Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Unimuda Sorong

UNIMUDA Sorong Menjadi Pendamping SMK Pusat Keunggulan di Tanah Papua

Eduaksi | Friday, 26 Aug 2022, 08:40 WIB

UNIMUDANews | Program SMK Pusat Keunggulan (PK) merupakan program kelanjutan dari SMK Center of Excellence (CoE) dan Revitalisasi SMK. Program ini fokus pada pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang kemudian dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 12/D/O/2022 tanggal 14 Maret 2022 tentang Penetapan Sekolah Pelaksanaan Program SMK Pusat Keunggulan Tahun 2022 menetapkan sebanyak 1402 Sekolah yang dinobatkan sebagai Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) dan sebanyak 150 Perguruan Tinggi sebagai pendamping.

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong kali ini kembali dipercaya sebagai Perguruan Tinggi satu-satunya di wilayah Papua dan Papua Barat yang ditunjuk sebagai pendamping dalam Program SMK Pusat Keunggulan selama 6 (enam) bulan terhitung sejak Juli hingga Desember. Ini adalah tahun kedua UNIMUDA Sorong menjadi pendamping SMK PK,

Pendampingan SMK PK tahun 2022 akan dimulai dengan melakukan Grand Launching Kegiatan Pendampingan SMK PK yang akan dilaksanakan pada Kamis, (25/8/2022). Launching tersebut akan dihadiri langsung Rektor UNIMIUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si. dan 4 Kepala Sekolah yang didampiongi UNIMUDA dalam Program SMK PK Tahun 2022.

4 (empat) Sekolah yang akan didampingi oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong dalam program ini antara lain adalah:

SMK YPK Serui dengan Kompetensi Keahlian MultimediaSMKN 1 Kumbe Merauke dengan Kompetensi Keahlian Agribisnis tanaman Pangan dan HoltikulturaSMKN 2 Mimika dengan Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak UnggasSMKN 1 Sorong dengan Kompetensi Keahlian Multimedia

Adapun Rektor UNIMUDA Sorong, Dr. Rustamadji, M.Si. menanggapi hal ini, beliau menyampaikan bahwa pada program ini Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan seleksi pada SMK yang memenuhi syarat untuk dapat lolos mengikuti Program SMK PK, dan beliau bersyukur bahwa UNIMUDA Sorong dipercaya sebagai pendamping.

“Alhamdulillah UNIMUDA Sorong kembali dipercaya lagi menjadi pendamping. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini melakukan seleksi pada Sekolah-sekolah Menengah Kejuruan. Sekolah-sekolah ini nanti akan didampingi oleh kakaknya, kakaknya itu ya Perguruan Tinggi itu sendiri. Alhamdulillah ini sudah tahun kedua bagi UNIMUDA Sorong lolos pada program ini.” Ungkap Rustamadji.

Pada program SMK PK ini Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di Wilayah Papua dan Papua Barat yang dipercaya untuk mendampingi Program SMK PK.

“Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya karena ini sudah tahun kedua bagi UNIMUDA Sorong dipercaya untuk dapat menjadi pendamping bagi sekolah-sekolah pada Program SMK PK ini. Tak hanya itu UNIMUDA Sorong juga menjadi satu-satunya PTS di Wilayah Papua dan Papua Barat yang dipercaya mendampingi.” Imbuhnya.

Sementara itu salah satu Dosen Pendamping Program SMK PK, Dr. Latifah, S.Pt. ini menyampaikan bahwa Program SMK PK ini ada bebrapa program yang akan di damping oleh tim yang telah dipilih dari UNIMUDA dan pendampingan dilakukan setiap bulannya.

“Untuk program SMK PK tahun ini setiap bulannya kami akan melakukan kunjungan minimal satu kali setiap bulannya, ada satu pendamping yang akan kesana artinya pada satu program ada enam kali kunjungan sejak Juli hingga Desember.” Ungkapnya Latifah

Latifah juga menjelaskan ada 4 Tim Pendamping yang terdiri dari 3-4 orang untuk melakukan pendampingan di 4 Sekolah dan total dosen yang ditunjuk sebagai pendamping sebanyak 10 orang.

Tugas Perguruan Tinggi pada pelaksanaan program ini antara lain untuk mendampingi sekolah dalam mencapai target luaran, hasil, dan dampak (output, outcome, impact) yang diinginkan sesuai dengan keahlian yang dimiliki Perguruan Tinggi.

Rektor UNIMUDA Sorong berharap melalui Program SMK PK ini dapat menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya. Selain itu, melalui program ini diharapkan dapat melakukan kolaborasi dengan SMK di Wilayah Papua dan Papua Barat tidak sebatas kerjasama dalam program SMK PK tetapi akan tercipta Kerjasama lainnya yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. (kdx)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image