Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fahrur Razi

Meninggalkan Salat Berjamaah karena Gajah

Agama | Friday, 02 Sep 2022, 11:10 WIB

Ada seorang A’rabi (orang Arab pegunungan) salat subuh berjemaah tepat di belakang imam. Pada saat itu, kebetulan sang Imam membaca surah al-Baqaroh (surat yang paling panjang dalam al-Qur’an yang mempunyai arti Sapi Betina) dan Sang A’rabi sedang dalam keadaan terburu-buru (untuk melakukan sesuatu). Karena begitu panjang bacaan surah Sang Imam, akhirnya tujuan A’rabi tidak terlaksana karena waktunya habis digunakan untuk salat.

Keesokan harinya, A’rabi berangkat ke masjid pagi-pagi sekali. Kebetulan Sang Imam memulai bacaan suratnya dengan surah al-Fiil (surat yang agak pendek yang mempunyai arti Gajah). Tanpa berpikir panjang A’rabi mufaraqoh (memutuskan sholat jama’ahnya) dan menyingkir sambil menggerutu:

“Kemaren saja engkau membaca surah Al-Baqaroh (sapi betina) tidak selesai hingga setengah hari rasanya, dan hari ini engkau membaca surah al-Fiil (gajah). Aku yakin, engkau tidak akan menyelesaikannya sampai tengah malam nanti.”

Hikmah yang bisa diambil dari kisah ini bahwa seorang imam haruslah memperhatikan kondisi makmum dalam salat berjamaah.

*sumber : خبار الحمقى والمغفلين (١/١١٧) الموسوعة الشاملة• المؤلف : أبو الفرج عبد الرحمن بن علي بن الجوزي

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image