Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

Cek Disini! Cara Mengendarai Mobil Matic Yang Benar

Eduaksi | Monday, 05 Sep 2022, 16:05 WIB

GPSKU - Mengendarai mobil dengan transmisi otomatis sepertinya mudah. Pengemudi hanya memiliki gas dan rem. Namun pada kenyataannya tidak sesederhana itu. Ada banyak hal yang perlu diketahui pengemudi saat mengendarai mobil matic. Salah satunya adalah sistem transmisi mobil matic. Penggunaan transmisi mobil otomatis yang benar

Kendarai mobil yang tepat dengan transmisi otomatis

Pertama, pastikan tuas transmisi pada posisi P (Parkir) atau N (Netral) saat menghidupkan mesin mobil. Setelah menghidupkan mesin, tunggu beberapa saat agar mesin dan transmisi otomatis mencapai suhu operasi. Ini karena, tergantung pada jenis transmisi otomatis, perpindahan akselerator otomatis tidak akan dilakukan secara normal kecuali jika suhu operasi transmisi telah tercapai.

Setelah masuk gigi, geser tuas transmisi ke posisi D dan mulai kendaraan dengan kecepatan normal. Tekan pedal rem untuk memindah transmisi sebelum memindahkan tuas dari posisi P atau N ke D. Rem harus diterapkan saat menggeser shifter untuk mencegah kerusakan pada mesin.

Posisi tuas persneling D juga memungkinkan overdrive. Dalam hal ini, pengemudi bisa memacu tenaga mobil dengan kecepatan maksimal. Namun, untuk menyeberang disarankan untuk menggunakannya saat melintasi jalan raya dan jalan tol. Lain halnya saat kondisi jalan menanjak. Disarankan untuk meletakkan tuas transmisi di posisi 2. Posisi ini dirancang untuk meningkatkan performa kendaraan saat menempuh perjalanan menanjak. Namun, jika Anda menghadapi tanjakan yang curam atau menurun, pindahkan tuas ke posisi 1 atau L.

Perhatikan bahwa pengemudi juga harus memperhitungkan perpindahan posisi transmisi dari tertinggi ke terendah. Misalnya, posisi D ke 2 atau 1 ke L. Untuk memindahkan girboks, Anda perlu memperhatikan kecepatan mobil sebelum memindah tuas persneling. Jangan memaksakan perpindahan saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi karena dapat merusak transmisi.

Selanjutnya posisi P atau “parkir” adalah posisi untuk memarkir kendaraan. Gearbox terkunci dalam posisi ini dan tidak dapat mendorong kendaraan. Posisi ini juga merupakan posisi awal untuk menghidupkan mesin dan melepaskan pengapian. Posisi R atau mundur adalah posisi di mana kendaraan mundur. rem mobil otomatis

Mengendarai mobil kedua di Transmisi-Matic

Pengereman pada mobil matic juga berbeda dengan pada mobil bertransmisi manual. Beberapa pengendara matic memiliki kebiasaan buruk yang harus dihilangkan saat menginjak pedal rem. Jangan menginjak pedal rem dengan kaki kiri. Ini karena menginjak pedal rem dengan kaki kiri menciptakan ilusi dan berbahaya.

Perasaan pengereman benar-benar berbeda antara kaki kanan dan kaki kiri. Untuk melakukan ini, Anda harus selalu menekan pedal gas dan rem secara bergantian dengan kaki kanan Anda.

kontraktor jogja

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image