Membedah Perbedaan College dan University

Umum  

Saat menimbang opsi untuk melanjutkan studi di luar negeri, terlebih untuk jenjang sarjana, muncul istilah college dan university. Beberapa orang ada yang menganggap keduanya sama saja, sedangkan yang lain justru kebingungan. Lalu apa sebetulnya college dan university?

ilustrasi : dok. republika.co.id

College

Istilah college sering terdengar ketika menonton film-film remaja Hollywood. Biasanya setelah lulus SMA, orang Amerika sering menggunakan frasa “I’m going to college” atau “I’m heading off to college”, yang artinya mereka akan meneruskan sekolah ke jenjang pendidikan tinggi, termasuk universitas. Memang di Amerika Serikat terdapat dua jenis lembaga, yaitu college dan university, tetapi sudah jadi tradisi/kebiasaan istilah college digunakan untuk mendeskripsikan kedua lembaga pendidikan tinggi tersebut. Berbeda dengan Inggris Raya yang tetap menggunakan istilah berdasarkan lembaga yang dituju.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nah, itu penjelasan terkait istilah bahasa. Namun apabila bicara soal lembaga, terdapat perbedaan diantara keduanya. Secara umum pengertian college adalah institusi pendidikan yang lebih kecil (sederhana). Institusi tersebut memfasilitasi para mahasiswanya untuk menempuh jenjang sarjana strata 1 (bachelor’s degree), D3 (associate’s degree), dan sekolah kejuruan/vokasi (diploma). Program studi yang ditawarkan lebih sedikit, sebagian bahkan lebih banyak ilmu terapan, dan lama studi bervariasi dari dua hingga empat tahun.

Sedikit berbeda dalam sistem pendidikan Inggris, college merupakan tingkat lanjutan. Bagi lulusan SMA yang belum mendapatkan sertifikat GCSE A-Levels, mereka akan menempuh pendidikan di college, baru kemudian melanjutkan ke universitas. Siswa yang memilih untuk melanjutkan kuliah di college, ijazah mereka, apapun jenjangnya, tetap bisa digunakan untuk melamar kerja. Peluang karier di perusahaan juga akan lebih besar ketimbang hanya mengantongi ijazah SMA.

Perlu diketahu juga bahwa beberapa negara di Eropa, seperti Spanyol, menyebut SMA dengan istilah colegio (college dalam bahasa Inggris). Untuk pendidikan tinggi, mereka menyebutnya dengan universitat (university).

University

University atau dalam bahasa Indonesia adalah unversitas merupakan institusi pendidikan tinggi yang jauh lebih besar. Baik dari segi bangunan, jumlah fakultas dan prodi, jumlah mahasiswa, latar belakang civitas akademiknya juga lebih beragam, sampai dengan fasilitas lebih komplit yang mendukung untuk riset. Mahasiswa asing umumnya akan lebih memilih universitas karena lebih banyak opsi bidang studi dan kesempatan riset, dibandingkan college yang lebih populer di kalangan penduduk lokal.

Beberapa universitas, seperti University of Oxford, University of Cambridge, dan Harvard University juga memiliki collegenya sendiri. Dalam hal ini, college termasuk dalam divisi/departemen kampus bersangkutan. Contohnya Harvard Business School yang merupakan salah satu college di Harvard atau King’s College di University of Cambridge. Jenjang yang ditawarkan mulai sarjana sampai magister, tapi pilihan program studi tetap tidak sebanyak di universitas.

Apabila dilihat dari segi biaya kuliah, universitas memag sedikit lebih mahal. Sesuai dengan kesempatan belajar yang ditawarkan juga. Jadi, lebih baik memilih college atau universitas? Jawabannya tergantung dari tujuan serta rencana masa depan. Apabila hanya ingin kuliah S1, sobat Calakan bisa mempertimbangkan untuk mendaftar ke college. Namun jika punya niat ingin lanjut ke jenjang magister hingga doktoral, bahkan ingin lebih mendalami ilmu spesifik, ingin punya peluang koneksi dan penelitian lebih besar, maka pertimbangkanlah untuk kuliah di universitas. (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image