Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

SMPN 1 Cipongkor Bandung Barat Peringati HUT RI ke-77

Info Terkini | Saturday, 20 Aug 2022, 21:09 WIB
Tim Paskibra SMPN 1 Cipongkor di peringatan HUT RI ke-77

Bandung Barat-SMPN 1 Cipongkor berpartisipasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Cijenuk Kec.Cipongkor KBB tersebut, diikuti oleh ratusan peserta dari unsur pendidikan, tenaga kesehatan, tokoh masyarakat, organisasi keagamaan, karang taruna dan organisasi kepemudaaan lainnya, PKK, dan TNI/Polri, Rabu (17/8/22).

Kepala SMPN 1 Cipongkor, Deni Jamaludin, menyampaikan keteribatan pihaknya merupakan salah satu bentuk partisipasi aktif dalam menyukseskan kegiatan di atas. Menurutnya, peran serta ini sangat dibutuhkan dalam menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Keteribatan kami merupakan salah satu bentuk partisipasi aktif dalam menyukseskan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 yang diselenggrakan Pemerintah Desa Cijenuk Kec.Cipongkor. Peran serta ini sangat dibutuhkan kita semua dalam menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Lebih jauh disampaikannya, pihaknya menugaskan pasukan pengibar bendera (Paskibra), Korps Musik/Marching Band, Petugas Tata Upacara, dan seluruh siswa di peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 ini. Semuanya berjalan sesuai dengan program dan sangat mewarnai suksesnya kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Cijenuk, Deden Purnama, dalam amanatnya menyampaikan sesuai tema peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat memberikan pesan yang dalam agar masyarakat terus berjuang dalam memperbaiki kondisi kehidupan pasca pandemi Covid-19. Oleh karena itu, nilai-nilai perjuangan yang telah dicontohkan oleh para pejuang kemerdekaan hendaknya diteruskan di semua bidang kehidupan. Termasuk bidang ekonomi kerakyatan yang pada saat pandemi dua tahun terakhir sangat terdampak.

“Sesuai tema yang diusung dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 pada tahun 2022 ini, yakni Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat memberikan pesan yang dalam agar masyarakat terus berjuang dalam memperbaiki kondisi kehidupan pasca pandemi Covid-19. Oleh karena itu, nilai-nilai perjuangan yang telah dicontohkan oleh para pejuang kemerdekaan hendaknya diteruskan oleh kita semua di semua bidang kehidupan. Termasuk bidang ekonomi kerakyatan yang pada saat pandemi dua tahun terakhir sangat terdampak,” imbuhnya.

Diungkapkannya juga meskipun pandemi Covid-19 telah menurun, namun pihaknya tetap menghimbau agar seluruh masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan yang telah diterapkan pemerintah. Pihaknya pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus membangun kebersamaan dan menjaga keutuhan bangsa. Sehingga semua program yang digulirkan pemerintah dapat berjalan sesuai dengan harapan semua pihak.

Di lain pihak, Novy Citra Pratiwi, Guru SMPN 1 Cipongkor selaku petugas yang membacakan naskah Pembukaan UUD 1945, menyampaikan peringatan HUT Kemerdekaan RI pada tahun ini memberikan kesan yang mendalam. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut merupakan kali pertama menjadi salah seorang petugas upacara setelah baru dua tahun diangkat menjadi guru PNS di Kecamatan Cipongkor. Dirinya berharap kebersamaan yang sudah terbangun di antara warga sekolah dengan Pemerintah Desa dan masyarakat sekitar hendaknya dijaga dan terus dipertahankan.

“Menjadi salah satu bagian dari petugas upacara yang merupakan kali pertama bagi saya sungguh memberikan kesan yang dalam. Semoga kebersamaan yang sudah terbangun hendaknya dijaga dan terus dipertahankan,”ungkapnya.

Senada dengan Hanifah Munfarijah, Guru SMPN 1 Cipongkor yang pada kesempatan tersebut menjadi MC dan protokol upacara, menyampaikan kerjasama di antara sekolah dengan Pemdes Cijenuk sudah terjalin sejak dahulu. Meskipun di dua tahun terakhir peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tidak dapat dilaksanakan karena terhalang Covid-19, namun pada setiap peringatan hari besar nasional, sekolah selalu terlibat menyukseskan acara yang digelar Pemdes Cijenuk.

“Kerjasama di antara sekolah dengan Pemdes Cijenuk sudah terjalin sejak dahulu. Meskipun dua tahun terakhir, peringatan HUT Kemerdekaan RI tidak dapat terselenggara secara terbuka karena terhalang Covid-19, namun pada setiap peringatan hari besar nasional, sekolah selalu terlibat menyukseskan acara yang digelar Pemdes Cijenuk,” sampainya.

Di kesempatan terpisah, Komandan Upacara, Serka TNI AD Agus Tono, menyampaikan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tingkat Desa Cijenuk pada 2022 berlangsung sesuai dengan harapannya. Peserta upacara sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai, dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat sangat membantu dalam suksesnya peringatan tersebut.

“Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 tingkat Desa Cijenuk pada tahun 2022 ini telah berlangsung sesuai dengan harapan. Kita dapat menyaksikan semua peserta upacara sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai, dan yang paling berkesan adalah keterlibatan seluruh elemen masyarakat sangat membantu dalam menyukseskan peringatan HUT RI pada tahun ini,” tandasnya. ***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat-Sumber Berita: Arieska Oktaviani Saputri (SMPN 1 Cipongkor)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image