Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adhyatnika Geusan Ulun

Dinas Pendidikan KBB Raih Penghargaan Tata Kelola Kearsipan Terbaik

Info Terkini | Thursday, 18 Aug 2022, 20:58 WIB
Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, menyerahkan plakat penghargaan kepada Kadisdik KBB, Asep Dendih,S.Pd., M.M.

Bandung Barat - Dinas Pendidikan meraih penghargaan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Terbaik bidang Tata Kelola Kearsipan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Plt. Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Lapangan Mekarsari Komplek Pemerintah Daerah Kab. Bandung Barat, Rabu (17/8/22).

Kepala Dinas Pendidikan Kab.Bandung Barat, Asep Dendih, menyampaikan rasa syukur atas capaian di atas. Menurutnya, penghargaan ini diberikan oleh pemerintah KBB berdasarkan hasil penilaian Dinas Arsip dan Perpustakaan KBB yang menilai bahwa Dinas Pendidikan KBB sangat responsif dalam melaporkan arsip statis.

“Kami bersyukur atas penghargaan Tata Kelola Kearsipan terbaik dari Pemda KBB. Prestasi ini kami raih karena berdasarkan penilaian yang dilaksanakan Dinas Arsip dan Perpustakaan KBB, Dinas Pendidikan sangat responsif dalam melaporkan arsip statis,” ujarnya.

 

Ditambahkannya, untuk meraih prestasi sebagai peraih penghargaan terbaik bidang Tata Kelola Kearsipan cukup berat karena harus menggerakkan potensi yang ada. Namun, atas upaya yang dilakukan seluruh staf Dinas Pendidikan, semuanya telah berjalan sesuai dengan harapan seluruh pihak.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan KBB, Dadang A. Sapardan, menyampaikan Dinas Pendidkan KBB sangat memperhatikan tata kelola sistem kearsipan untuk memudahkan pengelolaan dalam menunjang proses kerja ataupun sebagai bahan rujukan informasi terdahulu. Menurutnya, dengan adanya pengelolaan kearsipan, maka proses efisiensi dan pengawasan atas semua arsip akan berjalan dengan baik, sehingga tidak terjadi penyimpanan dokumen yang sia-sia dan mengefisiensikan ruang penyimpanan.

“Dengan adanya pengelolaan dokumen maka proses efisiensi dan kontrol dokumen akan berjalan dengan baik. Selain, tidak akan terjadi penyimpanan dokumen yang sia-sia, juga akan mengefisiensikan ruang penyimpanan dokumen,” terangnya.

Lebihjauh disampaikan, sebuah sistem kearsipan yang baik mampu mengintegrasikan semua kebutuhan akan pencarian informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Oleh karena itu, proses pengelolaan dokumen di Dinas Pendidikan cukup rapih dan tertata dengan baik.

“Karena tata kelola kearsipan merupakan salah satu pendukung utama setiap proses kerja, maka sistemnya harus mampu mengintegrasi semua kebutuhan akan pencarian informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat,” imbuhnya.

Di lain pihak, Asep Dendih mengapresiasi seluruh staf Dinas Pendidikan KBB yang telah berupaya melakukan perbaikan pada semua bidang, tertutam pada tata kelola kearsipan. Menurutnya, prestasi di atas sangat membanggakan pihaknya, namun, yang sangat berat adalah mempertahankannya.

“Terima kasih kepada seluruh staf Disdik yang terus berupaya melakukan perbaikan pada berbagai hal, terutama perbaikan pada tata kelola arsip. Raihan prestasi yang telah ditorehkan ini semoga akan menjadi stimulus dalam upaya memberikan pelayanan prima terhadap berbagai pihak,” pungkasnya.***

Pewarta: Adhyatnika Geusan Ulun-Sumber Berita: Newsroom Tim Peliput Berita Pendidikan Bandung Barat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image