa membacanya meskipun tidak sengaja. Proses ini bisa menjadi metode penghafal yang unik karena tidak sengaja.

3. Membaca dengan Suara Keras

Langkah unik lainnya yang bisa dilakukan dengan mengafahal materi pelajaran saat menjelang ulangan bisa dilakukan dengan membaca menggunakan intonasi yang keras. Dimana ketika mempergunakan intonasi tersebut setidaknya bagi sebagian orang bisa dengan mudah untuk menghafal materi pelajaran.

4. Mengulang-Ulang Informasi

Membaca secara berulang-ulang juga bisa membatu kalian dalam menghafal materi pelajaran. Untuk tahapan membaca dengan berulang-ulang ini lakukankan secara kosisten, minimal untuk bagian penting sebanyak 3 ataupun 7 kali.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image