Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image imam mahmud

Beri Kuliah Tamu di Unila, Dr. Jubei Levianto: Indonesia dapat Berdiri karena Persamaan Pancasila

Edukasi | Thursday, 01 Sep 2022, 16:55 WIB
Kuliah Tamu Jurusan Sosiologi Unila I Dokumen Pribadi

Direktur Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Repubik Indonesia (Ditjen Pothan Kemhan RI) Brigjen TNI Dr.Jubei Levianto menjadi pemateri dalam kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Jurusan Sosiologi Universitas Lampung (Unila), Kamis (01/09/2022).

Agenda kuliah tamu yang telah dilangsungkan tersebut mengangkat tema “Narkotika, Bela Negara dan Tantangan Kebangsaan” yang dilakukan di Gedung D Lt.3 ruang D.3.1 Fisip Unila dengan diikuti oleh ratusan mahasiswa sekaligus dosen dan pimpinan di Fisip Unila, mulai pukul 07:30 sampai Pukul 11: 00 WIB.

Dalam pemaparan yang diberikan, Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan RI menegaskan bahwa keberadaan Indonesia dapat berdiri sebagai sebuah negara yang merdeka dan berdaulat karena adanya persamaan yang terwujud dalam Pancasila yang memang sudah menjadi konsensus bersama.

“Indonesia berdiri karena persamaan dalam Pancasila, artinya tidak Bhineka bukan Indonesia,” tegasnya.

Melihat realitas tersebut, Brigjen TNI Dr.Jubei Levianto menjelaskan penting bela negara dan usaha bela negara yang bisa diwudukan melalui takad, sikap, dan perilaku baik secara perorangan ataupun kolektif sebagai upaya menjaga keutuhan negara dan kedaulatan negara dari acaman-ancaman yang ada, baik ancaman militer ataupun ancaman nonmiliter.

“Diperlukan sikap bela negara, sebagai upaya mencagah ancaman kedaulatan, baik ancaman militer yang terdiri dari agresi dan non agresi ataupun ancaman non militer seperti keselamatan umum, teknologi, legislasi, ideologi dan lainnya,” jelasnya.

Di akhir kegiatan tersebut, Dr. Jubei Levianto juga berharapan bagi seluruh mahasiswa Unila untuk mampu menjadi agen perubahan dalam kesadaran bela negara di kalangan generasi muda, menjadi role model dalam aksi nyata bela negara, menjaga nama baik bangsa dan negara Indonesia.

Serta kreatif dan inovatif sebagai generasi indonesia emas 2045 yang berkarakter bela negara, cerdas, maju serta berdaya saing.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image