12 Fakta Unik Amerika yang Jarang Kamu Ketahui

Serba Serbi  

Setiap negara memiliki keunikannya sendiri, termasuk Amerika Serikat. Namun, masih banyak yang belum memahami keunikan dari negara Paman Sam tersebut. Untuk itu, simak ulasan singkat tentang beberapa hal unik yang ada di Amerika Serikat.

foto : dok.republika.co.id

1. George Washington bukanlah presiden pertama yang tinggal di Gedung Putih

John Adams-lah yang pertama kali menghuni Gedung Putih. Pada waktu itu George Washington memang mengawasi pembangunan gedung tersebut. Gedung Putih dibangun pada tahun 1792 dan tidak dihuni hingga tahun 1800. Sejak Presiden Adams menghuni gedung tersebut hingga sekarang, terdapat banyak perubahan di dalamnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Ibu kota AS awalnya Philadelphia

Sebagaimana yang diatur dalam Residence Act, Philadelphia atau Philly dijadikan ibu kota sementara dari tahun 1790 hingga 1800. Sementara itu, Washington DC sedang dalam pembangunan pada saat itu.

3. Universitas Harvard merupakan universitas pertama di AS

Universitas yang menjadi incaran mahasiswa dari seluruh penjuru dunia, ternyata merupakan universitas pertama di Amerika. Universitas Harvard berdiri pada tahun 1636 di Cambrigde, Massachusets.

4. Gambar mata uang $1 awalnya bukanlah George Washington

Tokoh yang muncul dalam uang kertas satu dolar yaitu Salmon P. Chase. Ia merupakan seorang Menteri Keuangan yang merancang uang kertas selama Perang Saudara pada tahun 1862.

5. Orang Amerika bekerja kurang dari lima tahun

Orang Amerika umumnya akan bekerja selama kurang dari lima tahun di sebuah perusahaan. Mereka memutuskan untuk keluar dari perusahaan demi mendapatkan gaji dan tunjangan yang lebih tinggi.

6. Tulisan Hollywood awalnya Hollywoodland

Tulisan ikonik yang terletak di bukit di wilayah Los Angeles, dibangun pada tahun 1923. Awalnya tulisan tersebut bukanlah Hollywood tetapi Hollywoodland. Panjang tulisan tersebut mencapai 107,3 meter dan tinggi per hurufnya mencapai 13,7 meter. Namun, pada tahun 1940 empat huruf di belakang dihilangkan menjadi Hollywood seperti yang kita kenal saat ini.

7. Amerika tidak mempunyai bahasa resmi

Meskipun Bahasa Inggris digunakan di Amerika Serikat, nyatanya tidak ada undang-undang di tingkat federal yang menyatakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Saat ini sudah ada 31 negara bagian yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Adapula beberapa negara bagian yang memiliki dua bahasa resmi seperti New Mexico yang bahasa resminya adalah Bahasa Inggris dan Spanyol. Louisiana bahasa resminya Bahasa Inggris dan Prancis. Serta Hawaii yang memiliki bahasa resminya yaitu Bahasa Inggris dan Hawaii.

8. Singkatan US adalah Uncle Sam

Seperti yang kita tahu, bahwa julukan negara AS yaitu Paman Sam alias Uncle Sam. Berawal dari seorang pengepak daging bernama Samuel Wilson di Troy, New York yang bertugas memeriksa daging untuk tentara selama perang pada tahun 1812. Selama perang tersebut mereka memberikan julukan US yang merujuk pada Paman Sam sebagai candaan, yang pada akhirnya singkatan tersebut meluas di semua item militer. Saat ini akronim US merupakan singkatan dari United States.

9. Orang Amerika tidak menggunakan jemuran saat menjemur pakaian

Entah disadari atau tidak, orang Amerika tidak menggunakan jemuran pakaian. Biasanya mereka menggunakan mesin cuci dengan fitur pengering atau mesin khusus pengering pakaian. Hal ini dikarenakan menjemur pakaian dianggap mengganggu pemandangan.

10. Tisu toilet dianggap lebih bersih

Orang-orang barat seperti orang Amerika selalu menggunakan tisu toilet setelah buang air besar. Alasannya, menggunakan tisu toilet dianggap lebih bersih. Sebalinya bila menggunakan air dan harus menggunakan tangan dianggap tidak higenis.

11. Minum air putih langsung dari air kran

Jangan kaget bila melihat orang Amerika mengambil air minum langsung dari kran tanpa direbus terlebih dahulu. Pasalnya, air kran di Amerika sudah melawati sebuah proses yang membuat air tersebut dapat diminum langsung dari kran.

12. Tidak ada tabung gas LPG

Tidak seperti di Indonesia yang masih menggunakan tabung gas untuk menyalakan kompor. Di AS hal tersebut tidak berlaku, sebab negara tersebut sudah menggunakan sistem gas yang didistribusikan melalui pipa ke seluruh rumah tangga. Jadi tidak hampir tidak ada peristiwa kelangkaan tabung gas LPG.

Demikian beberapa ulasan singkat tentang fakta unik Amerika Serikat. Meskipun Anda tidak berencana untuk pergi ke sana, paling tidak hal-hal di atas dapat menambah wawasan untuk Anda. Apalagi jika Anda berencana berkunjung atau studi di sana, pastikan mengingat hal-hal tersebut agar lebih mudah menyesuaikan diri. (Lutfie Fahrizal Rizky)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image