Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Galih Pratama Yoga

SD Luqman Al Hakim Ngawi Selenggarakan Market Day, Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Mencontoh Rasulullah

Kuliner | Friday, 26 Aug 2022, 09:53 WIB

Rabu Pagi 24 Agustus 2022, halaman Pesantren Hidayatullah Ngawi tampak ramai penuh keceriaan anak sholih dan sholihah SD Luqman Al Hakim Ngawi. Terlihat dengan penuh antusias mereka merapikan meja, menata berbagai menu makanan dan minuman yang menggoda selera.

"Market Day.. Ustadz. Kita jualan hari ini". Terang salah satu siswa kelas 4 SD saat ditemui.

Pasalnya memang hari itu SD Luqman Al Hakim Ngawi menyelenggarakan kegiatan Market Day. Kegiatan yang diharapkan mampu meneladani sifat Rasululloh dalam berwira usaha itu dihadiri oleh seluruh siswa SD dan SMP Luqman Al Hakim, adik-adik TK Yaa Bunayya Ngawi dan para wali murid.

Agas Septiawan, S. Pd, selaku Kepala Sekolah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari beberapa event yang akan diselenggarakan selama tahun ajaran 2022/2023.

"Market Day sudah masuk program kerja kegiatan SD yang bertujuan memberi pengalaman nyata para siswa di dunia wira usaha khususnya jual beli yang sesuai dengan sunnah Rosulullah." Jelas kepala sekolah yang berasal dari Bojonegoro.

Dalam kegiatan ini para siswa kelas 4,5 dan 6 berlaku sebagai penjual. Mereka menyiapkan semua kebutuhan untuk berjualan beberapa hari sebelumnya. Memilih menu apa yang akan dijual juga menghias stand sebagus mungkin untuk menarik pembeli.

Wali murid dan para siswa lainnya juga nampak sangat antusias untuk memborong dagangan para penjual cilik. Tak kalah juga para guru TK Yaa Bunayya, SD - SMP Luqman Al Hakim Ngawi juga ikut melarisi dagangan mereka dan memeriahkan acara hari itu.

Selain melakukan kegiatan jual beli yang diharapkan mampu menumbuhkan jiwa wirausaha para siswa, dalam rangkaian kegiatan Market Day juga diadakan penilaian Stand terbaik.

Penilaian diambil berdasar kreativitas menata dan mendekor stand. Keragaman menu yang dijual. Kebersihan stand dan juga kekompakan tim.

Hari itu senyum ceria tampak merekah dari wajah para siswa yang hadir. Mereka yang menjadi penjual menebar senyum mempesona merayu calon pembeli. Pengunjung pun juga tak ketinggalan semangat dan senang dengan menu sajian yang dijual.

Tansaksi jual beli pun terjadi. Hanya dalam waktu kurang lebih dua jam dagangan para penjual ludes. Ternyata rombongan pembeli sangat antusias menunggu acara ini. Pasalnya sudah dua tahun terakhir kegiatan Market Day tidak bisa dilaksanakan karena pandemi.

"Seru sekali, sudah lama menunggu acara market day ini. Makanan dan minuman yang dijual juga enak-enak." Celoteh Ahnaf, siswa kelas 3 SD Luqman Al Hakim Ngawi.

Diakhir acara dengan penuh harap para pembimbing dan panitia mendoakan semoga kelak siswa-siswi SD Luqman Al Hakim Ngawi mampu menjadi pengusaha sukses yang mencontoh Nabi Muhammad, sholallahu alaihi wassalam.

"Harapan kami semoga para siswa bisa menjadi pedagang yang jujur seperti Nabi Muhammad. Menjadi pembeli yang jujur dan bijaksana. Semoga menjadi para pengusaha yang sukses." Terang Ririn, salah satu panitia Market Day SD Luqman Al Hakim Ngawi

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image