Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image 19105050023 19105050023

Plangisasi Jalan Desa Sukkean Sebagai Penunjang Informasi Wisatawan

Sastra | Friday, 26 Aug 2022, 15:09 WIB

Desa Sukkean atau lengkapnya Desa Tambun Sukkean merupakan desa yang berada di Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Dilihat dari posisi geografis, Desa Tambun Sukkean sebenarnya berada pada lintas jalan kabupaten, sehingga memudahkan akses wisatawan untuk berkunjung ke desa ini. Namun karena terbatasnya informasi denah jalan atau plang membuat potensi alam desa sebagai destinasi desa wisata kurang digalih aparatur desa atau pegiat usaha wisata, dan dilirik para wisatawan.

Melihat potensi keindahan alam dan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki, Desa Tambun Sukkean membutuhkan sarana prasarana pendukung di antaranya adalah plang jalan. Pembuatan plang jalan sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya tamu atau pengunjung untuk mendapatkan informasi detail nama dan lokasi jalan serta pembatas jarak antara satu jalan ke jalan berikutnya. Luasnya wilayah Desa Sukkean, jarak rumah penduduk yang berjauhan, serta lemahnya sinyal dalam jaringan (daring) internet membuat penggunaan plang jalan semakin signifikan.

Program KKN Tematik Kolabrosi Samosir 108 (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAKN Tarutung, dan UIN Sumut) kali ini adalah plangisasi jalan strategis yakni gang ke arah masjid, ke arah gereja, ke arah gang di setiap desa. Pembuatan plang jalan ini bertujuan sebagai penunjuk arah bagi masyarakat sekitar dan wisatawan ketika akan mencari tempat yang dituju.

Menurut salah satu mahasiswa KKN Kolaborasi yang bernama Awis Qarni (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), sebagai penanggung jawab pembuatan plang jalan mengatakan bahwa “Desa Tambun Sukkean sangat berpotensi sebagai tempat wisata pada 10 tahun yang mendatang.” Dengan program ini, aparatur desa dapat membangun potensi desa seperti yang dikatakan Awis Qarni sehingga dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar.

Harapan dari program ini, plang jalan dapat membantu informasi nama jalan bagi masyarakat dan pengunjung yang membutuhkannya. Informasi ini juga dapat menjadi sumber data dalam pengembangan desa wisata yang terdapat dalam rencana detail tata ruang desa, kecamatan, dan kabupaten berbasis elektronik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image