Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Farhanatha Harahap

Menginspirasi!! Mahasiswa KKN UPI Bersama Kel. Kebon Jeruk Kota Bandung Gemakan Imunisasi (BIAN)

Eduaksi | Tuesday, 23 Aug 2022, 10:58 WIB
Potret relawan imunisasi RW007 Kelurahan Kebon Jeruk, Andir, Bandung bersama mahasiswa KKN UPI

Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada seluruh masyarakat akan pentingnya eliminasi campak-rubela/Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada tahun 2023, mempertahankan Indonesia Bebas Polio dan mewujudkan Dunia Bebas Polio pada tahun 2026 serta mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa PD3I lainnya maka, kementerian Kesehatan republic Indonesia menetapkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN)

Sejatinya setiap manusia sudah terlahir memiliki system kekebalan didalam tubuh sejak masih dalam kandungan sebagai pelindung diri agar tidak terserang penyakit, meskipun demikian system imun yang dimiliki oleh bayi/balita tidak seoptimal system imun yang dimiliki oleh orang dewasa. Oleh karenanya, untuk meningkatkan system kekebalan tubuh pada bayi/balita, imunisasi merupakan bentuk usaha agar bayi tetap sehat dan terjaga dari serangan penyakit, virus, bakteri, jamur, kuman atau lainnya.

Fakta diatas menarik perhatian mahasiswa KKN UPI untuk ikut serta berpartisipasi dalam upaya mendukung tercapainya tujuan pemerintah dalam menyadarkan kepada masyarakat akan pentingnya kegiatan imunisasi

Mahasiswa KKN UPI bekerjasama Bersama kelurahan Kebon Jeruk, Kecamatan Andir, Kota Bandung. Bentuk Kerjasama yang diberikan adalah dengan turun langsung ke lapangan , yakni dengan berpartisipasi dengan posyandu di wilayah Kelurahan Kebon Jeruk. Mahasiswaa KKN UPI membantu memonitoring serta ikut serta langsung disetiap rangkaian kegiatan di Posyandu.

Kegiatan yang dilaksanakan dilapangan meliputi: 1). Penyuntikan Imunisasi, 2). mengukur lingkar lengan, 3). tinggi badan, 4). lingkar kepala, 5). berat badan, dan 6). pemberian vitamin A, 7). Pemberian asupan makanan tambahan. Untuk ibu-ibunya sendiri diminta catatan terkait kontrasepsi yang digunakan untuk pencatatan prevalensi pemakaian kontrasepsi di wilayah Kebon Jeruk. selain itu, dalam mengoptimalkan pencapaian tujuan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Mahasiswa KKN UPI Bersama pihak Kelurahan Kebon Jeruk dan Puskesmas memberikan penilaian terhadap masing-masing Posyandu diwilayah tersebut. Dengan indicator penilaian yang sudah ditentukan demi lahirnya posyandu yang sejahtera.

Sebagai umpan balik, Mahasiswa KKN UPI menyertakan dokumentasi disetiap rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu Diharapkan dengan terlaksananya program ini dapat mengurangi prevalensi bayi campak-rubela/Congenital Rubella Syndrome (CRS), kejadian luar biasa PD31 lainnya.

Mari kita dukung untuk anak lebih sehat, cerdas dan ceria melalui kegiatan posyandu demi terciptanya Indonesia yang lebih baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image