Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Proinov CNT

Mengenal Abdomen dan Gangguan Kesehatan yang Umum Terjadi

Edukasi | Monday, 05 Sep 2022, 08:37 WIB

Abdomen adalah istilah medis yang berarti rongga tubuh atau perut. Letaknya ada di antara pelvis dan juga dada. Wilayah abdomen ini meliputi semua rongga perut mulai dari saluran pencernaan, limpa, sistem kemih dan organ pelengkap. Tak hanya organ pencernaan saja, dalam perut juga terdapat pembuluh darah seperti aorta dan juga vena cava inferior.

Fungsi dari abdomen sendiri adalah sebagai tempat bagi semua organ dalam sistem pencernaan. Tak hanya itu, salah satu anatomi tubuh ini juga sangat berpengaruh untuk keseimbangan, pernapasan dan juga postur tubuh.

Dalam kajian medis, perut rupanya memiliki lapisan pelindung pada bagian muka dan bagian belakang. Pada bagian muka perut ada lapisan jaringan tipis tapi sangat kuat dan disebut dengan fasia. Lapisan pelindung ini terletak di bagian bawah otot perut serta kulit. Sedangkan untuk bagian belakangnya dilindungi oleh otot punggung dan tulang.

Anatomi Abdomen

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, anatomi abdomen terdiri dari beberapa organ pencernaan, limpa dan organ pelengkap. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Saluran pencernaan

Saluran pencernaan adalah bagian dari anatomi abdomen dan terdiri dari usus buntu, usus halus, lambung, usus besar dan sekum. Usus halus letaknya di antara usus besar dan lambung. Sedangkan lambung letaknya ada di atas perut sebelah kiri antara usus halus dan kerongkongan.

2. Limpa

Limpa terletak di sebelah kiri atas perut. Fungsi limpa adalah untuk menghilangkan sel-sel darah merah lewat penyaringan aktif atau filtrasi. Selain itu, limpa juga berfungsi sebagai tempat menyimpan metabolisme hemoglobin dan sel darah merah.

3. Sistem saluran kemih

Sistem saluran kemih adalah bagian anatomi perut yang terdiri dari kandung kemih, ginjal dan ureter. Semua organ ini memiliki fungsi yaitu untuk menyaring serta ekskresi limbah menjadi bentuk urine. Organ ini letaknya ada di bagian luar dari peritoneum.

Selain beberapa organ di atas, dalam anatomi perut juga ada organ pendukung lain yang berfungsi untuk membantu mencerna makanan. Organ pendukung tersebut antara lain hati, kantung empedu dan pankreas.

Gangguan Kesehatan dan Jenis Pemeriksaan Terkait Abdomen

Abdominal pain adalah salah satu gangguan perut mulai dari tulang rusuk sampai panggul. Gangguan ini biasanya menimbulkan rasa nyeri yang disebabkan oleh beberapa hal berikut dilansir dari situs Depkes.org:

abdomen pada tubuh manusia
abdomen pada tubuh manusia

Usus buntu
Dispepsia
Sembelit
Kolesistitis
Tukak lambung
Gastriti
Obstruksi usus
Hepatitis
Distensi perut
Pankreatitis
Sirosis
Hernia perut

Jika dirasa ada keluhan pada bagian abdomen maka harus segera dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi penyebab abdominal pain. Biasanya pemeriksan ini meliputi beberapa hal seperti rontgen perut, endoskopi Magnetic resonance imaging (MRI) dan Ultrasonografi. Selain mengetahui penyebab, pemeriksaan ini juga bertujuan untuk memfokuskan penangan lanjutan oleh dokter.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image