Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Ihsan

Daya Tahan Tubuh Naik dengan 5 Makanan Ini!

Eduaksi | Sunday, 28 Aug 2022, 20:48 WIB

Peralihan work from home (WFH) atau yang biasa kita kenal bekerja dari rumah, menjadi work from office (WFO) atau bekerja dari kantor, yang mana kini hamper semua lini setidaknya per hari ini, sudah banyak perusahaan maupun sekolah sudah mulai mewajibkan karyawan maupun siswanya untuk full time ditempat seharusnya mereka beraktifitas, yakni luar rumah.

Hal ini benar adanya menjadi kegembiraan bagi hampir setiap orang yang amat merindukan beraktifitas diluar rumah, bahkan untuk peraturan penggunaan maskerpun, pemerintah sempat memberikan kelonggaran untuk bisa melepas masker, meskipun pemerintah kembali menarik peraturan tersebut, dikarenakan covid sempat kembali ke angka yang cukup menghawatirkan, akan tetapi kini bagi banyaknya kalangan, mimpi untuk bisa bebas beraktifitas menjadi bukan angan angan lagi.

Namun nampaknya perubahan ini juga membawa dampak buruk bagi kesehatan, dikarenakan imun yang tadinya memproteksi diri kita dari ancaman yang hanya sebatas rumah, sekitar dan beberapa orang saja, yang mana kini berubah menjadi lingkungan yang luas dan orang yang tidak bisa kita prediksi banyaknya diluar sana yang akan kita temui, setidaknya berpapasan.

Hal ini sejatinya tidak menjadi masalah, dikarenakan imun akan berusaha menaikan kadar proteksinya dengan cara kita mempertemukan imun dengan hal yang baru, namun langkah ini tentu mungkin akan berpengaruh pastinya kepada kesehatan kita, seperti flu, kurang fit dan lain lainnya, namun kita sebagai orang yang akan mengalami hal tersebut tidak perlu khawatir, dikarenakan ada beberapa makanan yang bisa membuat imun bisa bekerja lebih maksimal, berikut 5 makanan yang dapat membuat imun tubuh menjadi lebih kuat

1. Bawang Putih

Hampir setiap rumah mempunyai bawang putih, setidaknya dapat ditemukan diwarung maupun penjual sayur di sekitar rumah, lantas ini menjadikan bawang putih sebagai hal yang cukup mudah untuk ditemukan.

Bawang putih sendiri mempunyai kandungan senyawa sulfur didalamnya, dimana senyawa ini sangat berguna untuk sistem imun tubuh, terlebih bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah, jadi sempatkan penggunaan bawang putih di masakan.

2. Brokoli

Barang yang satu ini juga tidak kalah terkenalnya dengan bawang putih, mudah didapat dimana mana.

Brokoli sendiri memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup untuk melawan sumber penyakit, vitamin yang terkandung dalam brokoli yakni A, C dan E serta adanya antioksidan yang mana dapat membantu organ tetap kuat.

3. Bayam

Bayam tentu sudah sangat lumrah digunakan dalam masakan – masakan keseharian, terlebih biasanya dihidangkan dalam bentuk sayur.

Mengkonsumsi bayam dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit maupun infeksi, ini dikarenakan bayam memiliki kandungan banyaknya senyawa anti oksidan dan beta karoten.

Dan pastikan jangan lupa untuk kurangi proses pengolahan bayam untuk menghindari larutnya kandungan baik yang ada di dalamnya, begitu juga dengan brokoli.

4. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang cukup mendominasi di Indonesia, tidak jarang, macam macam toko menjual buah yang satu ini, maka dari itu buah ini sangat mudah ditemukan.

Lantas apa yang terkandung dalam buah jeruk, buah ini memiliki kandungan yang amat kaya akan vitamin C, yang mana sangat baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh manusia, vitamin C sendiri dapat meningkatkan sel darah putih, yang mana sel darah putih sendiri memiliki tugas untuk melawan bibit penyakit.

Vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita, yang mana akhirnya tugas kita ialah harus mendapatkannya sendiri, yakni salah satunya dengan mengkonsumsi buah jeruk, selain buah jeruk yakni limau, lemon dan jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C terbaik.

5. Jahe

Sama seperti yang lainnya, jahe mudah di dapatkan, dikarenakan tidak jarang jahe juga digunakan untuk pelengkap masakan, bahkan juga untuk minuman.

Kandungan jahe sangat baik untuk menurunkan kadar kolestrol, mengurangi peradangan dalam tubuh hingga dapat meredakan penyakit kronis, untuk mendapatkan khasiatnya, jahe dapet diolah menjadi minuman ataupun ditambahkan sebagai bahan masakan.

5 makanan tersebut sangat lebih dari cukup untuk menjaga daya tahan tubuh menjadi lebih baik lagi, beberapa saran ini juga memiliki khasiat lain yang juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menyembuhkan beberapa penyakit, dan tentunya masih banyak lagi makanan yang dapat membuat daya tahan tubuh maupun kesehatan dapat menjadi lebih baik lagi.

Dengan makanan yang disediakan alam tersebut, diharapkan menjadi penguat imun yang dibutuhkan tubuh, dikarenakan jika bukan diri kita sendiri yang menjadi tanggung jawab kita, lantas siapa lagi.

Ditulis oleh Fajar Ramadhan Mahasiswa STEI SEBI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image