Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LPKA PALEMBANG

Kepala LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ikuti Upacara Peringatan HDKD Ke-77

Info Terkini | Friday, 19 Aug 2022, 10:31 WIB

Bertempat di Lapangan Rupbasan Kelas I Palembang, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang (LPKA Kelas I Palembang) ikuti upacara peringatan HDKD Ke-77 di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Kanwil Kemenkumham Sumsel), Jum'at (19/08). Dalam kesempatan ini, hadir langsung Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan, Harun Sulianto, bersama seluruh Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas, serta Pejabat Fungsional dan Pelaksana di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Mengawali rangkaian upacara, dibacakan sejarah singkat Kementerian Hukum dan HAM dimana dalam nomenklatur awalnya adalah Departemen Kehakiman pada Kabinet Presidensial yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia pertama Ir. Soekarno dan selanjutnya Prof. Dr. Mr. Soepomo diangkat sebagai Menteri Kehakiman pertama, yaitu pada tanggal 19 Agustus 1945 hingga pada akhirnya berdasarkan autentikasi terhadap hasil pengkajian dalam rangka peringatan Hari Dharma Karya Dhika pada tahun 2021 yang memuat dokumen sejarah, pendapat Para Ahli Hukum serta Keputusan Rapat pada tanggal 19 Oktober 2021, maka Hari Lahir Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia “Hari Dharma Karya Dhika” ditetapkan pada tanggal 19 Agustus 1945, dan akan diperingati pada setiap tahunnya. Hal ini tertuang sebagaimana Keputusan Nomor M.HH-2.OT.01.03 Tahun 2021 yang ditandatangani oleh Menteri Hukum dan HAM, Bapak Yasonna H. Laoly yang sekaligus juga mencabut Keputusan Menteri Kehakiman Nomor M.06-UM.01.06 Tahun 1985.

Selanjutnya, giliran Inspektur Upacara Harun Sulianto yang berkesempatan menyampaikan amanat dari Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H Laoly. Dalam amanatnya, Yasonna menyampaikan bahwa ukuran keberhasilan Kementerian Hukum dan HAM RI bukan lagi sekedar memperoleh penghargaan dan seremonial belaka, tetapi terpenting adalah memperoleh kepercayaan publik dan legitimasi masyarakat dimana hal ini ditandai dengan meningkatnya berbagai pemberitaan positif serta turunnya komplain masyarakat dan pemberitaan negatif terhadap Kementerian Hukum dan HAM. Di akhir amanatnya, Yasonna juga mengajak segenap insan Pengayoman untuk tetap optimis dan bersemangat dalam menghadapi tantangan tugas yang ada, seperti tetap menjaga netralitas sebagai ASN terhadap situasi politik yang ada, pemanfaatan teknologi informasi yang baik demi mendukung dinamika tugas sehingga lebih cepat dan tepat, hingga menjadi insan Pengayoman yang berAKHLAK sehingga mampu menjadi contoh dan tauladan sesuai masing-masing tingkatannya.

Dalam kesempatan tersebut, turut juga dibagikan berbagai piagam penghargaan kepada sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berprestasi dalam lingkup Kanwil Kemenkumham Sumsel dimanan pada kesempatan ini LPKA Kelas I Palembang berhasil menyabet dua penghargaan yaitu terbaik ke-II bidang penyelenggaraan pelayanan kesehatan WBP dan terbaik ke-III bidang publikasi berita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image