6 Alasan Kuliah di Thailand

Umum  

Jumlah pelajar internasional di Thailand terus meningkat dari tahun ke tahun. Diperkirakan ada sekitar 15 ribu mahasiswa asing dan 2.500 orang di antaranya adalah warga negara Indonesia. Angka tersebut cukup membuktikan bahwa kualitas pendidikan di negeri Gajah Putih patut dipertimbangkan. Berikut alasan untuk kuliah di Thailand.

foto : dok. republika.co.id

1. Kualitas Pendidikan

U.S. News & World Report pada tahun 2021 melakukan survei mengenai negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik. Dalam peringkat tersebut Thailand bertengger di peringkat ke-46 dari 73 negara. Berdasarkan survei tersebut, kemudian disusun pula ranking untuk negara-negara ASEAN. Lima besar di antaranya adalah Singapura nomor satu, kemudian disusul oleh Malaysia, Thailand di peringkat ketiga, Indonesia ranking empat, dan kelima adalah Filipina.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Beasiswa

Sebagai negara yang memang bukan tujuan favorit, belakangan Thailand makin getol memberikan beasiswa untuk mahasiswa asing. Mahasiswa Indonesia banyak yang memanfaatkan skema beasiswa penuh seperti ASEAN Scholarship, His Majesty The King’s Scholarships and Her Majesty The Queen’s Scholarship, ASEAN University Network Scholarship (AUN), dan beasiswa-beasiswa dari kampus langsung. Biaya kuliah di Thailand sendiri, dua kali lipat lebih murah dibandingkan dengan biaya kuliah di Singapura.

3. Kelas Internasional

Untuk menjaring lebih banyak mahasiswa asing, kampus-kampus Thailand memfasilitasi dengan program kelas internasional. Perkuliahan di kelas internasional ini menggunakan pengantar bahasa Inggris. Para pelamar yang bukan dari negara berbahasa Inggris, wajib menyertakan skor kemampuan bahasa seperti IELTS/TOEFL.

4. Biaya Hidup Murah

Keperluan sehari-hari di Thailand, dari mulai akomodasi, makan, sampai dengan transportasi masih terhitung murah. Bedanya juga sangat sedikit dengan di Indonesia, bahkan secara umum ekonominya lebih stabil dengan tingkat inflasi di bawah Indonesia.

5. Tidak Sulit Mencari Makanan Halal

Bagi mahasiswa Indonesia yang mayoritas muslim, perihal makanan halal tentu menjadi salah satu pertimbangan penting. Untungnya di Thailand tidak sulit untuk menemukan kantin yang menyajikan makanan halal, meskipun mayoritas penduduk mereka adalah non muslim. Bahkan setidaknya setiap kampus di Thailand pasti ada fakultas yang memiliki kantin halal dan juga menyediakan ruangan untuk beribadah bagi mahasiswa muslim.

6. Kedekatan Budaya, Sosial Ekonomi, dan Lokasi

Sebagai sesama negara berkembang di ASEAN, lokasi Thailand sangat dekat dengan Indonesia, sehingga berada dalam zona waktu yang sama. Hal tersebut akan memudahkan komunikasi dengan keluarga. Kedekatan jarak tersebut juga mempengaruhi rumpun budaya dan sosial ekonomi masyarakatnya. Dunia internasional menjuluki Thailand sebagai “Tanah Senyuman”, yang menandakan bahwa penduduknya sangat ramah, seperti halnya di Indonesia. Cita rasa makanan dan buah-buahan yang tumbuh di Thailand, serupa dengan di Bumi Pertiwi. Keuntungan ini tentu dapat mengurangi efek gegar budaya, yang besar kemungkinan terjadi apabila berkuliah di negara yang hampir seluruhnya bertolak-belakang dengan di Tanah Air.

Itulah enam alasan yang dapat dipertimbangkan jika sedang memilih-milih negara tujuan untuk melanjutkan kuliah. Apakah sobat Calakan tertarik untuk kuliah di Thailand? (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image