CSR memperkuat brand perusahaan di mata Masyarakat

Image
Khalida Zein Fauzia
Lomba | Wednesday, 31 Aug 2022, 13:56 WIB
sumber : https://pin.it/6W0KkKU

CSR merupakan salah satu program tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan di sekitarnya. aktivitas yang bisa dilakukan tentunya harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar perusahaan. seperti kegiatan sosial, ekonomi maupun lingkungan. salah satu manfaat program CSR adalah memperkuat perusahaan di mata masyarakat. namun bagaimana hal itu bisa terjadi ? simak penjelasan berikut ini.

Dalam studi yang dilakukan oleh Charles Fombrun dari school of business New York University, salah satu pakar reputasi dunia, mengungkapkan bahwa perusahaan-perusahaan besar membangun reputasinya dengan mengembangkan praktik-praktik bisnis yang mengintegrasikan pertimbangan ekonomi dan sosial ke dalam strategi bisnis mereka. Mereka mulai secara aktif melakukan berbagai usaha untuk membangun reputasi dan menciptakan terhadap organisasi atau perusahaan. Meskipun reputasi adalah aset yang bersifat intangible, namun berbaga studi menunjukkan bahwa reputasi yang baik akan meningkatkan nilai perusahaan serta menciptakan competitive advantage.

Setidaknya terdapat tujuh dimensi yang mempengaruhi reputasi perusahaan, yaitu citizenship, governance, workplace, products/services, innovation, performance dan leadership. Menurut riset yang dilakukan Reputation institute melalui global reputation pulse study pada tahun 2010, faktor citizenship, governance dan workplace mencakup 40% dari total penilaian stakeholder mengenai reputasi. Harapan publik dan stakeholder terhadap perusahaan untuk menjalankan bisnisnya secara bertanggung jawab semakin besar. Menurut survey yang dilakukan di Amerika Serikat, 65 persen dari masyarakat umum menyatakan akan merekomendasikan produk dari perusahaan yang telah menjalankan program Corporate Social Responsibility. Hasil dari penelitian tersebut menjadikan CSR sangat berpengaruh dalam menciptakan brand image perusahaan kedepannya. Selain itu, Konsumen menilai sebuah produk sesuai dengan pemahaman dan pengetahuan untuk bekal membeli produk. Perusahaan yang melakukan suatu kegiatan seperti CSR pasti mempunyai tujuan agar merek (image) bisa diketahui oleh suatu konsumen. Persepsi yang positif dan kepercayaan konsumen terhadap suatu merek (image) yang menciptakan brand image yang baik

Tanggung Jawab Sosial (CSR) banyak manfaat bagi perusahaan yang telah melakukan, ketika perusahaan ingin meningkatkan penjualan dan penguasaan pasar dengan cara melakukan Tanggung Jawab Sosial (CSR). Tanggung Jawab Sosial (CSR) dapat meyakinkan kepercayaan eksekutif perusahaan bahwa hal tersebut dapat membantu perusahaan mendapatkan pelanggan baru atau minat beli konsumen.

Sumber :

https://media.neliti.com/media/publications/87438-ID-pengaruh-tanggung-jawab-sosial-csr-terha.pdf

https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/c5e33a9b8642af68af412bcb5767edcb.pdf

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Public Relations enthusiast

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kemenkumham Jateng Siap Terima Audit BPK RI

Image

Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan Malang

Image

Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Rutan Demak Adakan Kegiatan Tes PCR

Image

Gali Potensi Risiko K3 dan Kebencanaan di Desa Wisata, DRRC UI-Kemenparakraf Lakukan FGD

Image

Hidayat Kalapas Narkotika Samarinda Melantik dan Mengambil Sumpah Pejabat Administrasi Baru

Image

Tingkatkan Kualitas Kinerja, Kepala LPKA Klas I Kutoarjo Beserta Jajaran Ikuti Pengarahan Kakanwil

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image