Menikmati Pesona 5 Kota Kecil di Jerman

Melancong  

Jerman menduduki peringkat ke tujuh sebagai negara dengan kunjungan wisatawan tertinggi. Kota-kota besar di Land der Dichter und Denker (julukan Jerman), seperti Berlin, München, juga Hamburg, memiliki daya tarik kota modern dalam kemasan zaman klasik. Tetapi jika mau mengeksplorasi lebih jauh, berikut adalah lima (5) kota kecil yang dapat membuat sobat Calakan semakin terpesona dengan negeri kelahiran Johann Wolfgang von Goethe itu.

foto : dok. republika.co.id

Quedlinburg

Orang bilang, akan sulit untuk tidak jatuh cinta pada Quedlinburg. Kota bernuansa abad pertengahan itu terletak di utara pegunungan Harz, negara bagian Sachsen-Anhalt. Tertata asri sebagaimana aslinya, jalanan di Quedlinburg tersusun dari bebatuan, dengan medan berkelok dan naik-turun, serta diapit lebih dari 1.300 rumah tradisional Jerman. Sejarah mencatat, kota tersebut selamat dari chaos Perang Dunia II. Kondisinya masih utuh, tidak terkena bom. Pada puncak bukit yang membatasinya, berdiri gagah sebuah kastil besar seolah-olah mengawasi seluruh kota. Tahun 1994, UNECO memutuskan untuk memasukkan Quedlinburg pada daftar warisan dunia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Monschau

Seperti halnya Quedlinburg, kecantikan Monschau juga terselamatkan dari Perang Dunia II. Resort town tersebut cukup populer sebagai destinasi liburan di kalangan warga Jerman. Monschau memilikieksotisitas kota abad pertengahan yang terletak di Pegunungan Eifel, negara bagian Nordrhein-Westfalen, dengan Sungai Roer mengalir dan membelah kota. Isi kota Monschau memang ditujukan untuk pariwisata sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan penginapan, restoran, café, toko suvenir, hingga tempat rekreasi lainnya.

Meersburg

Meersburg seperti kota yang kerap hadir dalam dongeng atau cerita fantasi barbie. Sebuah kota mempesona di negara bagian Baden-Württemberg, menghadap ke perairan Danau Constance (Bodensee) yang cantik. Meersburg dengan perkebunan anggurnya adalah surga di selatan Jerman, menjadikannya sebagai destinasi liburan musim panas favorit baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Wismar

Wismar terletak di pesisir Laut Baltik, bagian utara Jerman, tepatnya negara bagian Mecklenburg-Vorpommern. Jejak sejarah sebagai anggota Hanseatic (liga perdagangan Jerman) pada abad 13 serta kekuasaan pemerintah Swedia di abad 16–17 tersebar di penjuru kota. Wismar adalah kota yang sangat fotogenik dan pesona pelabuhan tuanya sempat diabadikan dalam film Nosferatu pada tahun 1922. Kota pelabuhan tersebut merupakan contoh sempurna dari keindahan Jerman utara.

Görlitz

Kota paling timur di Jerman, Görlitz, “bertengger” di pinggir Sungai Neisse, berseberangan langsung dengan kota Zgorzelec, Polandia. Namun tak hanya sekedar kota perbatasan atau kota paling timur, bagi sebagian orang Görlitz adalah salah satu bagian kecil dari Jerman yang paling indah. Selain lanskap alamnya yang luar biasa, kota kecil tersebut memiliki lebih dari 3.500 arsitektur bersejarah dengan rata-rata usia 500 tahun. Dari bangunan bergaya renaissance hingga barok, late gothic dan art nouveau, semua ada di Görlitz dan siap membuat pengunjung terpukau. (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image