Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Ujian Skripsi

Image
Add aja
Eduaksi | Thursday, 18 Aug 2022, 11:50 WIB
Sumber: pexels.com

Hai calon sarjana, jika kamu adalah mahasiswa tingkat akhir, pastinya yang saat ini membuatmu pusing adalah persoalan skripsi. Skripsi menjadi tahap yang paling menguras pikiran dan menjadikan sesorang mahasiswa cenderung takut menghadapinya. Bagaimana tidak? Skripsi merupakan tahap ujian akhir yang harus dilalui oleh seorang yang sedang menempuh pendidikan tinggi, jadi apa yang sudah mahasiswa lalu selama 4 tahun atau bahkan lebih dari itu ditentukan dalam ujian skripsi. Maka ujian skripsi sering dinilai sebagai ujian yang paling sulit bagi mahasiswa S1, seperti ujian speaking for IELTS.

Skripsi sendiri memerlukan waktu yang panjang, dalam mengerjakan skripsi sendiri sendiri seseorang terkadang memerlukan waktu satu hingga beberapa semester tergantung pada faktor-faktor yang menjadikannya sulit. Selain itu mahasiswa juga harus menghadapi ujian skripsi sebagai bukti bahwa mahasiswa tersebut benar-benar mengerjakan serta menguasai skripsinya. Inilah yang menjadikan seorang mahasiswa semakin deg-degan. Akan tetapi kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan saat akan menghadapi ujian skripsi

Persiapkan Bahan Presentasi yang Informatif

Tahap pertama dalam ujian skripsi adalah presentasi. Kamu harus mempresentasikan hasil dari penelitian yang sudah kamu lakukan. Dalam tahap ini kamu perlu menyampaikan hasil skripsimu seinformatif mungkin. Kamu perlu menyusun power point sebagai bahan presentasi. Jika kamu mampu untuk menjelaskan semua tahap penelitianmu sejelas mungkin mulai dari latar belakang hingga hasil penelitian. Jika kamu mampu menjelaskan skripsimu dengan baik maka penguji kamu tidak akan bertanya lebih baik.

Pelajari Hal-Hal yang Penting Saja

Sebelum melakukan ujian pastinya seseorang akan belajar terlebih dahulu, sama seperti skripsi. Bedanya di skripsi, kamu tidak perlu untuk mempelajari semua sebelum ujian skripsi. Jika kamu benar-benar melakukan penelitian dari skripsimu, kamu tidak perlu khawatir. Kamu adalah orang yang paling tahu kondisi sebenarnya di lapangan daripada dosen pengujimu. Jadi kamu boleh untuk lebih percaya diri jika dosen kamu menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kondisi lapangan. Jadi kamu hanya perlu membaca ulang teori-teori yang kamu gunakan saja.

Persiapkan Sumber Referensi

Referensi adalah hal penting yang harus kamu persiapkan. Referensi merupakan bukti bahwa apa yang sudah kamu tulis dan menjadi dasar bagi penelitianmu adalah teori dari para tokoh ahli, sehingga skripsimu mempunyai dasar yang kuat. Terkadang dosen ingin menguji apakah kamu benar benar menggunakan sumber referensi yang sebenarnya. Maka kamu perlu mengumpulkan referensi-referensi tersebut agar dapat kamu tunjukan bahwa kamu benar-benar mencari sumber sebagai dasar skripsimu.

Yakinlah Bahwa Kamu Sudah Melakukan Penelitian Sebaik Mungkin

Tidak ada orang yang sempurna. Termasuk kamu dalam mengerjakan skripsi. Bukanlah hal buruk jika terdapat satu atau dua kesalahan saat kamu mengerjakan skripsi. Yang pentin kamu sudah berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan penelitianmu dan kamu sudah mengerahkan segenap tenaga dan pikiranmu. Jadi kamu hanya perlu meyakini bahwa skripsimu sudah kamu kerjakan sebaik mungkin, dan terima setiap koreksi yang diberikan oleh dosen pengujimu.

Berdoa

Yang terakhir dan tidak boleh kamu lupakan adalah berdoa kepada sang maha kuasa. Bagaimanapun hasilnya nanti tentunya sudah digariskan oleh Tuhan. Kamu juga perlu meminta doa restu kepada orang tua agar dilancarkan dalam ujian skripsimu. Jika kamu meyakini setiap hasilnya tidak lepas dari kehendak Tuhan, kamu akan bisa lebih menerima apa yang diberikan.

Itulah hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum ujian skripsi. Bagaimanapun proses dan hasilnya, skripsi merupakan usaha serta karya yang kamu buat dengan segenap tenaga dan pikiran. Jadi tetap semangat dan persiapkan dirimu sebaik mungkin untuk menyambut masa depan dengan segala tantangan yang harus siap kamu hadapi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

kalau nggak gini ya gitu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan Malang

Image

Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Rutan Demak Adakan Kegiatan Tes PCR

Image

Gali Potensi Risiko K3 dan Kebencanaan di Desa Wisata, DRRC UI-Kemenparakraf Lakukan FGD

Image

Hidayat Kalapas Narkotika Samarinda Melantik dan Mengambil Sumpah Pejabat Administrasi Baru

Image

Tingkatkan Kualitas Kinerja, Kepala LPKA Klas I Kutoarjo Beserta Jajaran Ikuti Pengarahan Kakanwil

Image

Rutan Salatiga Sah Memiliki Kepala Subseksi Pengelolaan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image