Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

JUMAT BERSERI, Program Unggulan SDN Padamekar Cililin

Guru Menulis | Wednesday, 07 Sep 2022, 20:22 WIB
JUMAT BERSERI di SDN Padamekar Cililin Bandung Barat

Oleh: Tatat Kurniawati, S.Pd

(SDN Padamekar Cililin)

Pendidikan Karakter merupakan usaha sengaja atau sadar untuk mewujudkan kebajikan, yaitu kualitas kemanusian yang baik secara objektif, bukan hanya baik untuk individu perseorangan, tetapi juga baik untuk masyarakat secara keseluruhan.

Dengan demikian, proses pendidikan karakter, ataupun pendidikan akhlak dan karakter bangsa sudah tentu harus dipandang sebagai usaha sadar dan terencana, bukan usaha yang sifatnya terjadi secara kebetulan.

Seperti diketahui, kata dasar dari religius adalah religi yang berasal dari bahasa asing religion sebagai bentuk dari kata benda yang berarti agama atau kepercayaan akan adanya sesuatu kekuatan kodrati di atas manusia.

Kemudian, religius berarti sifat religi yang melekat pada diri seseorang (Thontowi, 2012). Pembentukan karakter Religius ini tentu dapat dilakukan jika seluruh komponen stakeholders pendidikan dapat berpartisipasi dan berperan serta, termasuk orang tua dari siswa itu sendiri. (E-learning Pendidikan, 2011).

Penekanan utamanya adalah bahwa Pembentukan karakter Religius ini tentu dapat dilakukan jika seluruh komponen stakeholders pendidikan dapat berpartisipasi dan berperan serta. Yang dapat dikembangkan pada dunia pendidikan saat ini adalah adanya nilai-nilai plus pendidikan akademis yang mereka miliki dengan aktifitas-aktifitas berbasis religi.

Salah satu nilai karakter dalam PPK (Penguatan Pendidikan Karakter ) adalah nilai karakter religius. Pembentukan nilai karakter religius melalui pembiasaan aktivitas religius tidak hanya dikerjakan di rumah saja atau di pesantren. Akan tetapi, di sekolah umum, seperti SDN Padamekar, tempat penulis bertugas, sangatlah berperan penting.

Salah satu program yang digulirkan sekolah, yakni pembiasaan Jumat BERSERI (Bersih,Sehat dan Religi) yang merupakan program pembiasaan keagamaan setiap hari jum'at di SDN Padamekar.

Program Jumat BERSERI bertujuan untuk membentuk siswa yang berkarakter dan Religius. Kegiatan ini diikuti oleh semua warga sekolah. Kegiatan rutinnya meliputi keagamaan, olahraga, dan Jum'at bersih.

Kegiatan keagamaan berperan penting demi pembentukan karakter siswa yang bermutu, karena kesehariannya siswa harus mempelajari ilmu pengetahuan umum. Pendidikan Agama memberikan pembekalan kepada siswa agar menjadi manusia yang memiliki ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Oleh karena itu, SDN Padamekar mengadakan kegiatan keagamaan tambahan setiap hari Jumat sebagai kegiatan pembekalan tambahan untuk memperkuat penanaman nilai-nilai keagamaan siswa sesuai agama dan keyakinannya masimg-masing.

Kegiatan pembiasaan ini dilaksanakan 30 menit sebelum siswa masuk kelas. Dalam kegiatan ini mereka dibimbing oleh Guru PAI dan guru lainnya.

Adapun kegiatan dalam program Jumat Berseri diantaranya, yaitu: Salat Dhuha berjamaah, Tadarus AL Quran, senam pagi dan Jumsih (Jum'at Bersih ). Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Salat Dhuha

Salat Dhuha

Kegiatan Salat Dhuha di SDN Padamekar dilaksanakan sebagai upaya membentuk pribadi yang memiliki budaya melaksanakan salat sunah dalam kehidupan sehari-hari secara rutin berbasis kelas.

