Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

UIN Sunan Gunung Djati Gandeng SMPN 4 Cisarua Gelar Talkshow Pelajar Transformatif

Eduaksi | Saturday, 27 Aug 2022, 11:36 WIB
Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati, Disdik KBB, dan SMPN 4 Cisarua Bandung Barat.

Bandung Barat- Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bekerjasama dengan SMPN 4 Cisarua Kab.Bandung Barat (KBB) menggelar Talkshow bertema Transformasi Pelajar Menuju Generasi yang Unggul dan Berkeadaban. Kegiatan yang diperuntukkan orang tua dan siswa tersebut, dihadiri oleh Dinas Pendidikan KBB, jajaran pemerintah Desa Kertawangi dan Kecamatan Cisarua KBB, Selasa (23/8/22).

Kepala Bidang Pembinaan SMP (PSMP) Disdik KBB, Rustiyana, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan di atas sejalan dengan visi Profil Pelajar Pancasila dalam hal penguatan pendidikan karakter.

“Transformatif di sini artinya perubahan dari kurang baik menjadi baik. Hal ini juga sejalan dengan visi Profil Pelajar Pancasila yang dimana pembentukan karakter untuk menjadi lebih baik. Selain itu sesuai juga dengan visi misi Kemendikbudristek dan visi misi Kabupaten Bandung Barat. Sehingga sudah menjadi kewajiban kami mendukung acara positif ini dalam upaya peningkatan kualitas Pendidikan di Bandung Barat,” sambut Rustiyana.

Ditambahkan Kabid PSMP visi pemerintah dalam sektor pendidikan adalah mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

Menurut Rustiyana, hal tersebut selaras dengan visi Pemerintah KBB, yakni Bandung Barat yang AKUR -Aspiratif, Kreatif, Unggul dan Religius, dan berbasis pada pengembangan ekonomi, optimalisasi sumber daya alam dan kualitas sumber daya manusia.

Sementara itu, Kepala SMPN 4 Cisarua, Pipih Sopiah, menyambut baik diselenggarakannya kegiatan di atas. Menurutnya, program tersebut sangat membantu sekolah dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan bagi warga sekolah dan masyarakat.

Disampaikannya juga, Talkshow ini dikhususkan untuk anak-anak yang putus sekolah. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua mengenai parenting atau pola asuh. Sehigga mereka bisa lebih bijak dalam mengarahkan anaknya bahwa pendidikan itu sangat penting.

“Kami mengapresiasi upaya para mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati yang mengadakan Talkshow ini. Hal ini membantu kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan bagi warga sekolah dan masyarakat,” ungkap Pipih.

Senada dengan Sri Kusumah Ayu Ningsih, Pengawas Pembina, yang menambahkan kegiatan tersebut sangat bagus agar peradaban terus berkembang dan meningkat kualitas sumber daya manusianya atau sebagai revitalisasi kehidupan serta mengubah paradigma pendidikan bagi siswa dan masyarakat.

“Ini adalah kerja sama KKN dan SMPN 4 Cisarua dalam memfasilitasi tempat untuk mahasiswa menyosialisasikan pentingnya pendidikan. Mereka mengadakan Talkshow yang memang sasaranya peserta didik juga orang tua. Kenapa? Agar pemahamannya mengenai pendidikan ini tersampaikan,” imbuhnya.

Lebih jauh disampaikan, Transformasi Pelajar Menuju Generasi yang Unggul dan Berkeadaban bisa juga merujuk pada perubahan karakter. Terlebih sekarang pemerintah tengah mempersiapkan Kurikulum Merdeka yang menitikbertakan penguatan pendidikan karakter.

Di lain pihak, Rachmat Judiana, Sekretaris Camat Cisarua, menyatakan dengan adanya Talkshow Pelajar Transformatif ini dapat mendorong terciptanya sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter.

Di kesempatan terpisah, Atqiya Fadil selaku Ketua Pelaksana meakili mahasiswa, menyampaikan kegiatan di atas digelarnya berdasarkan pengamatan lapangan terkait kondisi masyarakat di sekitar sekolah yang cenderung tidak melanjutkan sekolah. Hal tersebut dikarenakan faktor ekonomi yang mengharuskan mereka untuk membantu kebutuhan keluarga.

“Untuk kegiatan transformatif itu sendiri berdasarkan pengamatan lapangan terkait kondisi masyarakat Cibolang Kecamatan Cisarua di ranah Pendidikan yang mana rentan sekali untuk tidak melanjutkan sekolah. Dikarenakan kebutuhan ataupun keharusan di kelurarga masing-masing terkait peserta didiknya itu membantu kebutuhan keluarga di rumahnya. Nah berdasarkan itu maka timbulah ide dari kami untuk mengadakan kegiatan ini,” ujarnya.

Ditandaskan Atqiya, selain berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah menyukseskan acara, juga diharapkannya kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi peningkatkan kualitas pendidikan dan melahirkan generasi unggul serta berkarakter.***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun –Sumber Berita: Bangkit Raharja, S.Pd (Guru Bahasa Indonesia SMPN 4 Cisarua)-http://disdikkbb.org/news/smpn-4-cisarua-dan-uin-sunan-gunung-djati-gelar-talkshow-transformatif-pelajar/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image