Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image TuT0Ri4L

Instalasi Tema Mad Magazine untuk PORTAL BERITA (#PART I)

Teknologi | Thursday, 18 Aug 2022, 21:14 WIB

Langkah instalasi untuk tema kali ini adalah memilih tema gratis dari madd magazine by DessignThemes.

Vendor DessignThemes ini, telah mengeluarkan produk tema andalannya dengan memberi nama masing-masing adalah, Mad Magazine, Vertex, One-Blog dan Pro-Blog.

Namun kali ini kita akan fokus pada intsalasi tema mad magazine yang akan di aplikasikan ke website dengan jenis PORTAL BERITA.

Untuk mempersingkat bahasan, langsung saja kita masuk ke tema inti, namun sebelumnya, saya akam mereview sedikit tentang tampilan situs dari vendor pembuat mad magazine.

Inilah tampilan dari situs bawaan mad magazine by dessignthemes, selanjutnya pada tampilan lainnya menampilkan 4 tema andalan dari vendor by dessignthemes.

Saya rasa cukup untuk review tampilan dari situs madd magazine, selanjutnya langsung kita masuk kepada proses instalasi dari tema tersebut.

Sebelum kita mengatur tampilan website dengan tema Mad Magazine, Persiapan pertama adalah domain ataupun sub domain yang sudah di install dengan platform Wordpress.

Dan seperti ini tampilan daripada domain ataupun sub domain yagn telah di install dengan Wordpress untuk pertama kalinya.

Selanjutnya kita akan masuk kedalam dashboard, dan seperti ini tampilannya

Dan masuk ke bagian Appereance dan Pilih themes.

Disini Nampak 3 tema bawaan Wordpress yang otomatis terinstall saat pertama kali melakukan instalasi, yakni tema Twenty Twenty-Two, Twenty Twenty dan Twenty Twenty-One.

Selanjutnya kita akan menambahkan atau menginstall tema dari mad magazine dengan mengklik Add New, kemudian tuliskan di kolom Search themes, mad magazine.

Setelah itu akan tampil preview temanya dan langsung klik install, kemudian setelah proses selesai, langsung klik activate. Dan pada tampilan bagian atas ada tawaran instalasi pluggin bawaan dari tema mad magazine, langsung di install dan diaktifkan.

Kembali ke menu Theme atau tema setelah mengaktifkan tema mad magazine, kita akan menghapus 3 tema bawaan awal dari Wordpress yakni tema Twenty Twenty-Two, Twenty Twenty dan Twenty Twenty-One agar proses Loading Website menjadi ringan dan terhindar dari update dari tiga tema tersebut.

Setelah itu kita akan melihat tampilan dalam dashboard setelah aktivasi tema dan mengetes tampilan awal dari tema dengan membuka tab baru di browser.

Dan setelah itu langsung kita masuk ke bagian customize dan melihat tampilan dari dalam secara default atau bawaan awal dari tema tersebut.

Kemudian kita akan menambahkan Kategori pada menu POST.

Dalam simulasi ini, kita menggunakan 4 jenis kategori, yakni Adsense, Facebook, Youtube dan Wordpress (Bisa menyesuaikan kebutuhan).

Setelah selesai, kita lanjutkan membuat menu navigasi dengan masuk ke bagian Appearance dan memilih Menu.

Dalam contoh ini, saya membuat dengan nama “Menu2” (Bebas Penamaannya) setelah itu, tambahkan masuk kategori yang sudah dibuat kedalam “Menu2” dengan mengklik bagian sebelah kiri dikolom add menu dan pilih bagian kategori dan berikan centang seluruh kategori yang telah dibuat selanjutnya pada menu setting, centang dua kolom yang kosong dibagian bawah dan “SAVE MENU”.

Kemudian akan tampil menu navigasi dibagian header dari website yanbg sudah kita buat tadi.

Demikian instalasi Tema Madd Magazine bagian Pertama untuk jenis Website Portal Berita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image