Perjalanan Jadi Lebih Nyaman Sampai Tujuan, Ikuti Tips Ini Yuk!

Image
Jihan M
Wisata | Friday, 19 Aug 2022, 00:09 WIB

Setelah dua tahun lebih kita terkurung karena pandemi Covid-19, moment pelonggaran aturan terkait protokol kesehatan adalah satu hal yang patut disyukuri. Seperti yang kita tahu, pandemi Covid-19 ini memang berdampak bagi banyak sektor dalam kehidupan masyarakat. Selain sektor kesehatan dan ekonomi, sektor wisata atau perjalanan pun sempat megap-megap­.

Yah, meski saat ini kita masih dibatasi oleh sejumlah aturan protokol kesehatan, paling tidak kita sudah bisa beraktivitas, bukan di rumah saja. Sektor ekonomi, perlahan mulai bangkit. Demikian halnya dengan dunia penerbangan. Perjalanan dinas, bisnis, maupun traveling sudah bisa dilakukan. Mereka yang hobi traveling, sudah bisa melepas rindu pada hobinya tersebut.

Nah, ngomongin tentang perjalanan (baik itu perjalanan bisnis, dinas, maupun traveling), teman-teman sudah tahu belum kalau dalam lingkup perjalanan tersebut ada asuransinya? Sesuai mekanismenya, asuransi tersebut dinamankan asuransi perjalanan.

Pengertian Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang akan memberikan ganti rugi terhadap kerugian selama perjalanan. Contohnya seperti, perubahan dan pembatalan penerbangan, kehilangan bagasi, biaya perawatan karena kecelakaan saat melakukan perjalanan, kehilangan uang dan paspor, dan lain-lain.

Jenis Asuransi Perjalanan

Dalam asuransi perjalanan, secara umum dikenal dua jenis asuransi, yaitu asuransi perjalanan domestik dan asuransi perjalanan internasional. Namun, setelah pandemi Covid-19 melanda, ada pula yang namanya asuransi perjalanan Covid-19.

1. Asuransi Perjalanan Domestik

Jenis asuransi ini adalah asuransi perjalanan yang memberikan uang pertanggungan untuk perjalanan dalam negeri (di wilayah Indonesia saja).

Pada umumnya, manfaat dari asuransi perjalanan domestik sudah ter-cover dalam tiket pesawat atau disediakan secara otomatis dari pihak maskapai penerbangan.adapun manfaat yang bisanya diberikan adalah berupa santunan meninggal dunia atau cacat, jika terjadi risiko kecelakaan pesawat.

2. Asuransi Perjalanan Internasional

Asuransi perjalanan internasional adalah asuransi yang mengakomodasi perjalanan ke luar negeri, seperti Asia, umrah/haji, dan Visa Schengen. Suransi Visa Schengen sendiri merupakan salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki jika ingin mengunjungi salah satu dari 26 negara di Eropa.

3. Asuransi Perjalanan Covid-19

Belum usainya pandemi Covid-19 secara global, membuat negara-negara menerapkan aturan memiliki asuransi perjalanan Covid-19 bagi yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Umumnya, asuransi perjalanan Covid-19 merupakan rider atau manfaat tambahan dari asuransi perjalanan dasar. Jadi soal harga, menyesuaikan dengan polis utama.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Adapun manfaat dari asuransi perjalanan atau travel insurance adalah sebagai berikut:

- Mengurangi risiko finansial saat berkunjung ke kota atau negera lain

- Kompensasi kehilangan bagasi

- Kompensasi kehilangan paspor

- Kompensasi penundaan penerbangan

- Biaya perjalanan darurat

- Biaya medis

- Biaya evakuasi medis

- Santunan kematian dan disabilitas

- Kompensasi kerusuhan

- Biaya Hukum

- Pertanggungan tambahan (rider)

Menurut saya yang paling penting sih asuransi perjalanan dengan kompensasi kehilangan bagasi.

Tips Memilih Asuransi Perjalanan

Untuk tips memilih asuransi perjalanan, berikut ini adalah beberapa poin yang patut untuk diperhatikan.

- Tujuan perjalanan

- Pertanggungan dan fasilitas

- Cari tahu persyaratan di lokasi tujuan

- Estimasi perjalanan

- Besaran dana pertanggungan

- Jika sudah punya asuransi lainnya, coba cek manfaat yang disediakan asuransi tersebut. Pastikan tidak ada pertanggungan yang tumpang tindih.

- Ketersediaan/kemampuan dana untuk membayar premi

- Pahami polis dengan teliti

- Prosedur klaim yang praktis

- Rekam jejak pembayaran klaim dari penyedia asuransi

Di Indonesia sendiri, sudah cukup banyak perusahan asuransi yang menyediakan produk asuransi perjalanan. Kriteria untuk memilih penyedia asuransi perjalanan pun tidak jauh beda dengan kriteria asuransi jiwa yang bagus. Seperti yang kita tahu, asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang sudah sangat umum dikenal di berbagai kalangan masyrakat.

Adapun kriteria asuransi jiwa yang bagus dan juga bisa diterapkan dalam memilih asuransi perjalanan adalah sebagai berikut:

- Memiliki laporan keuangan yang sehat

- Memiliki izin usaha yang aktif

- Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

- Rekam jejak positif terkait pertanggungan dan klaim asuransi

- Mudah diakses

Soal harga, sama seperti asuransi lainnya, besaran premi asuransi perjalanan pun bergantung pada penyedia asuransi. Di luar itu, bergantung pula dari destinasi, jumlah tertanggung, jangka waktu perjalanan, dan manfaat atau pertanggungan yang dibutuhkan.

Demikianlah sekilas tentang asuransi perjalanan. Jadi, sebelum berpergian, pastikan semua kebutuhan sudah terpenuhi, ya, termasuk urusan asuransi.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Sumber: lifepal.co.id

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Knowledge seeker, lifestyle blogger

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Jadwal Bola dan Liga Champions Malam Ini

Image

5 Rekomendasi Restoran Terbaik Untuk Menikmati Senja Di Jakarta

Image

PK Bapas Nusakambangan Laksanakan Asessment Pembinaan Bagi Narapidana Risiko Tinggi

Image

Lestarikan Ekosistem Mangrove, Mahasiswa Geografi UMP Tanam Bibit di Pantai Baros

Image

Sosialisasi Mengenai Syarat Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Temanggung

Image

Meskipun muslim bukan berarti memiliki ketenangan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image