Kegiatan melaksanakan salat dhuha dilakukan sebagai bentuk kegiatan pembiasaan siswa berbasis budaya sekolah dalam rangka membentuk karakter siswa yang memiliki budaya kehidupan religius dalam kehidupannya.

Adapun mekanisme pelaksanaan salat Dhuha dilaksanakan setiap hari Jum'at Minggu pertama yang bertempat di halaman sekolah dan diikuti oleh semua warga sekolah.

Tadarus Al Quran

Tadarus Al Quran

Kegiatan Tadarus Al Quran di SDN Padamekar dilaksanakan sebagai upaya membentuk pribadi muslim yang memiliki budaya membaca Al Quran dalam kehidupan sehari-hari secara rutin. Oleh karena itu kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan pembiasaan siswa berbasis budaya sekolah untuk membentuk karakter siswa yang memiliki budaya kehidupan religius dalam kehidupannya.

Adapun mekanisme pelaksanaan tadarus Al Quran dilakukan secara terprogram setiap Jumat kedua selama 30 menit, yakni pukul 07.00 – 07.30 WIB yang dibimbing oleh Guru PAI. Para siswa membaca Al Quran secara bersama-sama.

Senam Pagi

Kegiatan senam pagi yang dilaksanakan setiap hari Jum'at ketiga bertujuan untuk menjaga badan tetap sehat dan bugar. Para guru dan siswa biasanya melakukan senam bersama-sama di lapangan sekolah dengan iringan musik yang asik sehingga dapat menambah semangat untuk berolahraga.

Kegiatan Olahraga seperti senam tidak akan membuat para siswa merasa bosan karena memiliki instruktur guru olahraga yang memiliki kemampuan berbagai variasi gerakan. Kegiatan ini dilaksanakan 30 menit sebelum kegiatan belajar mengajar.

Jumsih (Jumat Bersih)

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan faktor pendukung yang sangat vital dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar.

Terciptanya suasana nyaman, bersih asri akan memberi dampak yang positif bagi warga sekolah. Program Jumat Bersih SDN Padamekar ini dilaksanakan setiap jumat minggu keempat.

Seluruh warga sekolah berkumpul di halaman sekolah untuk kerja bakti. Biasanya, kerja bhakti membersihkan halaman sekolah, perpustakaan, ruang kelas, ruang guru, laboratorium, dan sekitar sekolah.

Budaya Jumat Bersih dapat menjadi kebiasaan yang baik dan menyehatkan dengan berbagai manfaat, di antaranya menumbuhkan cinta dan peduli terhadap lingkungan sekolah.

Tujuan utama kegiatan tersebut adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan siswa akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana belajar akan terasa nyaman, sekolah pun juga dapat terpelihara dengan baik.

Simpulan

Perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan tempat belajar khususnya, karena lingkungan yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi belajar yang lebih tinggi dan mendukung sikap belajar yang antusias, sehingga mempengaruhi produktivitas siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan Jumat bersih dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah mulai dari siswa, guru dan Kepala Sekolah.

Hasil yang di harapkan dari giat rutin Pembiasaan Jum'at BERSERI (Bersih, Sehat, Religi) adalah membentuk siswa agar memiliki pola kehidupan yang seimbang antara pengetahuan, keagamaan, dan kesehatan, serta agar memiliki sikap cinta tanah air dan cakap menyongsong kehidupan di masa depan.***

Penulis: Tatat Kurniawati S.Pd. Lahir di Bandung 21 September 1978 Domisili di Nanggerang,Kec.Cililin.Peserta Pendidikan Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bandung Barat tahun 2021.Bertugas sebagai guru di SD Negeri Padamekar Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat sejak tahun 2003.Bendahara PGRI Gugus 3 Kecamatan Cililin.Anggota KKG Gugus 3 Kecamatan Cililin,Sering menjadi Juri LBMKS SD Tingkat Kecamatan. Email:[email protected] , Instagram : @kurniawatie21, Facebook : تتقنىوت

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image