Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image imam mahmud

Pengertian dan 3 Contoh Digital Immigrant

Eduaksi | Monday, 05 Sep 2022, 00:30 WIB
Digital Immigrant I Sumber: Pexels.com

Dalam proses belajar dan mengajar terkait dengan perkembangan teknologi dan informasi adakalahnya menemukan definisi yang berhubungan dengan penjejangan. Dinataranya ialah digital immigrant dan digital native. Keduanya pada saat ini bisa dikatakan menjadi penikmat sekaligus pengguna kemajuan digital dengan penggunaan internet.

Namun, meski demikian secara definisi tentu berbeda. Oleh karena demikian sebagai gambaran atas penjelasan yang dikemukakan pada kali ini akan memaparkan tentang pengertia digital immigrant dan contohnya.

Digital Immigrant

Digital immigrant adalah adalah generasi individu dan kelompok yang gagap dengan pemanfaatkan teknologi karena dari usia kelahiran pada zamannya tidak ada atau bahkan belum bisa ditemukan. Singkatkanya untuk immigrant berasal dari imigran ataupun pendatang.

Ciri Digital Immigrant

Karakteristik yang ada dalam digital immigrant, antara lain;

1. Tidak memiliki kecapatan dalam penggunaan teknologi

2. Ketika lahir belum ditemukan kemajuan teknologi seperti yang terjadi pada saat ini

3. Pengaplikasian digital immigrant masih minim literasi digital

Contoh Perilaku Digital Immigrant

Adapun untuk beberapa contoh yang bisa disebutkan dari digital immigrant ini misalnya saja;

1. Selalu mengupdate status di Facebook dengan hal-hal yang tergolong privasi

Banyak pengguna media sosial yang sangatlah sering untuk mempublikasikan status di facebook dengan hal-hal yang menurut kita tidak penting untuk dibagikan, misalnya saja ketika curhat kondisi tetangga ataupun permasalahan rumah tangga. Padahal ketika sadar tindakan tersebut tidaklah tepat alasannya karena menjadi rahasia yang seharusnya tidak semua masyarakat/teman di Facebook membutukannya.

2. Mempublikasikan hal-hal yang fulgar

Perilaku lainnya yang cenderung dijalankan oleh para digital immigrant ialah mempublikasikan hal-hal yang dinilai fulgar misalnya saja memposting konten bunuh diri seseorang, kecelakaan seseorang, ataupun siaran live tentang realitas yang pada faktanya tidak manusiawi.

3. Menjadi korban penipuan

Tindakan yang lainnya berhubungan dengan perilaku yang dilakukan oleh digital immigrant ialah menjadi korban penipuan dengan modus yang dinilai tidak masuk akal, misalnya saja mengeklik link spam yang akhirnya berakhir pada penyusupan ataupun pengerusakan data base ataupun tindakan lain misalnya mengeklik link yang berisi pornografi dengan tidak memahami fungsi dari link tersebut.

Itulah saja sekedar penjelasan tentang pengertian digital immigrant dan contoh perilakunya. Namun yang pastinya tidak semua tergolong dalam digital immigrant ini melakukan tindakan tersebut meskipun ada beberapa orang yang usia lanjut masa bodoh dengan perkembangan internet.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image