Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image atik setyowati

Semarakkan HUT ke-77 RI, TKIT Ukhuwah Islamiyah Gelar Pekan Festival Kemerdekaan

Eduaksi | Saturday, 20 Aug 2022, 04:38 WIB
Flyer Festival Kemerdekaan KB-IT IT Ukhuwah Islamiyah Kalasan

Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-77 Republik Indonesia. KB-TK IT Ukhuwah Islamiyah gelar pekan Festival Kemerdekaan selama sepekan. Festival Kemerdekaan dimulai pada Senin 15 Agustus dan berakhir pada Jumat 19 Agustus.

Hari pertama Festival Kemerdekaan, KB-TK IT Ukhuwah Islamiyah menggelar aneka lomba yang bisa diikuti oleh semua anak. Lomba-lomba tersebut antara lain lomba membawa kelereng, lomba bakiak, lomba memindah bendera, dan lomba estafet balon air. Anak-anak terlihat sangat senang dan antusias mengikuti semua lomba.

Hari berikutnya, para ustaz dan ustazah menyiapkan lomba mewarnai yang dilaksanakan di halaman sekolah yang luas. Perlengkapan yang harus dibawa anak dari rumah adalah sebuah meja lipat. Sedangkan, untuk perlengkapan lain seperti kertas gambar dan krayon disediakan oleh sekolah. Acara perlombaan dibuka dengan kegiatan berdoa bersama, dilanjutkan penjelasan tentang tata cara lomba, dan kegiatan inti lomba.

Suasana lomba mewarnai

Selama kegiatan lomba mewarnai, lagu-lagu anak diputar melalui pengeras suara yang menjadikan suasana lomba semakin asyik. Selanjutnya, bagi anak yang sudah selesai mewarnai diperbolehkan menyanyi dengan menggunakan mikrofon.

"Lomba mewarnai kami laksanakan di halaman supaya terlihat suasana lombanya. Dengan pelaksanaan secara serentak, anak-anak merasakan suasana yang spesial dan diharapkan mampu menghadirkan semangat pada mereka," terang Lilik selaku Kepala Sekolah TKIT Ukhuwah Islamiyah.

Tak kalah seru dengan aneka lomba sebagai pembukaan acara Festival Kemerdekaan, selanjutnya anak-anak juga diajak untuk merasakan serunya memainkan permainan tradisional. Bermacam dolanan anak dipersiapkan supaya anak-anak lebih mengenal jenis permainan tempo dulu tersebut.

Sebanyak enam jenis permainan tradisional dipersiapkan di setiap stan. Ada stan permainan cublak-cublak suweng yang berlokasi di depan kelas A2, stan permainan engklek di depan kantor, stan dolanan bakiak bathok, permainan jamuran dan lompat tali di halaman sekolah, serta stan permainan dakon di teras masjid.

Aneka lomba dan permainan tradisional

Bukan hanya dikenalkan akan permainan tersebut, anak juga aktif mencoba memainkan aneka permainan tersebut. Dengan permainan-permainan itu, nilai-nilai luhur pancasila seperti gotong royong, berkebhinekaan global, mandiri dan berakhlak mulia akan semakin terasah.

Terakhir, pekan Festival Kemerdekaan KB-TK IT Uhuwah Islamiyah ditutup dengan acara puncak, yakni pagelaran pakaian adat. Semua siswa dan ustaz/ustazah pada hari itu wajib memakai pakaian adat. Sebuah panggung sederhana digelar di halaman, anak-anak naik satu per satu ke atas panggung, sementara ustazah yang bertugas sebagai MC mengenalkan tentang dari mana pakaian adat itu berasal.

Foto bersama pagelaran pakaian adat

"Festival kemerdekaan ini merupakan salah satu kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sebenarnya rangkaian kegiatan P5 ini sudah seminggu yang lalu dilakukan. Yakni dengan sebuah projek membuat hiasan kemerdekaan. Lalu lanjut kegiatan festival ini, dengan puncak acara pagelaran pakaian padat pada hari terakhir" jelas Atik, salah satu ustazah yang mengampu di kelas A.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image