Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Khalida Zein Fauzia

CSR memperkuat brand perusahaan di mata Masyarakat

Lomba | Wednesday, 31 Aug 2022, 13:56 WIB
sumber : https://pin.it/6W0KkKU

CSR merupakan salah satu program tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan di sekitarnya. aktivitas yang bisa dilakukan tentunya harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar perusahaan. seperti kegiatan sosial, ekonomi maupun lingkungan. salah satu manfaat program CSR adalah memperkuat perusahaan di mata masyarakat. namun bagaimana hal itu bisa terjadi ? simak penjelasan berikut ini.

Dalam studi yang dilakukan oleh Charles Fombrun dari school of business New York University, salah satu pakar reputasi dunia, mengungkapkan bahwa perusahaan-perusahaan besar membangun reputasinya dengan mengembangkan praktik-praktik bisnis yang mengintegrasikan pertimbangan ekonomi dan sosial ke dalam strategi bisnis mereka. Mereka mulai secara aktif melakukan berbagai usaha untuk membangun reputasi dan menciptakan terhadap organisasi atau perusahaan. Meskipun reputasi adalah aset yang bersifat intangible, namun berbaga studi menunjukkan bahwa reputasi yang baik akan meningkatkan nilai perusahaan serta menciptakan competitive advantage.

Setidaknya terdapat tujuh dimensi yang mempengaruhi reputasi perusahaan, yaitu citizenship, governance, workplace, products/services, innovation, performance dan leadership. Menurut riset yang dilakukan Reputation institute melalui global reputation pulse study pada tahun 2010, faktor citizenship, governance dan workplace mencakup 40% dari total penilaian stakeholder mengenai reputasi. Harapan publik dan stakeholder terhadap perusahaan untuk menjalankan bisnisnya secara bertanggung jawab semakin besar. Menurut survey yang dilakukan di Amerika Serikat, 65 persen dari masyarakat umum menyatakan akan merekomendasikan produk dari perusahaan yang telah menjalankan program Corporate Social Responsibility. Hasil dari penelitian tersebut menjadikan CSR sangat berpengaruh dalam menciptakan brand image perusahaan kedepannya. Selain itu, Konsumen menilai sebuah produk sesuai dengan pemahaman dan pengetahuan untuk bekal membeli produk. Perusahaan yang melakukan suatu kegiatan seperti CSR pasti mempunyai tujuan agar merek (image) bisa diketahui oleh suatu konsumen. Persepsi yang positif dan kepercayaan konsumen terhadap suatu merek (image) yang menciptakan brand image yang baik

Tanggung Jawab Sosial (CSR) banyak manfaat bagi perusahaan yang telah melakukan, ketika perusahaan ingin meningkatkan penjualan dan penguasaan pasar dengan cara melakukan Tanggung Jawab Sosial (CSR). Tanggung Jawab Sosial (CSR) dapat meyakinkan kepercayaan eksekutif perusahaan bahwa hal tersebut dapat membantu perusahaan mendapatkan pelanggan baru atau minat beli konsumen.

Sumber :

https://media.neliti.com/media/publications/87438-ID-pengaruh-tanggung-jawab-sosial-csr-terha.pdf

https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/c5e33a9b8642af68af412bcb5767edcb.pdf

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image