Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image HUMAS RUTAN BOYOLALI

Manfaatkan Pembinaan Pertanian di Lahan Terbatas, Rutan Boyolali Berhasil Budidayakan Semangka.

Eduaksi | Friday, 26 Aug 2022, 20:15 WIB

Manfaatkan Pembinaan Pertanian di Lahan Terbatas, Rutan Boyolali Berhasil Budidayakan Semangka.

Lahan terbatas tak menghalangi Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Boyolali memanfaatkannya menjadi lahan pertanian bagi sarana pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Di atas tanah seluas kurang lebih 600m2, Rutan Boyolali berhasil membudidayakan buah semangka dan menjadi satu-satunya budidaya semangka di Lapas/Rutan di Jawa Tengah.

 

"Saat ini yang kami kembangkan adalah budidaya semangka yang dilaksanakan oleh petugas dan beberapa WBP yang memiliki keahlian di bidang pertanian. Ini sudah berjalan selama kurang lebih tiga bulan," kata Kepala Rutan Boyolali Agus Imam Taufik, Rabu (24/8/2022).

Hasil budidaya, lanjut Imam, bukan untuk dijual melainkan untuk memberikan pengetahuan khususnya bagi WBP dalam hal pertanian dan buah semangka itu nantinya dapat dinikmati bersama oleh WBP.

"Ini adalah bagaimana kita mengajarkan kepada WBP dari proses menanam sampai berbuah dan nanti dinikmati bersama," katanya.

Imam pun mengaku puas dengan hasil dari budidaya semangka tersebut.

"Alhamdulillah dari penanaman kemarin hasilnya sudah sangat memuaskan. Dari lahan ini bisa menghasilkan sampai 3 karung lebih," kata Karutan Boyolali ini.

Selain pemanfaatan lahan untuk budidaya semangka, Rutan Boyolali juga melakukan budidaya perikanan yaitu ikan lele.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image