Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Batang

Tes VCT, 80 WBP Lapas Batang Kanwil Kemenkumham Jateng Negatif HIV

Info Terkini | Friday, 19 Aug 2022, 21:36 WIB

Sebanyak 80 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Batang dinyatakan tidak ada yang terpapar HIV/AIDS. Hal tersebut diketahui setelah dilakukan tes VCT (voluntary counseling and testing) secara mobile oleh Puskesmas Batang III, Kamis (18/8/2022) diaula Serbaguna Lapas Batang. Tes VCT yaitu serangkaian tes dan konseling yang dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang positif atau negatif mengidap HIV. Tes VCT pada hari tersebut telah memeriksa 80 WBP dengan hasil negatif.
Selain itu, Lapas Batang juga mengadakan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Kepada sedikitnya 80 orang WBP yang mengikuti Tes VCT. Dalam kegiatan Penyuluhan kesehatan ini, Ibu Dinar Retno selaku perwakilan dari Puskesmas Batang III memberikan materi penyuluhan PHBS terhadap warga binaan pemasyarakatan diakhiri diskusi dan tanya jawab.
Lapas Batang sendiri rutin melaksanakan tes VCT bagi WBP untuk mendeteksi adanya penyakit HIV/AIDS. Selain tes VCT, Lapas Batang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan KAbupaten Batang dan Puskesmas Batang III juga kerap mengadakan sosialisasi dan edukasi seputar bahaya HIV/AIDS kepada WBP.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image