Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

SMPN 6 Lembang Kab. Bandung Barat Terapkan Digitalisasi Pembelajaran

Eduaksi | Friday, 19 Aug 2022, 17:06 WIB

Bandung Barat- SMPN 6 Lembang Kab. Bandung Barat menyelenggarakan proses pembelajaran dengan sistem digital. Digitalisasi pembelajaran yang sudah berlangsung selama dua tahun tersebut, menjadikan sekolah ini sebagai salah satu terdepan dalam kegiatan belajar mengajar.

Kepala SMPN 6 Lembang, Jiono, menerapkan digitalisasi pembelajaran kepada warga sekolah sebagai upaya pihaknya dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Semua warga sekolah dapat mengakses sistem berplatform website tersebut secara gratis.

Ditambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi guru sekolah tersebut yang merancang dan mengoperasikan website smpn6lembang.sch.id yang sangat memudahkan para guru dan warga sekolah lainnya dalam prosespembelajaran. Termasuk seluruh siswa dan orang tua yang dapat menikmati berbagai kemudahan aksesyang disajikan oleh website tersebut.

Sementara itu, Tatang Haeru, pendesain dan operator sistem digitalisasi pembelajaran di atas, mengungkapkan ide merancang website tersebut sebagai salahsatu kepedulian pihaknya dalam peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Menurutnya, di dalam platform yang dibuatnya ini memuat sejumlah aplikasi pembelajaran yang akan memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan berlajar di kelas.

“Saya merancang website sekolah ini merupakan bentuk kepedulian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Dalam platform dibuatnya ini terdapat banyak aplikasi pembelajaran yang akan memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan berlajar di kelas,” ugkapnya.

Lebih jauh disampaikannya, semua guru dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang dikemas dalam sejumlah fitur website. Bahkan, guru dapat mengakses aplikasi-aplikasi tanpa menggunakan kuota internet. Selain itu, learning management system yang ada di dalam website sekolahnya memberikan kemudahan para guru di dalam maupun di luar kelas.

“Para guru dapat mengakses aplikasi yang ada di dalam platform yang dimiliki sekolah dengan tanpa kuota. Kawan-kawan guru dapat mengaksesnya di dalam kelas, maupun di luar kelas. Sebagai contoh, guru mata pelajaran olahraga dapat membuat rencana penilaian dan administrasi pembelajaran di lapangan,” imbuhnya.

Di sisi lain, Tatang Hairu mengharapkan capaian yang diraih SMPN 6 Lembang saat ini dapat dinikmati juga oleh sekolah lain. Menurutnya, pihaknya siap membantu sekolah lain untuk merancang sistem pembelajaran berbasis digital seperti yang telah dibangunnya.

Disampaikan Tatang hairu, dengan menerapkan aplikasi berbasi digital, maka bukan hanya guru yang dapat menggunakannya, namun siswa juga dapat mengaksesnya, sehingga mereka bisa melihat capaian prestasi selama mengikuti proses pembelajaran. Termasuk orang tua siswa dapat memantau capaian anaknya, dan kegiatan serta program yang dilaksanakan sekolah.

“Semoga apa yang telah dilaksanakan sekolah kami dapat juga diikuti oleh sekolah lainnya. Kami siap membantu mewujudkan keinginan sekolah-sekolah dalam menerapkan digitalisasi pembelajaran,” tandasnya. ***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Sumber Berita: Tatang Haeru, S.Pd- (Guru Seni Budaya/Wakasek Kurikulum SMPN 6 Lembang)- https://kurikulum.smpn6lembang.sch.id/ https://apps.smpn6lembang.sch.id/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image